Friday, August 18, 2017

Mie Ayam Terenak Di Daerah Semarang Bawah (Part 1)


Sebagai penggemar makanan berbahan dasar mie, berburu kuliner mie ayam enak di Semarang itu jadi sebuah tantangan tersendiri. Sedikit berbeda ketika sedang berada di Bandung, dimana mie ayam enak itu pabalatak* (read: tersebar di mana-mana) bahkan di komplek-komplek perumahan pun bisa ditemukan Mamang Penjual Mie Ayam yang rasanya tersohor sampai ke daerah lain. 

Di Semarang, menurut saya agak susah menemukan kuliner mie ayam yang maknyus-nya begitu tersohor. Kalau pun ada, lokasinya menyebar di beberapa titik. Dan biasanya nggak sebanyak di Bandung. 

Kelebihan berburu kuliner mie ayam di Semarang adalah kita bisa fokus karena jumlahnya memang nggak terlalu banyak. Dan karena lokasinya tersebar, berburunya bisa sekalian jalan-jalan. 

Setelah blusukan ke beberapa tempat. Ini nih, beberapa daftar Mie Ayam Terenak Di Daerah Semarang bawah.

1. Mie Ayam Srikandi. 

Bakul Mie Ayam Srikandi ini awalnya berlokasi di daerah Sisingamangaraja kemudian pindah ke daerah Lamper Tengah Raya No. 614. Pertama kali mencoba mie ayam ini sekitar tahun 2006-an. Iya, udah lama banget kan. Konon sih, Mie Ayam Srikandi ini memang legendaris. Makanya saat tahun 2017_berarti 11 tahun kemudian_masih bertahan jualannya dan rasanya pun masih selezat waktu saya mencicipi pertama kali.

Soal rasa, mie ayam ini memiliki kuah kaldu yang lebih pekat dan potongan ayam yang lumayan besar. Harga mie ayam di sini mulai dari Rp. 15.000 saja. Kuahnya yang mantap dan mienya yang kenyal menjadikan pengalaman makan mie di sini sangat memuaskan sekaligus mengenyangkan. 

Mie Ayam Srikandi Yang Legendaris

2. Mie Ayam Jakarta Samping Multindo.

Kalian yang penggemar mie ayam a la Jakarta wajib mencoba warung mie ayam yang ada di Jalan Pandanaran ini. Tepatnya sih, di jalan samping seberangnya Multindo. 

Mie yang disajikan di sini berbentuk pipih, kuahnya termasuk yang ringan dan agak bening. Meskipun terkesan ringan, tapi perpaduan rasa yang tercipta dari kuah kaldu, mie, serta baksonya bikin nagih. Selain pakai bakso, kalian juga bisa memilih menggunakan pangsit goreng atau rebus sebagai pelengkap. Harga per porsinya mulai dari Rp. 8000,- saja. 

Mie Ayam Jakarta Seberang Multindo.

3. Mie Ayam Jhony

Pertama kali menemukan warung mie ayam ini karena ketidaksengajaan. Suatu hari ketika saya melintas di daerah Pierre Tendean, ada sebuah warung kecil yang dipadati pembeli. Kepo dong, warung itu jualan apa. Saya pun melipir turun dan mendatangi warung tersebut yang ternyata menjual mie ayam. Waktu lihat gerobaknya, aura enaknya langsung kerasa. Apalagi melihat gulungan mie yang kayaknya alami gitu. Langsung deh, nyari tempat duduk dan memesan seporsi mie ayam yang siang itu tinggal tersisa untuk tiga orang saja.  

Bener dong, ternyata rasanya maknyus. Kuahnya berwarna coklat kekuningan, agak manis. Mienya memang buatan rumah, kenyal dan gurihnya juga pas. Pelengkap seperti baksonya juga tergolong enak. 

Sejak itu Mie Ayam Jhony ini jadi langganan. Selain karena rasanya yang enak, harganya juga terjangkau. Nggak sampai 10.000 untuk seporsi mie ayam biasa dan teh hangat. Kalau penasaran, coba aja ke daearah Tendean, nggak jauh dari LIA Tendean yang lama kalian bakalan menemukan warung mie ayam ini. 



4. Mie Ayam Rumput.

Pertama kali denger namanya agak sangsi kalau mie ayam ini bakalan sesuai ekspektasi. Ternyata pas sudah nyicipin seporsi jadi pingin tambah lagi gitu karena porsinya agak kecil tapi rasanya maknyuss banget. 

Disebut mie rumput karena warnanya hijau. Kuah pelengkapnya berwarna kuning dan agak berminyak. Pelengkap seperti bakso dan pangsit gorengnya semakin menambah kelezatan mie ayam ini. 

Kalau mau mencoba, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke daerah Pasar Bulu, lalu beloklah ke Jalan Suyudono tempat warung mie ayam ini berada. Buat kamu yang berpuasa Senin-Kamis bisa berbuka gratis dengan mie ayam di sini. 



Pemburuan mie ayam terenak di daerah Semarang bawah ini belum berakhir, lho. Daftarnya mungkin saja akan bertambah. Kalau kalian punya masukan atau pengalaman tentang itu, silakan berbagi di komen, ya. 

9 comments:

  1. Mi ayam rumput unik, belum pernh coba

    ReplyDelete
  2. wah bisa dicoba nih mie ayamnya..
    kalau ke semarang bisa kesana nih

    ReplyDelete
  3. Menurutku mi ayam enak itu yg gerobaknya biru hahah

    ReplyDelete
  4. Kalo dari penampakan yg johny kayaknya maknyus

    ReplyDelete
  5. Kesukaan aku tetap mie ayam pak Djo depan rumah susun Pekunden & mie ayam di bakmie 99 Tlogosari :)

    ReplyDelete
  6. Di dekat rumahku Sendang Mulyo, ada mie ayam enak juga. Mie ayam Sadam namanya.

    ReplyDelete
  7. Wahhh satupun blom nyobain akuhh

    ReplyDelete
  8. By the time i type this comment i am eating mie ayam too hahahha.... Eh aku penasaran ama mie ayam rumput

    ReplyDelete
  9. BAru mie ayam rumput yang udah pernah nyoba, lumayan lah rasanya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...