Friday, January 6, 2012

Kuliner Semarang : Sop Kaki & Sate Kambing Sudi Mampir


Lokasinya di samping Gedung Telkom

Menu andalan : Sop Kaki & Sate Kambing

Satenya empuk dan tidak berbau kambing, disajikan bersama acar, tomat, dan taburan merica bubuk.

Sop kakinya terasa hampir seperti soto betawi. Rempahnya cukup terasa dan kuahnya nggak berlemak, tapi cenderung seger. Kita bisa memilih sendiri isinya, umumnya sih, jeroan.

Mendengarkan lantunan lagu-lagu secara live sambil menikmati hidangan.


Salah satu kelebihan dari Kota Semarang adalah selain tata kotanya yang cenderung rapi, juga beragamnya tempat untuk berwisata kuliner. Rasanya nggak cukup sehari deh, kalau mau menjajal semua spot wisata kuliner yang ada di sana. Saat liburan akhir tahun kemarin, saya memutuskan untuk melihat-lihat Kota Semarang di malam hari, terutama di seputaran Jalan Pahlawan dan Simpang Lima yang saat ini sudah tertata dengan rapi dan cantik. Pemerintah setempat bahkan sudah menyiapkan tempat-tempat khusus bagi para pedagang kaki lima, dengan tenda-tenda dan kursi-kursi yang berwarna seragam. Hal tersebut membuat deretan warung tendanya terlihat rapi dan bersih.

Salah satu warung tenda yang terkenal di Jalan Pahlawan adalah Sop Kaki Kambing. Meskipun warung-warung tenda yang menyediakan menu tersebut saat itu belum menempati kembali ruas trotoar Jalan Pahlawan, saya tetap memburunya karena penasaran dengan rasanya. Ternyata warung-warung tersebut saat ini pindah ke Jl.Imam Bardjo, dekat patung kuda yang mengarah ke Kampus UNDIP Pleburan. Setelah menilik beberapa warung tenda yang ada di sana, saya memutuskan untuk mampir ke Sop Kaki & Sate Kambing Sudi Mampir. 

Penasaran dengan masakan yang banyak dibicarakan orang dan selalu terlihat penuh di malam hari, terutama saat akhir pekan dan malam liburan. Setelah mencoba ternyata rasanya memang enak. Apalagi buat penggemar makanan berkuah seperti soto atau sop. Isian sop kakinya terdiri atas berbagai macam jeroan yang bisa dipilih sendiri, selain itu ditambahkan juga kentang dan tomat untuk sayurannya. Buat yang punya kolesterol atau asam urat mendingan makan satenya aja, meskipun sebenarnya untuk menu satenya kalau menurut saya cenderung biasa sih, nggak enak-enak banget, tapi lumayanlah :)  

1 comment:

  1. Sambil menikmati sate semakin enak minum sirup rosella ungu sebagai minuman pendamping. kunjungi web berikut untuk info lebih lanjut http://www.rnc.web.id/_item?item_id=014002

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...