Thursday, March 23, 2017

Menyusui Sampai Dua Tahun Itu Patut Diperjuangkan


Untuk ibu-ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui si kecil, semangat ya ☺ semua usaha untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil ini sebanding kok dengan hasilnya kelak. 

ASI merupakan nutrisi terbaik untuk si kecil karena komposisinya sangat lengkap mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin sampai mineral. 

Selain itu, laktosa atau karbohidrat utama dalam ASI yang berfungsi sebagai sumber energi untuk otak memiliki kadar dua kali lipat lebih banyak dibandingkan laktosa pada susu sapi atau formula, namun ASI dapat diserap dengan lebih baik oleh bayi karena komposisi ASI memang diciptakan untuk bayi. 

Jadi, berusaha untuk memberikan ASI eksklusif sampai usia enam bulan dilanjutkan dengan MPASI dan menyusui sampai usia dua tahun adalah pilihan terbaik untuk si kecil. 

Kalau ada hal-hal di luar ekspektasi dan semangat jadi kendor, mungkin beberapa poin tentang menyusui di bawah ini bisa bikin semangat menyusui bangkit lagi.

  1. Produksi ASI itu sangat bergantung pada prinsip supply and demand. Jadi semakin sering dikosongkan maka semakin sering dan semakin banyak ASI diproduksi. Kalau ada yang bilang jumlah ASI mengikuti besar-kecilnya wadah penampungan, mungkin orangnya kurang piknik. Abaikan komentar yang OOT dan suka bikin ngga happy, Busui itu harus happy 😀
  2. "Tapi kok, bayiku kayak nggak kenyang-kenyang ya, Mba. Tadi habis nyusu sejam, baru ditaruh sebentar udah minta nyusu lagi." Jawabannya, kalau usia bayi dua minggu ke atas, ada kemungkinan sedang memasuki fase growth sprut atau percepatan pertumbuhan dan karena ukuran lambung bayi itu sangat kecil maka hanya bisa menampung sedikit setiap kali menyusu jadi ya harus sering menyusu. ASI juga sangat mudah diserap dan dicerna sehingga bayi juga cepet laper lagi. Embrace the moment, tugas Ibu di awal-awal ini memang menyusui, hadiahnya happy lihat si bayi yang makin montok. 
  3. "Kalau pas lagi menyusui makan apa ya?" Makan apa saja yang penting halal dan thayib. Nutrisi plusnya banyakin sayur dan buah, plus air putih yang melimpah. 
  4. "Terus kalau tahu-tahu pas kita lagi capee banget karena harus begadang, masih jetlag urus bayi, tiba-tiba ngerasa asi seret gimana?" Ada beberapa Ibu yang mengalami tahap ini, saya juga pernah dan rasanya pengin ada bantuan apa gitu biar merasa pede ASI melimpah. Kalau sudah begini biasanya nyari suplemen yang sealami mungkin kandungannya. Salah satunya ASI Booster Tea  #asiboostertea ini teh herbal yang bisa membantu kita merasa lebih pede lagi. Sambil nyemil makanan kesukaan dan ngeteh cantik #BanjirBeneranMak
  5. Cek Ricek posisi menyusui dan pelekatan. Kalau masih ada keluhan-keluhan lain, coba cek kedua hal di atas. Tanya sama teman yang sudah berpengalaman atau support system di lingkungan terdekat, bisa komunitas, konselor laktasi, dsb. Intinya masuklah dan berusaha ada di tengah lingkungan yang orang-orangnya positif dan mendukung kita NgAsi.
Tentang ASI Booster Tea

Namanya memang teh, tapi sebenarnya ASI Booster Tea ini tidak memiliki kandungan teh dan merupakan suplemen yang mengandung bahan herbal alami seperti: fenugreek seed, fenugreek powder, fennel seeds, fennel powder, anise, malunggay, dan habbatussauda.
 
Suplemen ini dapat meningkatkan produksi ASI hingga 900% dalam waktu 24-72 jam. Sementara ngeteh cantik dengan teh justru ngga disarankan untuk Busui, ngeteh pakai ASI Booster Tea justru direkomendasikan. Karena selain bahan-bahan herbalnya berkualitas, yaitu berasal dari Mediterania dan Asia Selatan, suplemen ini juga halal dan menyehatkan.  as
Jadi 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...