Tuesday, December 13, 2011

My First Non Fiction : Buku Pintar Ibu & Bayi


Buku Pintar Ibu & Bayi
Penerbit : Bukune
Terbit : 13 Desember 2011
Banyak hal menarik yang terjadi saat saya pertama kali menjadi seorang ibu. Diawali dengan kehamilan pertama yang bagi saya, dan mungkin bagi sebagian besar ibu baru di luar sana, merupakan sebuah momen yang tak terlupakan. Kemudian berlanjut dengan proses melahirkan yang diwarnai perasaan campur aduk. Perpaduan antara cemas, excited, penuh harap, bingung, takut, dan senang yang berlangsung secara bersamaan. Lalu momen berikutnya, menjadi seorang ibu baru dengan segudang aktivitas baru yang mulanya masih terasa asing. Mengerjakan hal-hal baru tanpa berbekal pengalaman dan hanya bermodalkan insting serta kepercayaan bahwa seorang wanita pada saatnya pasti bisa memainkan perannya menjadi seorang ibu. Tentunya memang tidak semata-mata insting, ada sedikit bekal pengetahuan yang sebelumnya sudah dikumpulkan. 

Hari demi hari pengetahuan saya pun bertambah. Si kecil yang saat itu belum bisa memanggil saya ibu sudah mengajari saya banyak hal, ia menuntut saya untuk mencari tahu ini-itu, bertanya kesana-kemari. Sambil mengurus si kecil, saya pun menuliskan catatan mengenai pengetahuan baru yang saya dapat, juga menuliskan cerita mengenai pertumbuhan dan perkembangannya. Saya kembali membuka buku-buku kuliah yang sudah dikarduskan demi mengingat-ingat kembali teori-teori mengenai perkembangan anak atau psikologi anak. Dari hari ke hari, isi diari si kecil pun semakin bertambah dan terbersit keinginan untuk bisa membukukannya. Maka saya pun mulai memindahkan isi buku tersebut. Setelah selesai, saya mengeprint dan menggunakannya untuk diktat pribadi, hingga suatu hari terlintas di benak saya untuk mengirimkannya ke penerbit.

Perjalanan buku tersebut hingga akhirnya bisa terbit lumayan panjang. Awalnya masuk ke penerbitan A, lalu pindah ke B, sempat juga berpindah ke C. Akhirnya, setelah tiga tahun draft tersebut bertemu dengan penerbit yang tepat, Bukune. Setelah melalui proses penyuntingan, revisi, dan penambahan atau pengurangan materi, jadilah buku tersebut : Buku Pintar Ibu & Bayi.  

Buku tersebut lahir karena keinginan berbagi dengan para ibu baru di luar sana. Dengan semangat berbagi itulah saya berharap ibu-ibu baru di luar sana dapat lebih percaya diri saat memulai 'karirnya' sebagai seorang ibu.

Bagaimanapun, seorang pembelajar sejati adalah seorang pelaku. Seorang ibu menjadi pintar karena  "learning by doing". Buku ini merupakan salah satu alat bantu dan pedoman, ilmu seorang ibu akan semakin bertambah saat ia berinteraksi dengan buah hatinya, dan ia akan semakin mantap dengan 'karirnya' saat si kecil semakin fasih memanggil kita Ibu, Mama, Bunda....

Selamat membaca Ibu, Bunda, Mama...Semoga bukunya bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...