Monday, March 13, 2017

Sudah Bersihkah Hartamu? Launching KalkulatorZakat.com

Sudah kenal kan sama Dompet Dhuafa, organisasi filantropi Islam terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1993? Kalau belum, saya ceritakan sedikit. Dompet Dhuafa ini merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat yang berkhidmat untuk mengangkat harkat dan martabat kaum dhuafa dengan memberdayagunakan dana zakat, infak, sedekah, wakaf, serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok, maupun perusahaan. 

Di Jateng sendiri DD memiliki kantor di Jalan Abdulrahman Saleh 199D Semarang. Kontribusi mereka dalam memberdayakan dana untuk kepentingan umat sudah sangat banyak, seperti membuat layanan kesehatan cuma-cuma, pelayanan masyarakat di bidang pendidikan, kesejehteraan rakyat sampai ekonomi kerakyatan. 

Karena potensi zakat di Indonesia ini sangat besar, namun belum dapat terkumpul dan digunakan secara maksimal, DD membuat sebuah terobosan dengan meluncurkan sebuah landing page yaitu website KalkulatorZakat.com. Selain itu ada juga program One Month One Care. Nah, setelah ini akan saya jelaskan apa itu KalkulatorZakat.com 


Ini adalah sebuah landing page yang khusus membahas seputar zakat, tetapi isinya bukan sekadar informasi belaka tetapi kita juga bisa berzakat melalui website ini. Di sini kita bisa menghitung sendiri penghasilan kita, dari sana akan muncul keterangan apakah kita sudah wajib zakat dan berapa nilai yang harus kita keluarkan.


Bapak Imam Baihaqi selaku Pimpinan Cabang DD Jateng mengatakan bahwa salah satu alasan diluncurkannya website ini agar kesadaran umat muslim untuk membayar zakat semakin meningkat dan juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membayarkan zakatnya. 

Sudah tahu kan bedanya zakat, infak, wakaf, dan sedekah? 


  1. Zakat : mengeluarkan 2,5 % dari harta yang kita miliki sesuai ketentuan nisab harta dan penghasilan serta hukumnya wajib. 
  2. Infak : mengeluarkan 2,5 % atau berapa pun yang kita inginkan walaupun penghasilan atau harta kita belum sampai nisabnya. Hukumnya sunnah.
Baca selengkapnya di website KalkulatorZakat.com Selain itu di website tersebut penghasilan kita dapat dihitung zakatnya sesuai dengan nisabnya atau setelah dikurangi dengan jumlah atau nilai harta untuk kebutuhan pokok sandang pangan dan papan. Website ini sangat memudahkan kita untuk mengetahui nilai zakat yang harus dikeluarkan sekaligus menyalurkan dananya dengan tepat. 


One Month One Care
Lalu bagaimana jika kita ingin berinfak atau bersedekah. Apakah DD juga memiliki sarana yang tepat untuk menyalurkan dana kita? Tentu saja karena selain program DD pada umumnya ada juga program One Month One Care  yang diperuntukkan bagi individu maupun kelompok untuk menyalurkan dana infak dan sedekahnya. 

Gerakan ini mengajak masyarakat untuk peduli kepada sesama dengan cara melakukan donasi setiap bulannya. Hasilnya akan dihimpun untuk disalurkan melalui program-program yang dimiliki DD Jateng.  
Kopi.Kemloko dan Keripik Pisamg Rowosari

Foto di atas adalah salah satu contoh program DD Jateng untuk mengangkat ekonomi kerakyatan berbasis UMKM. Tertarik untuk bergabung. Klik link di bawah ini 

Akhir kata, kita harus selalu ingat bahwa ada hak orang lain di dalam harta kita. Oleh karena itu jika harta  kita belum bersih maka harus dikeluarkan zakatnya. Zakat berfungsi untuk mensucikan dan membersihkan harta, sehingga jiwa tenteram setelah menunaikannya.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya do`a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. At-Taubah:103)

8 comments:

  1. Insya Allah mbak.. Semoga selalu istiqomah dlaam berzakat.. Amiin

    ReplyDelete
  2. tenang yaa mb kalau pake harta sudah dizakatkan itu :) mudah lagi cara bayarnya skrg, bisa online :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak.. aku jadi tahu tentang kalkulator zakat ini...

    ReplyDelete
  4. InsyaAllah nggak akan pernah lupa bayar zakat maupun infak. Apalagi sekarang ada kalkulator zakat, jadi makin mudah bayar zakat

    ReplyDelete
  5. Senang ya udah ada web yang bantuin masyarakat menghitung zakat dengan benar. Banyak membantu ini ya

    ReplyDelete
  6. Rutin zakat dan infaq, hidup lebih tenang, aamiin

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah semuanya udh mbak..memang mereka berhak atas harta kita yaitu org2 yg krg beruntun.tts mb

    ReplyDelete
  8. Dulu aku pernah jadi amil zakat, kemana2 bawa buku kecil yg isinya panduan zakat dan kalkulator zakat. Sekarang mah enak ya, berkat website ini bs hitung zakat dg mudah, tggl bekal gadget dan wifi 😊
    Smg kita istiqomah menunaikan kewajiban, aamiin..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...