Friday, July 13, 2012

Toddler Time : Banana Ice Cream


It doesn’t always an iPad or dvd player time for you to run out activities that keep your toddler busy and happy. Cooking is a sampling of toddler activities that she/he may loves. Just remember to ensure that the tools is safe for your toddler. For example : use plastic knife, if you want to teach your toddler to chop or slice something.

Nggak bisa dipungkiri kalau masa-masa toddler itu lebih rempong ketimbang saat si kecil masih bayi. Sebagai orangtua mesti pintar-pintar cari permainan yang menyenangkan sekaligus juga bisa menyelipkan aktivitas-aktivitas yang merangsang perkembangan motorik halusnya. Bermain masak-masakan bisa mengasah ketrampilan motorik halus, salah satunya karena jari-jari tangan harus berkoordinasi untuk mengiris, menusukkan sesuatu, dan memegang benda-benda yang rumit/kecil. Si kecil juga bisa belajar untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan perintah-perintah sederhana yang rewardnya adalah makanan buatan sendiri yang bisa ia makan. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan dirinya.

Ezra (4yo) suka banget kalo liat acara-acara masak di tivi, kadang suka ikut ngerusuhin ibunya masak. Biar tersalurkan rasa penasarannya, saya pun mengajak dia membuat sendiri camilannya. Banana Ice Cream!

Bahannya sederhana banget : sediakan buah pisang, lalu potong-potong melintang dan tusuk dengan tusuk sate yang ujungnya sudah dipatahkan atau cari model tusukan yang tidak tajam. Kita bisa memintanya untuk menusukkan potongan pisang tersebut. Kalau sudah siap, siapkan beberapa piring kertas (biar kalau jatuh ngga pecah) yang sudah diisi dengan madu, meises warna-warni, atau selai coklat. Beri contoh si kecil untuk menggulingkan pisangnya pada piring yang berisi madu atau cokelat, kemudian gulingkan ke meises warna-warni. Lakukan sampai beberapa tusuk, kemudian ajak si kecil membekukan pisang tersebut di freezer. Setelah cukup dingin, ajak si kecil menikmati banana ice creamnya. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...