Wednesday, March 15, 2017

Efektifkah Diet GM?


Kalau ngobrolin soal pola makan, lalu mengerucut ke soal diet (diet di sini yang mengacu pada membatasi asupan, ya) pasti banyak yang bertanya efektivitasnya, aman atau nggaknya, dan berhasil bikin langsing dalam waktu singkat apa ngga.

Belakangan ini banyak banget jenis diet yang berseliweran di medsos dan dilakoni juga oleh para public figure dalam dan luar negeri, dari mulai diet mayo, paleo, keto, sampai OCD-nya Deddy Corbuzier. Kalau ditanya manakah yang paling bagus, jujur saya nggak bisa jawab karena bukan pelaku diet di atas, hehehe. Tapi kalau ditanya soal pola makan food combining atau raw food boleh lah sharing dan berdiskusi. 

Alhamdulillah, bisa menjalani pola makan FC sejak akhir 2012 dan banyak hal positif dari perubahan pola makan tersebut. Baca pengalaman saya memulai food combining dan apa yang dirasakan di sini dan baca bagaimana pola makan FC itu di sini.

Nah, udah nemu pola makan yang sesuai terus ngapain diet GM? Gitu kan pasti pertanyaannya. Yes, jadi awalnya kenapa saya tertarik ingin menguji coba diet GM ini karena teman dekat saya minta dibuatkan menu khusus diet GM, kemudian Pak Suami yang juga tertarik untuk menurunkan BBnya karena merasa ngga bisa konsisten dan persisten dengan pola makan FC. Lalu saya berdiskusi dengan beberapa teman yang nutrisionist. "Eh, diet GM ini aman ngga sih, kira-kira?" Lalu saya pun dikasih bahan bacaan macem-macem jenis diet dan pro kontranya. Awalnya agak males mau bacanya, tapi demi menambah wawasan untuk memulai sesuatu yang bener-bener baru, saya pun membacanya. Link bahan bacaan akan saya sertakan di bawah yaa, siapa tahu mau ikutan baca juga. 

Singkat kata. Lima orang bergabung dalam program diet GM ini, termasuk Pak Suami, dan karena bujuk rayunya akhirnya saya juga ikutan. Enam orang jadi kelinci percobaan. Yang satu pede banget yakin bakal berhasil nurunin BB, yang satu ogah-ogahan kayak saya, lha wong masih jadi busui. Sisanya berdedikasi penuh demi menuntaskan rasa penasaran. 

Eh, udah panjang-panjang ngomong, udah tahu kan diet GM itu apa? Kalau belum googling dulu yaa. 

Di bawah akan saya share gambar-gambar menu makanan GM diet dari hari pertama sampai ke-7.









Fakta VS Realita Diet GM

Diet GM memang kelihatan gampang terutama di hari pertama sampai ketiga. Apalagi untuk yang sudah terbiasa dengan pola makan FC. Gampanglah cuma makan buah sama sayur sampai kenyang. Eitss itu juga pikiran saya di awal. Nyatanya, nehi...hihihi.

Diet GM ini susah karena faktanya kita akan merasa lapar terus kecuali pada saat tidur. Kenapa? Karena yang kita konsumsi makanan yang rendah kalori. Bandingkan dengan pola makan FC dimana kita masih bisa mengonsumsi karbohidrat seperti nasi merah dan protein, baik hewani maupun nabati setelah mengonsumsi buah di pagi hari.

Kabar baiknya tiga hari pertama dalam GM diet merupakan tahap detoksifikasi. Kalau kita tertib hanya mengonsumsi buah dan sayur minim bumbu masakan serta memperbanyak asupan air putih maka tubuh bisa dengan maksimal membuang toksin. Tandanya kita akan lebih sering buang air kecil dengan warna urine bertahap dari kuning muda sampai bening.

Pada hari ke-4 banyak yang bertanya-tanya soal menu yang harus dikonsumsi, yaitu pisang dan susu. Dan hanya itu saja selama seharian penuh. Hari ke-4 termasuk yang berat buat saya karena ngga biasa dengan pola makan seperti itu, akan tetapi beberapa orang yang lain justru merasa ini tahap yang cukup ringan.

Kenapa pisang dan susu yang dikonsumsi? Ini ternyata berkaitan dengan kadar mineral seperti potasium dan magnesium yang sudah sangat menurun di tubuh kita karena pola makan tiga hari sebelumnya. Asupan pisang dan susu yang memiliki banyak kandungan potasium dan mineral lainnya membantu memulihkan energi sehingga menekan keinginan kita untuk makan makanan manis. Kandungannya juga mengobati baper karena laper karena pisang dan susu membantu mensintesiskan dopamin yaitu hormon yang membuat kita merasa happy. Sering kan kalau pas lagi laper bawaannya marah-marah melulu? Bisa jadi itu karena kadar mineral di tubuh kita yang drop. Konsumsi menu di hari ke-4 ini menjadi landasan untuk masuk tahap ke lima sampai akhir.

Masuk ke hari kelima, tubuh kita sudah mulai bisa menyesuaikan. Di hari ke-4 tanda-tanda seperti badan terasa hangat, mudah berkeringat muncul. Biasanya sudah ada penurunan BB antara 1,5 sampai 2 kg. Nah, di hari kelima ini memang rasanya lebih mudah karena kita mulai bisa mengasup protein berupa daging. Konsumsi air putih yang banyak juga membantu tubuh untuk BAB dengan mudah. Metabolisme tubuh mulai lebih baik di tahap ini.

Hari ke-6 tubuh mulai terbiasa dengan pola makan hari sebelumnya. Perut mulai terasa kempis dan beberapa melaporkan tubuh terasa lebih ringan. Meskipun terasa mudah, tapi karena hari keenam ini bertepatan dengan hari Sabtu banyak yang cheating dengan makan di luar menu yang diharuskan.

Hari ke-7 adalah hari terakhir diet GM. Lucunya pada hari ini, saat konsumsi nasi merah diperbolehkan justru banyak yang merasa kenyang saat melihat nasi, hehehe. Tapi jangan skip sarapan dan makan siang karena ini justru bisa menyebabkan kita makan dalam porsi yang lebih bahkan cheating.

Keluhan yang umum dirasakan saat diet GM antara lain, lemas, sakit kepala, dan mulut terasa kering. Solusinya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Jadi kira-kira apakah diet GM ini efektif untuk menurunkan BB? Dari enam orang, dua di antaranya turun BB sebesar 2,5 kg, yang satu stabil, dan dua orang lagi turun 1,5 kg dan 3 kg. Saya sendiri, lumayan memangkas dua kilo.


Masalahnya adalah, bagaimana selanjutnya, apakah turunnya BB ini akan bertahan? Karena diet GM ini hanya boleh dilakukan sebulan sekali maka pola makan setelah diet GM harus sangat dijaga. Untuk menunggu fase diet GM pada bulan kedua, pola makan yang sehat dan konsumsi air putih tetap harus dijaga. Kalau tidak bisa jadi BB justru akan melonjak naik.

Sisi positifnya, setelah melakukan GM diet, tubuh seperti mulai bisa menyesuaikan dengan pola makan yang lebih sehat, nafsu makan lebih terkendali, dan cenderung makan dengan porsi yang lebih kecil. Manfaatkan momen tersebut untuk berpola makan sehat seperti food combining, clean eating, atau raw food. Baca pandangan Dr. Tan tentang pola makan sehat di sini.



15 comments:

  1. Aah...jadi pengen nyoba diet GM. mbak Nia melayani pesanan juga ya? Mau dong :D

    ReplyDelete
  2. Aku suka ga konsisten nih kalo mau diet. Hri pertama sakses hari selanjutnya mbuh 😅😅

    ReplyDelete
  3. Selamat mbaa. Aku gagal di hr ketiga.. Btw crita doong.. Dr bb brapa ke brapa?

    ReplyDelete
  4. GM itu kepanjangannya apa ya, hihii penasaran. Aku sendiri ikut sarapan sehat herbalife. Nanti kalo sukses langsing mau aku tulis di blog deh

    ReplyDelete
  5. Aku pengen detox nii, biasanya puasa sih..sehat semuanya aamiin..

    ReplyDelete
  6. Pengen nyobain diet GM tp masih menyusui xklusif...sabar deh 2 bln lagi hehhe...

    ReplyDelete
  7. Wahhh ini kayaknya perlu untuk di coba nih .....

    ReplyDelete
  8. aku belum menjalankan pola makan yang sehat mba
    tapi dengan ngebaca ini aku harus banget sekarang menata

    ReplyDelete
  9. Wah aku FC nya masih gak disiplin, bener juga kalau disiplin dan ngikutin aturan diet GM tubuh lebih sehat dan bugar plus segar wajah juga, bener puasa juga detok

    ReplyDelete
  10. Sering nyoba gm, tp gagal djalan wkkkk

    ReplyDelete
  11. Pengen nyoba, udah lama nggak ke kontrol pola makan..untuk ibu menyusui aman ndak mb?

    ReplyDelete
  12. tertarik ikut diet gm. tapi belum siap menghadapi cobaan makan enak :D

    ReplyDelete
  13. Aku pengen FC aja masih majumundur.. 🙈🙈🙈

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...