Monday, November 16, 2009

Laporan Senin

hari senin ini berakhir dengan pencapaian yang lumayan. awalnya cuma menargetkan sekitar 3000-an kata, tapi ternyata konsentrasi sedang baik dan juga sedang tidak terlalu perfeksionis, hasilnya lewat dari target awal 25.000. hari ini sudah mencapai 28.465 kata. fiuhhh, lumayan, kan.
ternyata memang tips-nya adalah 'terus mengayuh'. seperti naik sepeda, kalo berhenti bentar alias ga mengayuh, pasti jatuh, kan dan harus mulai dari awal lagi. selain itu juga ga boleh terlalu perfeksionis. kalau biasanya selalu menunggu perfect words, atau kalimat yang pas, hari ini saya membiarkan karakter si tokoh mengambil alih. saya ikuti maunya apa, membiarkan ia berkata-kata apa saja. tidak membatasinya. dan hasilnya, secara kuantitas lumayan, lah.
mulai sedikit belajar dari cara menulis yang ngebut ini, dan ini juga terinspirasi dari seorang arsitek yang sedang mengerjakan sebuah rumah. bikin struktur itu sebenarnya cepat, yang lama itu finishingnya. dan saya rasa, menulis pun begitu, kalau kita sudah berhasil membuat strukturnya terlihat dan jelas maka proses finishing akan jauh lebih mudah. kalau struktur belum sempurna, ibarat tembok yang belum dibangun, bagaimana mau memilih cat untuknya atau lukisan apa yang akan digantungkan di dindingnya, wong temboknya saja belum berdiri.
maka itu, kuantitas dari tulisan yang sudah saya buat, bagaimanapun selalu saya usahakan untuk membentuk sturktur cerita jadi nggak ngasal juga. dan, well sejauh ini lumayan juga. mulai bisa membayangkan, wallpapper apa yang mau dilekatkan di 'dinding' itu dan perabotan apa yang pasa di ruangan itu.
menyenangkan sekali, bukan.
tapi, saya juga mulai sedikit mengeremnya. mau membaca ulang dulu, supaya plot dan alur ceritanya tetap terjaga. jangan sampai di tengah-tengah jalan nanti harus dirombak habis-habisan gara-gara mengejar kuota.
benar-benar suka sekali hari senin ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...