Monday, September 15, 2014

Ezra's Weekend Projects : Treasure Hunt & First Grade Math

Setelah Ezra masuk SD, saya semakin excited sama agenda Ezra's Weekend Projects karena semakin banyak hal-hal seru yang bisa dilakukan bareng saat akhir pekan. Jadi lebih seru juga karena tema proyek akhir pekannya nggak melulu sesuatu yang berhubungan sama crafting atau DIY things, tapi juga bisa nyelipin materi-materi pelajaran di sekolah.

Berhubung saya dan suami sepakat untuk tidak memberi Ezra les tambahan pelajaran di luar jam sekolah maka kami pun harus bekerjasama buat menciptakan atmosfer learning is fun di rumah. Jadi, selain sekolah, Ezra cuma ikut latihan wushu, les musik, dan menggambar saja. Keputusan ini diambil karena pengalaman suami semasa kecil dulu yang merasa bosan dengan yang namanya 'les belajar' dan jadi alergi sama yang namanya pelajaran sekolah, hehehe. Selain itu, saya juga pengin Ezra masih punya banyak waktu untuk bermain.

Nah, karena nggak mau mengulangi kesalahan yang sama, kami berdua ingin menciptakan suatu kondisi bagi si anak bahwa yang namanya belajar itu sebenarnya tidak terpisah dari bermain. Dalam bermain ada belajar, dan dalam belajar ada bermain. Belajar tidak harus formal dan kaku, belajar bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menjadi bagian dari keseharian. Memang, pasti ada banyak hal-hal yang menantang dan sulit untuk dipelajari, tapi hidup aslinya kan juga gitu. 

Ihiyyy, konsep sih, udah seru. We'll see bagaimana dalam perjalanannya nanti. Semoga kami tetep istiqomah. Singsingkan lengan baju!

Proyeknya Ezra pada akhir pekan ini adalah 'Treasure Hunt'. Berhubung hari Seninnya, Ezra bakal ulangan matematika, maka proyek akhir pekannya sengaja dibikin nyambung dengan materi-materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari sama dia. 

Materi math-nya antara lain berkaitan dengan :
Counting & writing numbers 1-20 (in english)
Largest, smallest, dan greatest number
Ordinal number
Numbers patterns '2'  

Terus, gimana mengaitkan dengan tema mencari harta karunnya? Jadi, saya sengaja membuatkan dia peta tempat persembunyian harta karun, yang petunjukknya adalah soal-soal matematika yang harus diselesaikan. Dari petunjuk di peta, Ezra harus mencari amplop-amplop yang di dalamnya terdapat soal-soal yang jawabannya akan mengarahkan pada petunjuk selanjutnya. 

Buat bayangan, bisa dilihat di gambar di bawah, ya. Dan untuk hadiahnya, saya menyiapkan beberapa barang yang kebetulan lagi dia inginkan. Barang yang murmer tapi bikin dia seneng. Kebetulan dia lagi pingin kaca pembesar, terus kotak pensil ngajinya baru aja rusak. Jadi, barang-barang itulah yang saya bungkus untuk jadi harta karun, plus tambahan permen, coklat, dan pernak-pernik buat lucu-lucuan. 



Dan hasilnyaa..dia seneng banget memecahkan satu-persatu soal yang ada di petunjuk, dan waktu berhasil nemuin harta karunnya, lalu membuka hadiah dan nemuin barang yang lagi dia inginkan, ekspresinya itu priceless bangettt. Rasanya terharu dan jadi pengin menghentikan waktu pas dia meluk saya dan bilang, "Makasiihh ya, Bundaaa...udah kasih aku kaca pembesar...aku sayaangg banget sama Bunda."

Ya ampun, cuma kaca pembesar limarebuan padahal. *nahanmewek 

Oya, kalau yang punya instagram, bisa juga follow saya di: @nianurdiansyah, Insha Allah di sana mau rutin posting tentang #learningwhileplaying atau #learningathome, siapa tahu kita bisa saling berbagi ide tentang belajar sambil bermain di rumah. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...