Monday, April 27, 2009

meninggalkan ken.


Adakalanya kita tidak bisa memaksakan sebuah mood dalam menulis. Seperti yang saya alami belakangan ini. Akhirnya ketimbang tidak melakukan apa-apa saya mencoba menuruti apa yang sedang saya mau. Membaca buku.


Saya keluarkan beberapa buku yang sudah masuk list bacaan bulan April dan memutuskan untuk membaca Ai-nya Winna Effendi. Kavernya terlihat menarik dan menyejukkan dibandingkan buku-buku lain yang jadi list bacaan saya saat itu. Kelihatannya ceritanya juga ringan dan tidak bikin dahi berkerut.


Sayapun membaca lembar demi lembar dan larut dalam tokoh-tokoh di novel itu. Ai, Sei, Shin, dan Natsu...


Selesai membaca perasaan saya jadi lebih baik (ulasan bukunya nanti, deh) dan mood untuk menulis kembali muncul. Sayangnya, bukan mood untuk menulis non-fiksi yang deadline-nya sudah mepet. Tapi tak apalah saya turuti kemauan ini dan mood untuk melanjutkan fragmen-fragmen dalam novel saya.


Malam minggupun saya habiskan untuk menulis dan menulis. Semua berjalan lancar dan tidak terasa saya menulis hingga jam setengah empat pagi. Saya lalu pergi tidur dan berniat menyambungnya keesokan hari. Tapi apa mau dikata, ada satu peristiwa yang merusak mood saya untuk menulis. Tertundalah fragmen itu untuk beberapa waktu hingga akhirnya di hari Senin ini saya kembali menekuri laptop dan menghidupkan tokoh-tokoh di dalam imajinasi saya.


Rasanya sungguh menyenangkan, semuanya mengalir dengan lancar. Satu tokoh telah terwujud nyaris sempurna. Tinggal merampungkan ending untuk tokoh ini dan pertautannya dengan tokoh lain.


Mungkin saya akan meninggalkan tokoh ini untuk beberapa hari karena saya harus merampungkan deadline dulu. Sayang, sih karena semuanya sudah mendukung dan menunda kadang membuat saya sulit untuk masuk kembali ke tokoh itu. Ritme yang sudah terjaga takutnya hilang kalau ditinggal kelamaan. Tapi mau bagaimana lagi...bye...bye, Ken. Beberapa hari lagi semoga kita bisa bertemu lagi.

image : saya ambil dari website katalog model pria hehehe. tapi luma nama websitenya. gambar itu untuk mencari gambaran tentang tokoh yang sedang saya buat sehingga bisa membangun karakter agar terasa lebih kuat dan imajinatif. kurang lebih seperti itu, lah.

1 comment:

  1. ken?? masih harus cari image yg pas sbenernya. becoz he is asian.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...