Thursday, December 22, 2016

Ide Liburan Biar Nggak Bosan

Ini buat anak-anak ya, Buibu. Kalau para emaks mah, libur sekolah itu artinya pakpikpuk pagi berkurang, yang biasa berternak macan bisa agak-agak mager atau bobo syantik pas siang. Tapi ya itu kadang anak-anak mah, ngga bisa lihat emaks santai dikit yaah pasti ada aja pingin ini itunya.

Liburan panjang tahun ajaran yang lalu saya bikin semacam workbook buat aktivitas liburan. Isinya:

Rules selama liburan sekolah.
Jadi pas awal mulai liburan saya bikin kesepakatan dulu sama si sulung. Boleh nonton tv, pegang gadget, tidur hibernasi sampai musim salju berakhir (Emangnya beruang) monggo! Yang penting daftar rules nya di checklist dulu.

Amazing lhoo, cara ini berhasil bikin emak ngga banyak ngomel. Inti dari liburan kan emak juga harus mengistirahatkan cangkem yak.

Kalau punya anak tipe kinestetik-spatial macam anak saya, In syaa Allah kegiatan di workbook ini manjur deh, buat meredam energi suka petakilannya. Ada banyak macem brain teaser dan kegiatan bermodus misi rahasia berhadiah pelukan atau tidur siang bareng atau syukur-syukur snack favoritnya.

Ini beberapa contoh kegiatannya.

Play Around Your Home: Temukan botol atau kemasan yang ada di rumah, coba periksa berapa isi/volumenya dan buat catatan di tabel yang sudah disediakan.

Menulis Cerita: Siapkan satu gambar berwarna yang menarik dan biarkan anak menuliskan apa yang bisa diceritakan dari gambar tersebut.

Play Outside : Kumpulkan jenis-jenis daun dengan bentuk berbeda-beda lalu tempelkan. Amati bentuk-bentuk awan dan gambarkan di bukumu, dan misi-misi lainnya.

Selain misi-misi itu, ada juga misi berkenalan dengan orang baru, mengumpulkan tiket masuk ke museum, belajar naik kendaraan umum, pergi ke perpus, dsb.

Saya sengaja memasukkan misi berkenalan dengan orang baru buat meningkatkan ketrampilannya bersosialisasi. Plus ada juga misi mengumpulkan tanda tangan dari orang yang menurut anak saya keren atau inspiratif.

Terus gimana kalau anaknya terlanjur lebih suka main gadget. Ada beberapa games yang kami (saya dan Ezra) rekomendasikan:

Beaker. Games ini lumayan asyik buat anak yang suka kepo, campur-campur suatu bahan kimia di rumah (Ezra suka nyampur sabun cuci piring sama minyak, kadang shampoo, saos, pelembut dimainin buat dicampur apalah) tapi emaks ngga mau rugi bahan dan ngga pingin ada ledakan kecil atau insiden berbahaya lainnya. Di aplikasi ini anak bisa mencampur potasium dan air lalu muncul ledakan kecil yang bikin anak happy, zero risk.

Code Spark. Games asyik buat anak untuk mengenalkan coding dan pemrograman. Edisi ngga berbayarnya lumayan oke buat ngisi waktu, sementara yang edisi berbayar punya tingakatan yang lengkap untuk belajar coding buat anak-anak kalau udah main, bisa, dan suka, anak-anak jadi tertantang untuk mengerjakan tiap levelnya. Pokoknya ini game cukup win win solution buat emak dan anak. Kalau emak pingin bobo-bobo siang bentar, sodorin game ini, 45 menit napping tanpa rengekan.

Selain main games di gadget, ada juga aktivitas browsing-unduh-print-crafting yang biasa kami lakukan. Situs yang paling sering dikunjungi adalah mr.printables.com , banyak ide permainan buat anak laki-laki maupun perempuan yang bisa dikembangkan di sini. Terus kalau udah mentook banget biasanya meluncur ke twistynoodle buat bikin lembaran mewarnai, tema, tulisan, dan gambarnya bisa disesuaikan. Cuss print dan minta anak mewarnai sampai selesai sementara kita masak atau bersih-bersih rumah.

Selain crafting, science experiment sederhana dari Komik Science Quark juga cukup jadi rujukan buat kami. Kadang kalau bosan dengan science experiment, masak bareng juga jadi salah satu senjata ampuh buat mengisi waktu liburan.

Liburan kali ini, saya ngga bikin workbook karena punya buku The Totally Bumper Puzzle Book yang isinya ratusan kegiatan brain teaser. Muntah-muntah deh, itu Ezra ngerjainnya, hihihi. Tapi dia suka kok, soalnya banyak teka-teki yang menstimulasi kemampuan bahasa dan logikanya.

Senjata lain, yang bisa diarahkan kalau mulai bosen di rumah adalah ngajarin anak practical life skill sesuai usianya. Bisa dengan mengajari dia untuk menyortir mainannya, membereskan kamar, menyapu halaman, dsb.

Itu sih, beberapa ide tentang kegiatan liburannya. Semoga bermanfaat dan liburan semesteran kali ini berkesan.








6 comments:

  1. Mbak Nia ini ibu yang cerdas banget ya.
    Mbak bisa tahu kemampuan belajar anak tipe apa itu pas usia berapa sih? Aku penasaran banget.
    Semua yang mbak tulis sangat menarik perhatianku. Sekarang anakku baru usia 15 bulan, makin gemes pengen cepet besar. Hehehe.

    Salam kenal dariku Mbak.
    Kayaknya ini kunjungan perdanaku ke sini.

    ReplyDelete
  2. Wah.. Seru mba!

    Ini anakku jg kinestetik banget, tapi masih 3th

    ReplyDelete
  3. bagus juga ini mbak.. selain bisa bermain tapi bisa belajar juga..

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ide-idenya ya Mba,,,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...