Friday, August 31, 2012

A Brief About Food Combining

Stok sayuran dan buah : sayuran fav yang biasanya dimakan mentah adalah tespong, aromanya segar, teksturnya renyah, rasanya juga nggak pahit.

Salah satu menu favorit food combining : Nasi Urap. Sayur favoritnya adalah daun adas yang wangi dan yummy

Salah satu contoh menu makan malam food combining : Ca pokcoy, lauknya nugget vegetarian berbahan kedelai dan jamur
Buat yang ingin tahu tentang food combining dan bagaimana menjalankannya, ini rangkuman singkat dari beberapa buku yang sudah saya baca. Semoga bermanfaat bagi para beginners yang ingin menerapkan food combining.

Food combining memiliki beberapa prinsip dasar, antara lain :
1. Asupan makanan diatur sesuai dengan siklus sistem pencernaan.
2. Memperhatikan siklus alami sistem pencernaan atau siklus sirkadian, yaitu :

a. Pukul 04:00-12:00 = saatnya tubuh membuang sampah metabolisme dan sampah makanan, oleh karena itu energi tubuh diarahkan untuk proses pembuangan, bukan pencernaan. Agar prosesnya maksimal maka disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga tidak membebani sistem pencernaan. Energi tidak terpecah menjadi dua,untuk mencerna dan membuang, sehingga di pagi hari tubuh lebih bugar dan berenergi.

b. Pukul 12:00-21:00 = siklus pencernaan makanan
c. Pukul 21:00-14:00 = siklus penyerapan sari makanan,peremajaan sel.

3. Kunci kesehatan menyeluruh terletak pada = pencernaan yang sehat
4. Food combining membantu menghemat jumlah enzim pangkal sehingga mencegah munculnya penyakit degeneratif dan organ tubuh pun berfungsi lebih baik dalam jangka waktu yang lama
5. Mengapa harus melakukan padu padan makanan yang tepat?

a. Proses pencernaan protein(terutama hewani) tidak berlangsung dalam hitungan jam, melainkan hari sehingga jika menggabungkan makanan hewani dengan karbohidrat maka proses pencernaan karbohidrat akan terganggu

b. Hal tersebut dapat dijelaskan karena pada saat munculnya enzim pepsin (enzim untuk mencerna protein) maka amilase (enzim untuk mencerna karbohidrat) akan berhenti bekerja.

6. Dengan mengonsusmi makanan yang sesuai padu padannya maka tubuh akan menjadi lebih sehat, dan secara tidak langsung akan menyesuaikan sendiri berat badan idealnya (bisa naik/turun) sesuai dengan kebutuhan dan lebih stabil.

Berikut ini adalah urutan makan-minum dalam Food Combining yang saya terapkan dalam kondisi normal (bukan pada saat berpuasa. Dan...hehehe untuk saat ini, kadang-kadang, di akhir pekan saya masih suka jajan di luar, jadi ada juga saat-saat dimana saya tetap makan dengan padu padan di luar food combining) 

1. Bangun tidur : 250 ml air matang hangat + 1-3 sendok makan air jeruk nipis/lemon. Fungsi air lemon hangat adalah untuk membantu kerja organ hati yang biasanya melakukan detoksifikasi, selain itu juga untuk menjaga kondisi tubuh dalam PH yang basa (PH asam membuat tubuh rentan terkena penyakit)

2. Jeda 10-15 Menit minum 1-3 gelas air putih ( Suhu lebih dingin dari suhu tubuh, tetapi tidak sedingin es, atau sekitar 21 derajat C, adalah air yang paling efektif untuk menurunkan berat badan, karena pada saat itu tubuh akan mengaktifkan proses metabolisme sehingga suhu tubuh kembali stabil)

3. Makan pagi : Buah potong (2-3 macam buah yang masak pohon, manis, dan berair) /Jus buah (tanpa gula, karena gula akan merusak enzim-enzim alami pada buah)

4. Snack Pagi : Dimakan setiap 2 jam sekali atau pada saat terasa lapar, sebelum waktu makan siang datang, makanlah buah potong atau jus buah

5. Sekitar pukul 10-11 pagi minumlah 3 gelas atau 500 ml air putih, kurang lebih satu jam sebelum waktu makan siang (sesuai kebutuhan masing-masing. Minum air dalam jumlah yang cukup juga membantu menurunkan berat badan)

6. Makan Siang : menu hidangan protein(nabati/hewani) ditambah dengan menu/hidangan sayuran ( tanpa menu atau hidangan karbohidrat)

7. Snack Sore : Makanan berbahan protein saja/karbohidrat saja/sayuran saja. Minuman ; teh herba/rempah/minuman sehat alami lainnya.

8. Minun 2-3 gelas air putih kurang lebih satu jam sebelum makan malam

9. Makan malam (usahakan tidak makan apa pun setelah jam 20:00/2-5 jam sebelum tidur). Menu makan malamnya adalah : menu atau hidangan karbohidrat/pati ditambah dengan menu/hidangan sayuran dan lauk berbahan nabati (bukan hewani), terakhir dapat juga ditutup dengan jus sayuran (tanpa gula, tidak dicampur dengan buah).

Sumber/Referensi : Buku Mitos dan Fakta Kesehatan @erikarlebang, Resep Sedap Food Combining Wied Harry Apriadji, The Miracle of Enzyme Hiromi Shinya, MD )

Kalau mau gaung ke milis atau komunitas bisa ke sini : www.foodcombiningways.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...