Tuesday, July 18, 2017

Saat Travelling Kamu Termasuk Introvert, Ekstrovert, atau Ambivert?


Pernah dengar kutipan di bawah ini? "People were created to be loved. Things were created to be used. The reason why the world is in chaos is because things are being loved and people are being used."

Hal yang sama juga bisa berlaku buat aktivitas travelling lho. Perjalanan kita bisa berubah chaotic cuma gara-gara kita salah menempatkan posisi antara orang yang menemani perjalanan dan benda wajib yang mesti kita bawa untuk menemani travelling kita. 

Kira-kira pas traveling lebih penting yang mana; apakah teman seperjalanan atau barang bawaan yang wajib dibawa? 

Arisan blog bareng Komunitas Gandjel Rel Semarang periode 6 kali ini punya bahasan tema yang hampir sama, yaitu siapakah orang yang paling ingin kamu ajak bepergian atau travelling. Tema ini merupakan hasil rembukan dari dua blogger Gandjel Rel, yaitu Mba Winda dan Dwi Septia

Sebelum membahas lebih jauh soal siapa orang yang paling ingin saya ajak travelling, mau membahas sedikit tentang kutipan di atas dulu ya. 

Seandainya kamu punya kesempatan untuk melakukan sebuah perjalanan dan kamu harus memilih antara buku dan seorang teman untuk menemani perjalananmu, kira-kira kamu akan pilih yang mana? 

Jangan bilang tergantung, ya. Biar ada bayangan tentang dua pilihan tadi anggap saja keduanya sama-sama asing buat kamu. Sebuah buku yang belum pernah kamu baca dan seorang teman yang baru kamu kenal namanya saja. 

Sudah bisa memutuskan akan memilih buku atau teman baru? Kalau sudah, yuk sedikit menelaah arti dari pilihanmu tadi.

Introvert Travelers


Yang memilih buku sebagai teman perjalanan, kamu termasuk pribadi yang introvert dan menyukai kesendirian. 

Buatmu percakapan antara kamu dan pikiranmu sendiri di tengah-tengah sebuah perjalanan terasa jauh lebih menarik ketimbang mengobrol dengan orang lain yang belum kamu kenal. Kamu juga termasuk pribadi yang mandiri dan berani keluar dari zona nyaman. 

Orang yang suka bepergian seorang diri sebenarnya termasuk perencana yang baik dan memiliki kepercayaan diri yang stabil.

Ekstrovert Travelers


Sementara kamu yang memilih teman selama perjalanan, kamu termasuk pribadi ekstrovert yang menyukai petualangan, mudah beradaptasi, dan fleksibel. Kamu bisa menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi sewaktu-waktu. 

Nah, terus kalau kamu memilih keduanya kira-kira artinya apa dong?

Ambivert Travelers


Secara karakter bisa jadi kamu termasuk ambivert yaitu orang introvert yang suka bersosialisasi, namun tidak terlalu mengandalkan sosialisasi atau orang lain untuk memenuhi kebutuhan pribadi. 

Karakter ambivert biasanya bisa menyendiri selama berjam-jam sekaligus tetap menikmati obrolan atau kebersamaan dengan orang lain. Tapi individu ambivert juga sangat membutuhkan kesendirian dan terhubung dengan diri sendiri secara intens. 

Tiga karakter individu tadi akan sangat terlihat ketika sedang berada dalam perjalanan. Beberapa orang lebih suka bepergian sendirian ditemani buku-buku panduan dan peta, sebagian lebih suka bepergian dalam kelompok dan mengandalkan satu sama lain, atau ada juga yang bepergian bersama tetapi membutuhkan waktu untuk mengekaplorasi tempat atau dirinya sendiri seorang diri. 

Yang manapun kamu, kembali lagi ke kutipan di atas jangan sampai tertukar ya. Di perjalanan apapun, baik itu perjalanan kehidupan atau travelling jangan suka kebalik lebih mencintai kebendaan ketimbang mencintai manusia dan memanusiakannya. 

Jadi siapa orang yang paling pingin kamu ajak travelling? Kalau pakai urutan, orang yang paling ingin saya ajak traveling bareng adalah : 
1. Suami
2. Anak-Anak
3. Adik 
4. Ibu 
5. Sahabat
6. Completely Stranger. 

Kalau kamu?


14 comments:

  1. Aku tipe yg ambivert sih, tidak terlalu mau merepotkn wlpun harus bersosialisasi, kunbal y

    ReplyDelete
  2. Suami nomer satu pasti, seterusnya bebas sih yg penting asik diajakin jalan bareng

    ReplyDelete
  3. Kayanya aku ambivert deh and i will take my husband and kiddos to travel with me

    ReplyDelete
  4. Ibu, saudara kandung, sahabat dan teman dekat hahahha #tutupmuka
    Aku ambivert, tapi kalo baru kenal dan ketemu dikiranya aku introvert :-D

    ReplyDelete
  5. Aku ambivert tapi lebih dominan ke introvert :D buku atau film lebih asik dinikmati daripada ngbrol sama orang yang ga enak diajak ngobrol :p... yang paling pengen diajak traveling? Mas partner dong (lbh seneng sebut partner bukan pacar) hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku lbh ke ekstrovert kayaknya deh Nia. Ga bisa diem sendirian klo pergi kemana2, kuduuuu ada temennya 😀

    ReplyDelete
  7. Aku kudu ada temannya selain suami keluarga juga boleh 😊

    ReplyDelete
  8. Kayaknya aku ambivert deh. hihi.
    pengen juga nih traveling sama keluarga.. tapi ibuku malas pergi-pergi sedangkan bapakku sukanya jengjeng. yawes pergi sama suami aja *eh ((kidding))

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk yang ambivert, tapi kadang juga ekstrovert. Kadang lebih suka jalan sendiri, tapi kadang bisa juga traveling bersama orang lain. Mbingungi ya..hehe

    ReplyDelete
  10. Aku kayae yg Ambivert mb, kalau lg di perjalanan suamiku pendiem og, ngomong seperlunya..akhirnya aku baca buku atau malah tidur :D

    ReplyDelete
  11. Aku kayae yg Ambivert mb, kalau lg di perjalanan suamiku pendiem og, ngomong seperlunya..akhirnya aku baca buku atau malah tidur :D

    ReplyDelete
  12. Aku apa yaaa kayaknya antara ekstrovert sama ambivert deh.

    ReplyDelete
  13. Menarik banget nih, traveling dan hubungannya sama karakter. Kalau aku kombinasi aja deh, tergantung perginya kemana dan ngapain :) Makasi Mbak Nia sudah menulis ini.

    ReplyDelete
  14. terimakasih atas informasinya.. dan jangan lupa kunjungi link kami
    di https://goo.gl/NKFR5f

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...