Wednesday, March 29, 2017

Weekend Tanpa Mall Bersama Komunitas Orangtualogy


Buibu, pernah ngga merasa bingung dengan aktivitas bersama keluarga saat akhir pekan atau long weekend

Sering kan ya, karena ngga ada rencana bepergian kemana-mana eh, setelah bosen di rumah ujung-ujungnya main ke mall juga. Atau di rumah aja, tapi minim interaksi. Masing-masing sibuk sendiri dengan kegiatan atau gawainya. Tahu-tahu liburan sudah berakhir begitu saja tanpa ada momen kebersamaan yang bisa ditabung untuk masa depan. 



Ditabung? Iya, momen kebersamaan itu salah bentuk investasi untuk perekat keluarga lhoo. Mengumpulkan momen kebersamaan ini penting banget untuk menciptakan perasaan terikat antar anggota keluarga. Saat kita mengumpulkan momen demi momen, ingatan akan kebersamaan dengan keluarga akan memengaruhi kualitas hubungan saat ini maupun di masa depan. Contohnya nih, kalau sejak kecil kita sering mengajak anak-anak turut serta dalam suatu kegiatan yang menyenangkan maka ketika besar mereka akan merindukan momen tersebut. Kerinduan akan momen bersama keluarga bisa menjadi penyeimbang yang baik bagi anak usia remaja yang umumnya lebih tertarik untuk berinteraksi dengan peer groupnya. 

Menjawab fenomena tersebut, Komunitas Orangtualogy Semarang mengadakan acara Playdate untuk para member dan orangtua lainnya secara rutin. Salah satunya pada hari Minggu 26 Maret 2017 kemarin. Bertempat di Balemong Resort Ungaran, komunitas ini mengajak peserta anak-anak untuk merasakan bagaimana menjadi seorang petani dan peternak bebek, sementara itu para orangtua bisa melakukan tour de hotel atau sesi sharing parenting. Beberapa orangtua yang sedang menunggu anak-anaknya bermain bisa saling berbagi kisah parenting. Kemarin sesi sharing membahas tentang komunikasi efektif menggunakan i-message. 

Selama setengah hari, anak-anak diajak untuk menanam padi dan angon bebek. Lihat deh, foto-foto di bawah. Rasanya ikut bahagia bisa memberi kesempatan pada anak-anak untuk bermain dengan lepas di alam. Membiarkan baju dan badan mereka kotor kena lumpur, tertawa lepas, dan mendapatkan pengalaman baru. Sebuah pengalaman yang nggak akan didapatkan jika kita memutuskan bahwa mall satu-satunya tempat hiburan bagi keluarga. Apalagi kalau hanya mengandalkan gawai. 

Mengumpulkan momen kebersamaan ini adalah bagian dari membangun kualitas hubungan karena sebuah kualitas nggak akan tercapai tanpa kuantitas interaksi yang cukup. 

Yuuk, mulai sekarang sisihkan waktu untuk menabung momen kebersamaan dengan keluarga. 




Testimoni Peserta:
Salam kenal, saya dan keluarga baru pertama kali ikutan acara playdate OLC. Itupun tanpa sengaja kita ikut acara ini. Acaranya seru walaupun hujan tapi tidak mengurangi keceriaan peserta. Sambil menjaga si kecil yg lagi tidur, saya menyimak diskusi parenting dari mba nia tentang i-message & u-message. Diskusinya bagus buat instropeksi diri saya hehe, ternyata tanpa sadar selama ini saya sering berkomunikasi di keluarga dengan cara u-message (menunjuk/menyalahkan pihak lain trutama ke anak/suami) 🙈🙈 Semoga saya bisa berkomunikasi lebih baik dengan cara i-message (mengutarakan keinginan diri) Terima kasih atas sharing & keceriaannya. Ditunggu acara2-acara berikutnya (Ratih Sukma Arum)

6 comments:

  1. Seru mbak.. Kapan2 mau ikut acara OLC lagi aah :)

    ReplyDelete
  2. Iyaa Mbaa...seneng bgt liat anak2 nyebur ke sawah dan ngejar2 bebek 😂

    ReplyDelete
  3. pengen ikutan kalo udah punya anak nantinya hhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mbaa...eh masih lajang atau belum punya anak juga boleh ikutan lhoo, kmrn ada tour de hotel juga buat yg datengnya sendiri atau cuma sama pasangan

      Delete
  4. wah menarik banget neh mbak, apakah mereka punya website untuk cek kgiatannya?

    ReplyDelete
  5. Sementara ini bisa diintip di instagram @komunitasorangtualogy Mba

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...