Friday, September 22, 2017

Aplikasi Yang Mendukungku Ngeblog dari Ponsel


Banyak yang suka nggak percaya kalau beberapa tulisan di blog ini adalah hasil ngetik menggunakan ponsel. Malahan pernah saat ada lomba blog bertema travel yang tengat waktunya mepet banget juga saya kerjakan pakai ponsel ini. 

Ada beberapa pertimbangan kenapa saya memilih mengunggah tulisan ke blog via ponsel. 

Sebagian besar ide-ide tulisan atau penggalan kalimat lebih sering saya tulis di aplikasi notes yang ada di ponsel. Setiap kali terlintas suatu ide atau ada kata-kata yang harus saya catat, paling gampang memang buka ponsel. Jadi rasanya lebih praktis mindah-mindahnya kalau nulis versi panjangnya juga pakai ponsel.

Dulu saya notebook mania, kemana-mana bawa buku notes, terus nanti kalau ada ide langsung coret-coret di kertas. Saat mau mindah baru buka laptop, dan mengetik ulang semua di sana. 

Kadang mikir, kayaknya kok kurang praktis, ya. Tapi cara begini juga punya keuntungan, yaitu nggak memakan memori ponsel dan risiko hilang atau terhapusnya lebih kecil, kecuali bukunya hilang, ya. 

Cuma semenjak jarang kerja pake laptop, kecuali untuk desain dan bikin laporan nan panjang, lebih suka mengandalkan dan memaksimalkan fitur dan aplikasi yang ada di ponsel buat mendukung pekerjaan menulis atau blogging. 

Kelebihannya ya karena praktis dan bisa dikerjakan dalam langkah-langkah yang lebih pendek. Kekurangannya, buat yang matanya minus harus benar-benar bisa mengatur penggunaan ponsel buat nulis panjang. Juga memerhatikan faktor pencahayaan di ruangan. 

Apa saja aplikasi dan fitur yang saya pakai selama ngeblog pakai ponsel: 

WPS Office.

Meskipun jika membuka dashboard blogger(dot)com langsung dari chrome atau browser saya bisa langsung ngetik di new post, tapi ada kalanya aplikasi ini saya gunakan. Alasannya supaya tulisan punya backup dan tersimpan dalam folder 'blogpost'. 

Nanti setelah tulisan selesai diketik, saya tinggal copy paste saja ke dashboard blogger dan dirapikan formatnya. Keuntungan pakai WPS Office, ada fitur word count dan proses editing lebih cepat. Meskipun saat dipindah ke blogpost seringnya harus diedit ulang. Tapi buat kamu yang pingin aman dan punya data backup, gunakan WPS Office ini. 

Notes.

Ribet sama WPS Office, pakailah fitur notes bawaan ponsel masing-masing. Biasanya kalau napas nulisnya pendek-pendek dan dimulai dari ide-ide random yang sedikit tapi bertebaran, saya pakai aplikasi notes bawaan ponsel. 

Lagi baca buku, ada kutipan menarik langsung saya tulis ulang di notes. Nanti kalau mau dipakai buat tulisan di blog tinggal salin dan tempel. 

Picsart. 

Nah, untuk urusan konten foto yang akan naik di blogpost atau akun sosmed lain, Picsart jadi salah satu andalan saya. Dulu waktu ngetik pakai tab, saya juga menggunakan Snapseed, tapi buat di ponsel saat ini cukuplah pakai Picsart. 

Nggak usah kuatir ukuran fotonya jadi kebesaran karena di aplikasi ini kita bisa mengubah ukuran foto yang akan diunggah. Selain itu, fitur adjustment untuk brightness dll sudah cukup bagus untuk editing sederhana. Mau pasang watermark, shapping, cropping juga bisa. 

Typorama.

Buat bikin cover atau head title yang menarik saya pakai aplikasi ini. Sayangnya aplikasi ini belum kompatibel sama Android dan cuma bisa diakses pake ios. Thanks to my old iPhone, hehehe yang masih berguna untuk aplikasi-aplikasi semacam ini. 

Whatsapp, Twitter, dan Pinterest.

Tiga aplikasi terakhir ini must have buat memperlancar urusan blogging. Kalau nggak ada WA, gimana coba mau ngocok arisan link dan saling nginfo tentang tema tulisan, dll. Thanks to WA yang mempermudah pertukaran informasi di antara seluruh member Gandjel Rel. 

Seperti sekarang, tema yang digulirkan oleh Mba Rahma dan Nyi Penengah ini sudah sampai ke periode 11 lho. 

Kalau Twitter dan Pinterest itu sumber tempat mencari ide-ide keren buat nulis. Dengan Twitter, saya belajar memadatkan kata-kata. Pinterest membantu saya yang tipe visual buat menghidupkan ide-ide lewat gambar. 

Nah, gara-gara tulisan bertema aplikasi yang mendukung ngeblog inu, saya juga bisa bertukar ilmu dengan peserta arisan link yang lain. Nggak sabar buat berkunjung ke blog masing-masing jadinya. 

6 comments:

  1. Aku ada WPS Office juga, Mbak, tapi tak pake hanya sesekali saja atau pas terima lampiran email.
    Typorama? Baru denger kali ini, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Wps ya? Wah aku adanya di lappy lom pake aplikasinya di hp. Mau cb juga ah. Tfs teh nia. Makasih juga uda ramein arisannya yaaa. Sukses terus bt teh nia

    ReplyDelete
  3. Wps ku jg pake buat buka ama edit doc.
    Ukurannya plg kecil dbanding aplikasi yg sama di android. Kl wa kayaknya gbs dihindarin apalagi ada wag gandjel rel ya mba. Hihiy

    ReplyDelete
  4. Wah saya juga pake aplikasi picsart juga apalgi buat ngedit foto blog yang perlu ada tulisannya. Saya pake aplikasi ini. Saya juga klo ngeblog lwat HP. Klo buka laptop dulu lamaaa. Keburu anak saya kebangun dan rewel. Jd klo pke hp lbh praktis juga

    ReplyDelete
  5. aku juga sering dari tab mba, pake polaris.

    ReplyDelete
  6. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/umpan-bawal-galatama/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...