Monday, September 15, 2014

Fun Learning: The Secret Recipe of Pizza (Thematic; Science & Math For First Grade)

Sejak masuk SD dan memilih sekolah dengan kurikulum mixed antara diknas dan cambridge, sebagai ortu saya semakin tertantang buat memotivasi Ezra buat menyukai kegiatan belajar secara aktif. Ditambah lagi perubahan kurikulum 2013 yang menggunakan konsep tematik yang mungkin membuat bingung beberapa ortu pada awalnya, seperti halnya saya. Setelah tanya sana-sini dan sedikit baca-baca tentang kurikulum baru tersebut, akhirnya mulai bisa membuat mapping yang jelas tentang sebenarnya ini anak-anak sekolahan SD mau belajar dengan cara seperti apa. Terlepas dari pro kontranya, saya memilih untuk beradaptasi dan mengawal Ezra agar bisa mengikuti pelajaran sekolah dengan baik (cieee banget bahasanya) Yaa, mau gimana lagi, saya kan bukan pemegang kebijakan, yak. Berharap, next cabinet, menteri pendidikannya bikin peraturan baru agar jam sekolah dikurangi dan hari Sabtu diwajibkan libur, yeaayy.

Baiklah, jadi sebagai guru les privatnya, saya nggak mau jadi guru les yang ngga asyik dan galak. Saya pengin Ezra selalu ngerasa fun waktu belajar bareng saya, dan dia juga jadi lebih aktif, bukan sekadar disodorin materi-materi, terus lupa dan nggak bisa mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Kali ini, saya bikin fun learning activities di rumah yang melibatkan materi tematik: science dan math untuk kelas 1. 

Sebelumnya, saya cari tahu tujuan dari kegiatan fun learning ini berdasarkan buku pegangan di sekolah. Tujuannya antara lain adalah agar Ezra bisa mengenali bentuk-bentuk geometri 2D dan hapal namanya dan mengenal konsep fraction sederhana (1/2, 1/4, dst) untuk mapel matematika dan kemudian memahami fungsi indera perasa (lidah) dan jenis-jenis rasa yang bisa dikecap oleh lidah untuk mapel science

Fun learning ini saya beri judul : The Secret Recipe of Pizza. Bahan dan alatnya bisa dilihat di gambar-gambar di bawah, ya. Selanjutnya setelah semua bahan dan alat disiapkan, Ezra mulai diminta untuk membaca petunjuk pada resep dan mulai membuat 'pizza' nya.

siapkan 'resep', bendera aneka rasa, dan lem berwarna.

resep alias petunjuk sederhana 

alat dan bahan

setelah selesai menempelkan 'toping' sesuai resep, anak diminta untuk membubuhkan 'bumbu' di atas adaonan pizzanya. warna-warna dari cat air mewakili setiap rasa, seperti sour, spicy,  salty, dan sweet.

setelah itu, anak diminta membagi dua pizzanya, dna kita menjelaskan konsep setengah, seperempat, dst.

menancapkan bendera rasa sesuai dengan warna yang dicat pada adonan.

voila, shapes pizza-nya sudah jadi :)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...