Friday, July 13, 2012

It's Almost Five! : Pentingnya Jurnal Tumbuh-Kembang Si Kecil


Ini nih, penampakan blog si kecil dulu.
Lucu juga kalau ingat masa-masa kehamilan anak pertama dulu. Looking back, ternyata saya punya semacam blog yang merekam tumbuh kembang si kecil meskipun isinya sedikit sekali. Sebenarnya dulu saya rajin menulis di sebuah buku catatan perihal kehamilan saya sampai nyaris mau melahirkan. Saya juga menulis tip-tip yang saya temukan di beberapa buku dan majalah, juga pembicaraan dengan dokter serta beberapa ahli. Itu salah satu modal saya membuat buku ini.

Niatnya, catatan itu juga ingin dipindahkan ke blog (dulu di multiply) supaya kelak bisa jadi kenang-kenangan buat si kecil. Tapi karena nggak telaten. Blog itu terbengkalai sampai sekarang, bahkan sampai situsnya sudah bermetamorfosis jadi situs belanja online. Dan berita buruknya lagi saya lupa password-nya :)

Buat para orangtua yang rajin, oke juga lho, bikin semacam catatan tumbuh-kembang si kecil. Bisa dibuat di jurnal pribadi atau dipublish secara online lewat blog. Selain kelak bisa dibaca ulang, kita juga bisa merekam banyak informasi yang mungkin di masa depan sangat dibutuhkan. Misalkan berkaitan dengan riwayat kesehatannya,jenis makanan-minuman,bahkan obat yang pernah dikonsumsi, warna kesukaan, pakaian,kecenderungan perilaku, penyakit yang pernah diderita, dan banyak lagi.

Lagipula, masa bayi sejak satu sampai lima tahun itu singkaaatttt sekali. Saya saja merasa sangat sayang melewatkan semua itu dan menyesal karena ngga telaten buat blog-nya. Sekarang Ezra sudah mau lima tahun. Tidak terasa!

Sementara ia terus beranjak dewasa, saya pun terus belajar untuk menyesuaikan diri menjadi ibu untuk seorang baby boy, lalu kemudian seorang little boy, yang kenyataannya sangat berbeda penanganannya untuk setiap tahap. Bayangkan kira-kira lima atau enam tahun lagi, saya bakal berurusan sama lelaki kecil yang beranjak remaja, yang mulai naksir lawan jenis, mulai akil baligh...Hmmm, such a new adventure yaa.

Beneran deh, buat ibu-ibu yang anaknya masih kecil nggak perlu keseringan ngeluh. Energi kita simpan baik-baik untuk menghadapi masa-masa yang lebih menantang. Masa remaja! Have fun Mom!

1 comment:

  1. Aku juga buatin buat anakku. Sama, jarang banget ngisinya. Untunglah istriku kadang nulis kontennya.
    Ini dia alamatnya: http://rumahradja.blogspot.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...