Tuesday, June 6, 2017

Minuman Segar Untuk Buka Puasa A la Food Combining


Beberapa kali pernah ditanya, kalau food combining, pas puasa gini buka puasanya pakai apa? 

Buka puasa dengan pola food combining itu simpel sebenernya. Pertama minum air putih dulu, setelah itu baru makan buah potong atau jus buah. 
Green Smoothies







Sebelum makan berat beri jeda waktu minimal 30 menitan. Bisa sholat dulu, dll. Setelahnya baru deh, makan dengan menu sesuai juklak food combining hari tersebut. Kalau menunya sayuran dan protein nabati, boleh dong dimakan bareng nasi. Tapi kalau menunya protein hewani, karbonya di-skip diganti sayur. 
Ada juga yang bertanya: "Pernah nggak merasa bosan berbukanya pakai buah, jus atau smoothies melulu?" 

Sebenernya sih, nggak pernah bosen karena kreasi smoothies dan jus itu bisa beragam banget. Tapi terkadang rasa bosan bisa terjadi apabila menu sahur yang juga buah, sama dengan menu berbukanya. Jadi variasi itu penting. 

"Nah, terus gimana kalau pengin minuman manis yang seger kayak es campur, es kelapa, es buah dll?" 

Jawabannya boleh banget, asal memperhatikan zat tambahan dari minuman tersebut. Misalnya kalau es buahnya diberi tambahan susu kental manis, FC-nya jadi bubar jalan, deh. Atau misalkan jus buah yang memakai tambahan sirup dan gula cair itu juga bisa 'membatalkan" food combining yang sedang dijalani. 

Nah, buat menyiasati kebosanan, saya bakal berbagi beberapa resep minuman segar untuk buka puasa a la food combining

Minuman ini bisa dibuat dari bahan alami seperti buah dan beberapa jenis herba, syaratnya skip tambahan pemanis seperti sirup, gula, dan susu. Seandainya ingin memakai pemanis selain dari rasa buahnya itu sendiri, bisa menggunakan madu, maple syrup, dan daun stevia. Untuk FC garis keras penambahan pemanis seperti madu atau maple syrup sebenarnya tidak disarankan. Tapi sesekali boleh, kok. 

Resep pertama yang akan saya bagi adalah : Es Blewah Rumput Laut. 

Ini nih, bahan-bahannya. 

Dan ini penampakannya setelah jadi.

Bahannya : 
  • Setengah buah blewah
  • Air kelapa dari satu buah kelapa dan daging buahnya. 
  • Rumput laut
  • Maple Syrup
  • Daun Mint. 

Cara membuatnya: 
Pertama kita serut blewah dengan serutan. Supaya aroma blewahnya nggak hilang, bagian biji dan serat-serat di tengahnya jangan dibuang, tetapi dijadikan air rendaman terlebih dahulu. Caranya, diamkan air putih bersama bagian biji dan serat-serat buah blewah di dalam kulkas kemudian saring ketika akan digunakan. 

Campurkan serutan blewah dengan air blewah, tambahkan air kelapa, daging buah kelapa, dan potongan rumput laut. Sampai di sini sebenarnya minuman ini sudah bercita rasa manis alami dari air kelapa, tapi kalau merasa kurang bisa ditambahkan satu sendok makan maple syrup. 

Aduk semua bahan, diamkan dalan lemari es sampai saat dihidangkannya tiba. 

Resep yang kedua adalah : Es Telang Blewah

Bahannya: 
  • Air seduhan bunga telang
  • Air rendaman biji dan serta blewah
  • Rumput laut
  • Madu 
  • Blewah dan melon yang dibentuk membulat. 
  • Air jeruk nipis.

Cara membuatnya: 
Campurkan seduhan bunga telang dengan madu, sisihkan. Bentuk bulat blewah dan melon, rendam dalam air rendaman blewah. Campurkan dengan air seduhan bunga telang. Kucuri jeruk nipis hingga warnanya berubah keungguan, masukkan potongan rumput laut. Voila! Simple banget kan. 


Selain menggunakan bahan dari buah-buahan, bahan dari sayuran pun bisa lho digunakan untuk membuat minuman. Misalnya membuat jelly drink dari Okra. Caranya pun sederhana, cukup dengan memotong-motong okra, tuang air dan tambahkan beberapa helai daun mint seperti membuat infused water lalu biarkan semalaman di dalam kulkas. Keesokan harinya kita akan mendapatkan minuman bertekstur jeli cair yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. 

Alternatif lain selain potongan buah atau nata de coco, bisa juga digunakan daging daun lidah buaya, kolang-kaling atau siwalan, dan cincau hijau yang asli dibuat dari daun cincau. Alternatif lainnya, bisa juga menambahkan biji selasih atau chia seed untuk tekstur minuman yang unik di lidah. Penambahan herba seperti daun mint juga bisa memperkaya rasa dan aroma dari minuman tersebut. Jadi nggak bosen, deh. 

Nah, itu tadi beberapa resep minuman segar untuk buka puasa a la food combining. Penasaran rasanya kayak apa? Uji coba resepnya dong, di dapur. Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...