Sunday, March 31, 2013

March (ing) On

Sepanjang bulan Maret ini banyak banget hal yang udah kejadi dan judulnya adalah 'bulan baris-berbaris' :D. Banyak hal yang udah berbaris untuk diselesaikan dan diupayakan di bulan ini. Dari mulai persiapan supaya thesis bisa di-acc sama pembimbing buat maju sidang usulan penelitian, sampai harus mengupayakan pekerjaan-pekerjaan lain supaya bisa goal di bulan ini. Fiuhh, rasanya lumayan melelahkan juga. Apalagi, terhitungnya udah tiga bulanan lebih nggak punya asisten rumah tangga. Tapi, alhamdulillah nggak ada drama yang berarti saat ditinggal asisten rumah tangga ini. Banyak yang nanya gimana cara ngatur waktunya; jadi work at home mom, nyambi beberapa kerjaan freelance, sekaligus jadi anak kuliahan yang sedang nyusun thesis, dan ngga ada yang bantu-bantu di rumah?

Kalau dipikir-pikir rasanya mustahil bisa beresin ini dan itu sebulan ini. Tapi, alhamdulillah dikasih lancar apa-apanya. Kerjaan rumah dikerjain bareng-bareng sama suami dan nyoba untuk ngga terlalu perfeksionis dalam urusan beberes atau masak. Kalau malas nyetrika (yang mana saya dan suami termasuk pemalas dalam hal ini) ya udah, baju-baju kantor dimasukin laundry. Pokoknya, kuncinya kerjasama, ngga perfeksionis, dan ngga itung-itungan masalah kerjaan rumah. Semua dibawa santai. Masalah anak di rumah, kalau pas saya kuliah atau ada kerjaan di luar, sementara teratasi dengan sekolahnya yang sampai jam satu siang lalu lanjut day care, dijemput sorenya. 

Wiken benar-benar jadi hari keluarga dan istirahat. Kalau nggak perlu-perlu amat, sekarang jadi jarang hang out keluar, apalagi nonton ke bioskop. Kalau mau nonton bertiga pun mesti pilih-pilih film yang bisa ditonton bareng Ezra. Sekarang juga jadi lebih seneng cari kegiatan yang kreatif, misalnya piknik sederhana di tempat yang ngga ramai banget kaya taman atau hutan kota. Biar Ezra juga tahu kalau masih banyak hal yang bisa dilakuin selain main ke mal. 

Bekal piknik saat libur food combining di hari minggu :)
Kegiatan olahraga mau nggak mau juga harus dilakuin bertiga. Akhirnya, kalau lari pagi, renang, atau sepedaan kita pilih di akhir pekan biar bisa dilakuin bareng-bareng. Saya pun jadi libur yoga lama sekali karena jadwal pagi udah penuh dengan kerjaan rumah. Ah, tapi nyapu-ngepel-dkk itungannya juga cardio kan :) Dengan nggak punya asisten rumah, Ezra sekarang mau bantu beres-beres. Minimal mainannya sendiri. Dia jadi paham dengan tanggung jawabnya; kalau nggak mau cape beresin mainan, ya dia nggak banyak berantakin. Kadang, dia juga suka ikut beberes rumah dan bantu-bantu bikin snacknya sendiri. Dulu seringnya tahu jadi aja. Sekarang, jadi hobi bantuin bikin popcorn atau pop cake sendiri karena tahu prosesnya menyenangkan.
Popcorn mentega+keju dan caramel honey.

Kalau pas cape banget, tinggal tempel koyo dan oles-oles krim, hehehe, kalau ngga manjur langsung pijet. Biasanya nunggu kalau suami udah pulang kantor biar ada yang nemenin Ezra di rumah. Fiuhh, semua yang sedang djalani ini ngga mudah memang dan cukup melelahkan. Modalnya itu dikasih fit sama Allah dan berusaha selalu bersykur karena banyak perubahan baru yang bikin kami jadi belajar.

Situasi stagnan itu sering kali melumpuhkan dan nggak bikin kita tumbuh. Perubahanlah yang membuat kita bergerak, tumbuh, dan menjadi lebih baik. Senang rasanya melewati bulan Maret ini, apalagi satu per satu mulai menampakkan hasilnya. Semoga, bulan-bulan ke depannya, semua kegiatan dan rencana diberi kelancaran dan kemudahan. Amin.

So, now I am ready welcoming the April Month :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...