Tuesday, June 9, 2009

Bacaan Bulan Mei.


Bulan Mei kemarin jumlah buku yang dibaca masih berada pada angka di bawah 10. Lagi-lagi saya belum bisa mematuhi list yang sudah dibuat bulan sebelumnya. Bukan apa-apa, pasalnya membaca buat saya melibatkan mood, dan pilihan bacaannya seringkali berkaitan dengan mood tersebut. Ketersediaan waktu yang memadai juga menjadi salah satu alasan mengapa hanya buku-buku yang memiliki ‘something’ saja yang biasanya didahulukan.
Biasanya saya akan lebih dulu membaca buku yang ‘gw banget’.

Kalau dipikir-pikir, jika menjadi buku saya akan menjadi apa, maka jawabannya adalah buku apa saja. Tapi, meskipun menyukai jenis buku apa saja, dari mulai fantasy, horor, roman, kriminal, buku anak, science-fiction, self-help, dan sebagainya, bukan berarti saya tidak punya pendirian. Ada satu syarat penting ketika saya memilih untuk membaca sebuah buku dan juga menonton film.

‘There’s must be ‘something’. Nah, ‘something’ itulah yang susah, karena ‘something’ baru bisa ketahuan jika sudah membaca buku atau menonton film tersebut. Tapi, percaya atau tidak saat akan membeli buku atau film saya bisa mengetahui apakah di balik cover buku atau film tersebut terdapat ‘something’ yang saya cari. Somethingnya bisa apa saja, apakah karena itu berkaitan dengan sesuatu yang sedang dialami, ada sesuatu yang menarik perhatian. Yah, pokoknya ada sesuatunya lah...

Jadi kalau diibaratkan sebagai buku saya memilih untuk menjadi buku yang memiliki ‘something’ tersebut. Memang susah dijelaskan faktor ‘something’ itu tapi, biarlah...’something’ itulah yang justru membuat hidup ini jadi lebih menarik.

Dan bulan Mei kemarin, buku-buku yang memiliki something hingga akhirnya dibaca duluan adalah :

1. Sheldon & Mrs. Levine : An excruciating correspondence. A Parody By Sam Bobrick & Julie Stein

2. Someday By : Alison McGhee & Peter H. Reynolds.

3. Metropolis By : Windry Ramadhina

4.Long Distance Love By : Imazahra, dkk.

5.The Good Luck Book By : Bill Harris

6. The Proposing Tree By : James F. Twyman

7.Japan From A-Z By : James M. Vardman & Michiko S. Vardman

Dua buku teratas adalah buku yang lebih banyak gambarnya ketimbang tulisannya, hehehehe. Benar-benar dua buku yang paling menghibur di antara semuanya. Buku yang pertama, malah isinya berupa kartu pos2 atau surat yang ditempel di lembaran buku yang menceritakan kisah surat menyurat antara ibu dan anak lelakinya. Lucu dan menghibur banget.
Buku kedua bercerita tentang seorang ibu (lagi-lagi) yang berflash-back dengan kisahnya ketika melahirkan anak perempuannya. Bukunya mengharukan dan dipenuhi dengan ilustrasi yang indah.
gambar : empat di antara 7 buku yg sudah dibaca

1 comment:

  1. dari list di atas, cuman baru baca metropolis...dan TOP buat tuh buku :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...