Monday, November 3, 2014

Pregnancy Journey : Gentle Birth After Cesarean Part #1


Jadi karena update postingan perjalanan kehamilan kedua ini sering telat, saya buat rangkuman aja deh, dari perjalanan 16-24 weeks dan seterusnya. Saat postingan ini ditulis, kehamilan saya sudah memasuki usia 31 minggu. 

Memasuki trimester ketiga ini, alhamdulillah nggak banyak keluhan yang berarti. Pilek yang selalu mendera di trimester kedua akhirnya berakhir dengan sendirinya, yeayy. Keluhan berganti dengan tidur malam yang jadi gampang kebangun, bahkan karena suara kecil sekali pun...krik...krik. 

Supaya tidur malam lebih berkualitas bantal harus ditumpuk-tumpuk dulu, miring ke kiri dengan kaki ditumpangkan ke atas guling. Pokoknya bener-bener menguasai tempat tidur, deh. Selain lampu harus remang atau gelap, kadang saya juga oles-oles EO-nya YL yang lavender biar tidur makin nyenyak dan ngga diganggu nyamuk.   

Di trimester ketiga ini, alhamdulillah banget ketemu support system yang keren dari teman-teman komunitas Gentle Birth Untuk Semua (GBUS). Di kehamilan kedua ini saya berencana untuk melahirkan normal, jadi mesti banyak belajar lagi untuk menginstal ulang software lama di kepala dan menggantinya dengan software baru yang berisi command bahwa melahirkan minim rasa sakit, tanpa trauma, nyaman, dan lembut itu bisa dilakukan, kok. 

Karena berencana melakukan VBAC atau GBAC makanya pemberdayaan diri harus dilakukan. Selain baca-baca buku lagi, juga harus mau belajar dan latihan. Semua itu harus dilakukan sejak masa kehamilan ini. Adanya dukungan dari teman-teman komunitas bukan hanya dengan saling share pengalaman mereka saat melahirkan atau birthplan mereka bagaimana, tetapi juga dengan adanya kelas-kelas kecil dan bahkan seminar, ilmu kami jadi ikut bertambah. 

Selain kelas-kelas yang saya ikuti di RSB. Ngesti Widodo, Ungaran, sebuah klinik milik  Bidan Naning yang inspiratif di Ungaran, saya juga mengikuti beberapa seminar atau kelas, seperti seminar untuk pendidikan bayi pralahir, kelas hypnobirthing, dan kumpul-kumpul tiap Minggu pagi untuk melakukan prenatal yoga bersama teman-teman di GBUS yang dilanjutkan dengan sesi sharing. Selain semakin dikuatkan untuk menjalani proses kelahiran alami, banyak sekali ilmu baru yang didapatkan dari kelas-kelas dan seminar ini. Yang juga bikin semakin happy adalah bisa dipertemukan dengan Bidan Yesie Aprilia dari Bidan Kita dan Bu Lanny Kuswandi pakarnya Hypnobirthing Indonesia.

Semoga bentuk pemberdayaan diri ini bisa menjadi bekal untuk mewujudkan mimpi saya melahirkan dengan normal, nyaman, lembut, minim rasa sakit, dan tanpa trauma. 

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...