Saturday, April 25, 2009

my mood of writing is going nowhere in particular!


I can't understand my self lately! Susah banget untuk fokus! Pikiran rasanya terbelah-belah pada hal-hal yang tidak semestinya dipikirkan saat ini. Seharusnya bulan ini saya sudah masuk proses self-editing untuk proyek penulisan ketiga yang dideadline oleh pihak penerbit pada awal Mei ini. Tapi, boro-boro melakukan self-editing, bab 1 aja masiiiih jauh dari rapi. Padahal masih ada 2 bab yang harus diselesaikan. Outline yang dibuat memang sudah rapi, tapi entah kenapa untuk kembali menuangkan kalimat-kalimat yang pas untuk tulisan non-fiksi rasanya susaahhh banget.


Apa iya, saya sedang dalam titik jenuh karena sejak awal tahun mengerjakan tulisan non-fiksi? Entahlah. Anehnya, di saat saya seharusnya semangat mengolah data-data non fiksi, misalnya hasil wawancara, riset, dan observasi untuk bahan penulisan, saya malah lebih suka berimajinasi dengan hal-hal tak nyata alias fiksi. Alhasil saya jadi membuka folder fiksi dan melanjutkan beberapa bagian dari draft novel saya dengan perasaan bersalah.


Pokoknya jadi serba nanggung, deh. Mau ngelanjutin draft novel merasa bersalah karena harus menyelesaikan yang non-fiksi dulu. Lagi mengerjakan yang non-fiksi, pikiran tertarik pada tokoh-tokoh yang tiba-tiba saja kembali hidup di benak saya dan minta dituliskan kisahnya.


Gangguan lain yang juga membuat saya tidak fokus adalah, Facebook. Mesin jejaring pertemanan ini memang rada distracting! Saya harus mulai bisa mengontrol diri mengenai yang satu ini. Jangan sampai Facebook pelan-pelan membuat saya numb!


O iya, bikin blog baru juga sebenarnya menjadi sebuah gangguan. Gimana, ngga. Tahu-tahu saya jadi gatel pengen ngutak-ngatik css, dan macem-macem. Dan itu sangat time consuming karena dunia itu masih sangat baru buat saya. Akhirnya daripada pusing untuk hal yang ngga karuan saya memutuskan untuk tidak terlalu lebay dalam menyikapi blog baru ini.


Saat ini saya masih punya waktu kurang lebih 10 harian lagi untuk menyelesaikan tulisan. Saya sedang mencoba mencari sebuah trik agar bersemangat dengan garapan saya. Ini bukan writer's block, sih. Hanya semacam kemalasan yang berkedok pada sesuatu yang saya labeli : Entah!.
Jadi setiap kali saya bertanya pada diri sendiri kenapa begini? Kenapa begitu? Saya cuma bisa mengkode jawaban dari bagian entah di otak saya dengan : Entahlah!.
Benar-benar menyebalkan!


image taken from : inkygirl (benar-benar menggambarkan kondisi saya belakangan ini. suami juga ikut 'ngomel' saat tahu kerjaan saya belum kelar!)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...