Friday, May 22, 2009

effective writing tips dari Ernest Hemingway



  1. Gunakan kalimat pendek. Hemingway bisa dibilang seorang penulis dengan gaya : Simple Genius. Lihat saja bagaimana tulisan ini : For sale : baby shoes, never used. Ia menggunakan kalimat minimalis tetapi tepat sasaran. Ia menghilangkan kata sifat yang ‘berbunga-bunga’

  2. Tulislah paragraf pertama dengan singkat. Tidak ada paragraf yang bertele-tele. Yang ada adalah kalimat pembuka yang menarik dan tepat pada sasaran.

  3. Pilih kata-kata yang ‘hidup’. Kata atau kalimat yang bernyawa terbentuk oleh ‘passion’ yang melekat pada kata tersebut. Kata yang hidup biasanya fokus atau tepat sasaran dalam menerjemahkan suatu makna atau perasaan dan kata itu memiliki intensi atau tujuan.

  4. Gunakan bahasa yang positif, bukan negatif. Misalnya, dengan mengantikan 'murah' dengan ekonomis, atau contoh lain misalnya : “this procedure is painless,” dengan “there’s little discomfort” atau “it’s relatively comfortable,”. Contoh lain : “this software is error-free” atau “foolproof,” digantikan dengan : “this software is consistent” or “stable.”

  5. Tip terakhir dari Hemingway yang sudah mencakup keseluruhan, tertuang dalam kata-katanya ini :
    “I write one page of masterpiece to ninety one pages of shit,” Hemingway confided to F. Scott Fitzgerald in 1934. “I try to put the shit in the wastebasket.”

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...