Wednesday, July 17, 2013

Pemenang Give Away: Bagi Bagi Buku Gratis Part 3

Halo,
Terima kasih banyak buat teman-teman dan pembaca blog yang sudah berpartisipasi dengan mengikuti give away: Bagi-Bagi Buku Gratis Part 3 dengan mengirimkan flash fiction bertema 'Rintangan'.

Setelah membaca cerita yang dikirimkan; dengan berbagai penilaian dari isi cerita, ejaan, tata bahasa, dan sebagainya. Pemenang GA bertema 'Rintangan' kali ini adalah:
  1. Rini Ramli
  2. Reni Judhanto
  3. Arga Litha
Ketiga pemenang tersebut, masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa paket buku senilai @100.000 rupiah. Untuk alamat pengiriman hadiah, sila japri ke : nia.nurdiansyah@yahoo.com ya.

Oh ya, sekalian juga; ada beberapa catatan dari cerita-cerita yang sudah dikirimkan. Ini berkaitan dengan hal-hal yang elementer seperti penulisan huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan sebagainya.

Dari cerita-cerita yang dikirimkan, masih banyak yang tidak menyadari kesalahan-kesalahan dalam hal-hal tersebut. Ini beberapa yang berhasil saya garis bawahi :
  1. Pemakaian tanda petik. Tanda petik ("....") ini mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan dan naskah atau bahan tertulis lan. Contoh: "Aku sudah melakukan semua yang perlu," ujar Suri. Perhatikan bahwa setelah tanda petik kata (ujar) yang mengikutinya diawali dengan huruf kecil. Dari cerita yang dikirimkan, masih ada yang menuliskannya dengan huruf besar.
  2. Partikel pun seharusnya ditulis terpisah dari kata yang mendahuluinya. Contoh : Apa pun yang aku lakukan tidak mengubah pendiriannya. Kelompok yang lazim disambung atau ditulis serangkai adalah: adapun, andaipun, ataupun, bagaimanapun, biarpun, kalaupun, kendatipun, maupun, meskipun, sekalipun, sungguhpun, dan walaupun.
  3. Ada beberapa kata atau frasa yang bila diletakkan di awal kalimat seharusnya diikuti dengan tanda koma (,). Contoh: Agaknya,... Akan tetapi,... Akhirnya,... Akibatnya,...Jadi,..., dst.
Oke. Mungkin itu dulu catatan tentang tata cara penulisannya, ya. Saya juga masih belajar, kok. Jadi, bisa sama-sama saling berbagi tip penulisan. Pada saat menulis cerita, khususnya cerpen, novel, dan bahkan artikel ilmiah, kita wajib belajar tata bahasa dan cara penulisan yang baik dan benar supaya bisa menghasilkan tulisan yang enak dibaca. Kita juga harus tahu mau menyampaikan ide kita dalam bentuk apa? Puisi, prosa pendek, cerpen, flash fiction? Semua ada ketentuannya. Dengan belajar dan memahami ketentuan yang berlaku secara umum, tulisan kita akan lebih mudah dicerna dan diterima dengan baik oleh pembaca.  
Salam,

3 comments:

  1. Alhamdulillah... namaku keluar sebagai salah satu pemenang. Terimakasih...
    Dan makasih juga utk pembahasannya soal kesalahan2 yang sering terjadi dalam penulisan. Soalnya aku juga baru belajar.
    *buru2 cek tulisanku apakah ada kesalahan itu*

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah nama saya ada disitu. Terimakasih, mbak. Sudah saya email detail alamatnya mbak.. ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...