Wednesday, June 14, 2017

Memilih Busana Dan Hijab Yang Tepat Untuk Hari Raya Idul Fitri


Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat, ya. Biasanya tanggal-tanggal seperti sekarang ini kita sudah mulai bersiap-siap untuk menyambutnya.

Ada yang sudah mulai mengajukan cuti untuk mudik, berburu tiket pulang ke kampung halaman, menyiapkan daftar menu untuk sajian Idul Fitri, bersih-bersih rumah, sampai yang juga nggak kalah penting adalah menyiapkan busana untuk dikenakan di Hari Raya Idul Fitri. 

Sebagian besar orang, secara simbolis membeli pakaian spesial untuk hari istimewa tersebut sebagai penanda terlahirnya kembali jiwa yang bersih dan baru. Memang sih, beli baju baru itu hukumnya nggak wajib juga. Kalau masih punya baju tahun lalu yang masih bersih dan layak pakai juga boleh kok dikenakan saat Idul Fitri. Yang lebih penting adalah bagaimana mengenakan busana yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas pada hari itu. 

Biasanya, saat Idul Fitri kita mengenakan busana untuk dipakai dalam beberapa aktivitas sekaligus. Pertama untuk shalat Ied, kemudian untuk bersilaturahmi, dan nggak ketinggalan juga untuk acara makan-makannya. 

Nah, mungkin sebagian dari kita ada yang memakai busana yang berbeda untuk setiap aktivitas yang berbeda. Misalkan saat shalat Ied mengenakan Kaftan, sebelum pergi bersilaturahmi mengenakan Gamis atau Maxi Dress, dan saat makan-makan mengenakan Tunik plus Outer berupa Long Cardi

Tapi ada juga kan yang memilih satu jenis busana saja untuk semua aktivitas di Hari Raya tersebut. Pertimbangannya bisa jadi karena alasan kepraktisan dan nggak mau ribet. Kalau seperti itu, kita juga harus pintar-pintar memilih serta memadupadankan pakaian yang dikenakan. 

Berikut ini tips memilih busana wanita yang tepat untuk Hari Raya Idul Fitri. 

Busana Untuk Busui Atau Ibu Dengan Anak Balita.

Kalau kamu seorang Ibu dengan anak Balita atau masih menyusui, pilihlah busana yang berpotongan simpel. Busana yang busui friendly jauh lebih praktis, atau setidaknya pilihlah yang memiliki bukaan di bagian depan. 

Potongan yang simpel memberi keleluasaan bergerak dan beraktivitas bersama si kecil. Kancing depan juga memudahkan apabila si kecil hendak menyusui. (Image from : Zalora)

Pakaian berwarna gelap dengan paduan warna ombre seperti ini bisa menjadi statement yang memberikan kesan clean namun tetap menawan. Nggak perlu detail yang terlalu ramai, namun berkesan istimewa. (Image from : Zalora)

Usahakan untuk menghindari pakaian yang mempunyai detail busana yang terlalu ramai seperti berpayet, memakai bahan brokat atau bahan lace serta organdi yang kurang menyerap keringat. Sebaiknya gunakan busana berbahan katun yang adem dan menyerap keringat. 

Kalau kamu suka tone warna-warna cerah yang memikat mata. Gamis bermotif etnik ini bisa jadi pilihan untuk busana Idul Fitri. Padukan dengan jilbab polos berwarna netral untuk meredam kesan ramai. 

Sebaliknya kalau kamu suka warna pastel yang lembut. Pilihlah busana bermotif dengan warna dasar pastel, namun motifnya memiliki warna yang lebih gelap. Kain berwarna pastel juga mudah terlihat kotor saat kena noda, tapi karena motifnya lebih gelap jadi bisa tersamarkan. 


Jangan terpaku hanya pada warna polos dan putih. Baju bermotif juga bisa menjadi alternatif pilihan karena bisa menyamarkan noda. Ini untuk mengantisipasi seandainya Si Kecil mengelapkan tangan kotornya ke baju kita, atau ada noda ASI yang rembes. 

Kenakan jilbab yang praktis. Kalau kamu Busui atau Ibu dengan Balita pasti malas dong pagi-pagi harus melilit-lilit kain hijab dan menggunakan banyak jarum pentul. Dari jauh-jauh hari, coba pelajari tutorial hijab yang praktis untuk Idul Fitri. Atau kalau mau lebih mudah kenakan saja Pashmina Instan. 

Busana Yang Cocok Untuk Segala Situasi. 

Habis shalat ied tapi malas berganti pakaian untuk pergi bersilaturahmi sekaligus makan-makan. Solusinya, kenakan busana yang siap dipakai seharian. Perhatikan jenis bahannya, apakah menyerap keringat atau tidak. 

Warna gelap nggak selalu identik dengan kesan oldies. Padankan saja dengan hijab berwarna cerah agar wajah terlihat cling. Justru warna gelapnya bisa menyamarkan noda keringat jadi aman dipakai seharian. (Image : Zalora)

Detail Bordir pada bagian bawah baju dan tangan menambah cantik two pieces dress berwarna gelap ini. Selain potongannya simpel kesannya juga elegan.

Gunakan model yang loose atau longgar bisa juga memilih two pieces dress dengan warna-warna matang. Agar tidak terkesan membosankan atau terlalu polos padukan dengan aksesoris yang mudah dilepas atau kenakan pakaian dengan detail yang menarik, seperti detail bordiran atau sabuk tali dengan tassel

Padukan dengan model hijab yang nggak mudah kusut atau melorot. Nggak mau kan pergi seharian dan bagian atas rambutmu nongol-nongol. Tipsnya adalah kenakan ciput ninja antem yang ukurannya pas dengan bentuk kepala. Pilih bahan kain hijab yang lentur atau strechy agar tetap rapi sepanjang hari. 

Masih kebingungan mau mengenakan busana seperti apa saat Idul Fitri nanti, coba deh, window shopping ke sini pasti langsung terinspirasi dengan model-model pakaian berpotongan gamis yang kekinian. 



Selain pakaian berpotongan gamis, outer-outer yang lagi in saat ini juga bisa diintip di Zalora lho. Selamat window shopping, ya. 









1 comment:

  1. Wah bnyak pilihannya untuk yg cowok tmbah bnyak jg ya, kunbal y

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...