Monday, May 22, 2017

'I Love Monday' Tren Millienial Di Kantor JNE

Zaman masih ngantor, kalau weekend berakhir dan ketemu hari Senin itu rasanya nano-nano banget. Rasanya masih pengin mager pake daster atau kaos rumahan sambil gogoleran baca buku. Sampai kadang suka mikir, kayaknya jangan tidur di Minggu malem deh, biar nggak tahu-tahu pas bangun udah Senin pagi 😂. 

Belum lagi malem Senin itu identik dengan menyiapkan kostum ngantor selama seminggu. Nyetrika blazer, bawahan, kemeja, dan jilbab jadi semacam rutinitas Minggu malem. 

Meski hitungannya nggak ada seragam khusus pas ngantor, tapi ada beberapa dress code yang harus dipatuhi selama bekerja, misalnya mengenakan blazer dengan dalaman putih pada hari Senin dan Batik pada hari Jumat. Kadang kalau pas kehabisan ide suka pengin pakai seragam yang memang sudah ditentukan sama kantor, kayaknya praktis nggak perlu mikir mau pakai baju apa untuk hari kerja besok. 

Nah, beda dengan di kantor tempat saya bekerha dulu, beda lagi sama JNE. Tahu JNE kan? Kalau nggak tahu, rasanya kok kebangetan yak. Masa rumahya nggak pernah disamperin Babang Kurir yang hobi bilang "Pakeet!" 

JNE ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perindustrian, logistik, dan pengiriman kilat. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1990an dan sampai saat ini sudah memiliki karyawan sebanyak 40ribuan dengan rentang usia 20-35 tahun. Rentang usia tersebut bisa dikatakan masuk ke kategori generasi millenial. Karena itu JNE kemudian menerapkan program yang dinamakan "I Love Monday" 


Mengenai program tersebut, Presiden Direktur JNE M. Feriadi mengatakan, “Mulai bulan April 2017, setiap hari Senin karyawan back office bebas mengenakan pakaian casual dan mengekspresikan karakter diri masing-masing dalam penampilannya, tentunya tetap dalam etika maupun norma perusahaan. Hal ini menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menambah keceriaan suasana kantor dan kenyamanan dalam aktifitas bekerja, terutama di hari Senin. Saat ini diawali dengan penerapan bagi karyawan di kantor pusat, selanjutnya casual dress code setiap hari Senin akan dijalankan juga oleh karyawan back officeJNE di seluruh Indonesia”.



Bukan hanya program I love Monday saja yang di terapkan. Tren millennial pun ternyata turut mengubah kebiasaan dalam aktivitas pengiriman paket. 5 sampai 10 tahun yang lalu, pengiriman JNE didominasi oleh pengiriman paket pribadi. Saat ini aktivitas pengiriman paket telah mengikuti perkembangan e-commerce.

Oleh karena itu JNE pun berinovasi dalam pengembangan jasa layanan maupun program serta acara untuk lebih mempertahankan kepercayaan yang memang sudah tinggi dari konsumen.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman ekspres dan logistik, partisipasi JNE tak hanya berkaitan dengan hal-hal yang terkait dengan perekonomian saja. Perkembangan teknologi telah membuka peluang bagi setiap generasi untuk melakukan aktivitas pengiriman paket yang semakin mudah dengan adanya internet. Dalam hal ini  JNE pun telah mempunyai peran di bidang lain seperti olahraga, pendidikan, sosial, budaya, dan sebagainya.

Perubahan dan perkembangan saat ini memang menuntut kreativitas dan inovasi dalam berkarya. Jika sebuah perusahaan memlilih untuk bertahan dengan budaya dan karya yang statis, maka ketertinggalan akan semakin nyata di depan mata. Padahal inovasi dan pengembangan kreativitas tak hanya dilakukan untuk hal-hal yang besar saja. Hal-hal kecil seperti menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan ceria sudah cukup membuat perubahan besar dalam diri masing-masing karyawan.

Antusiasme karyawan sangat tinggi dalam program “I Love Monday” di JNE sehingga karyawan di cabang pun meminta pemberlakukan casual dress code setiap hari Senin di seluruh Indonesia. Beberapa orang karyawan sampai membeli baju baru supaya dalam mengekspresikan karakter personal makin maksimal dalam penampilannya di awal pekan. Ketika kepercayaan diri bertambah ternyata akan menstimulasi kreativitas yang berdampak pada peningkatan produktivitas dan performa berkinerja. 

Wah, kalau dengan pergantian cara berpakaian saja bisa meningkatkan produktivitas rasanya cara itu bisa diterapkan juga ya, di perusahaan-perusahaan lain. Sukses dengan inovasi barunya ya, JNE. Semoga produktivitas karyawan yang makin baik juga membuat pelayanannya makin sip. 

7 comments:

  1. Semoga dengan program I Love Monday ini karyawan2 JNE makin seger dan penuh semangat saat harus berangkat kerja di hari Senin.

    ReplyDelete
  2. Aku dulu juga mikir gitu mba, nikmati hari Minggu sepuasnya. Jadi kalo udah malam Senin, hati nggak bakal galau memgingat paginya mesti kerja, hahahaa

    ReplyDelete
  3. Andaikan bisa pake casual outfit saat ngajar..aku pake celana jeans deh pasti. Tapi mana mungkiinn

    ReplyDelete
  4. Aku mah tiap ngantor casual outfit, kalau rapi nanti malah budir bilang rapi amat 😁

    ReplyDelete
  5. semangat terus yang mau brngkat kerja .. baik hari senin maupun hari yg lainnya

    ReplyDelete
  6. Asyik ya kalau kerja pakaiannya bebas hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...