Friday, October 13, 2017

Berbagi Kebahagian Dengan Menjadi Duta Zakat Di Lazizba


Pernah dengar kan ucapan atau kalimat kalau apa yang benar-benar kita miliki sebenarnya adalah apa yang kita bagikan kepada orang lain?

Apa pun itu, baik ilmu, rezeki, maupun jasa atau tenaga rasanya akan menjadi sumber kebahagian jika bisa bermanfaat bagi orang lain.

Nah, misalkan suatu saat kita sedang diberi kelapangan rezeki lalu ingin berbagi, kemudian bingung mau menyalurkannya kemana, saya punya rekomendasi nih. 

Buat yang berdomisili di Semarang, tahu dong Masjid yang ada di tengah-tengah kota dan dekat sekali dengan Simpang Lima?



Di sana ada sebuah lembaga amil zakat, yaitu Lazis Baiturrahman yang akrab disebut Lazizba. Lembaga amil zakat ini berada di bawah Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam (YPKPI). 

Secara legalitas, Lazisba sudah terdaftar dalam SK Kemenkunham No AHU-10075.50.10.2014 menjadi Laziz Baiturrahman. 

Dengan begitu dana bantuan yang teman-teman donasikan Insya Allah akan bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan, tentu saja tepat sasaran dan akan ada laporan berkala bagi donatur.

Dengan menjadi donatur atau duta zakat di Lazizba, kita bisa mulai sedikit demi sedikit berbagi kebahagiaan lho. Karena dana atau rezeki yang kita bagikan benar-benar jelas kebermanfaatannya. 

Nah, untuk apa saja sih donasi yang diterima Lazisba?
Ada beberapa program yang menjadi andalan Lazisba diantaranya: 

1. Bidang Ekonomi.
Lazisba memiliki program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan berupa pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk para mustahik atau orang yang berhak mendapatkan zakat, infak, sadaqah. 

Programnya bernama Kubah atau Kredit Usaha Barokah. Kubah ini sudah menjangkau banyak pihak diantaranya para nelayan di Desa Tambak Mulya tahun 2009, para petani Tegowanu-Karangawen di tahun yang sama, dan masih banyak lagi. 

2. Bidang Pendidikan.
Di bidang pendidikan, Lazisba memiliki program memberikan beasiswa untuk anak asuh tingkat SD-SMA. 

Nama programnya BUS alias Bea Siswa Untuk Surga. Selain itu, ada kegiatan memberikan bantuan renovasi bagi sekolah yang bangunannya sudah memprihatinkan. Nama programnya Sekolahku Indah. 

Ada juga program ELC atau Education Learning Centre. ELC ini adalah pusat pengembangan pendidikan bagi para mustahik untuk meningkatkan kemampuan diri untuk hidup yang lebih baik.

Untuk daerah yang rawan aqidah, Lazisba mendirikan TPA Taman Syiar Al Quran juga menyediakan pendampingan.

3. Di Bidang Kesehatan.
Program yang berjalan adalah BERCERITA (Bersalin dan berbagi cinta) atau bersalin gratis untuk mustahik, program IBU–KUS ( Ibuku sehat–Anaku Cerdas ) atau pemeriksaa dan penguatan serta peningkatan gizi Ibu dan anak di desa binaan atau yang telah terdata sebagai mustahik.

Selain itu, ada juga baksos kesehatan di daerah binaan hingga Sunah (Sunat Barokah) yaitu program Sunat gratis bagi anak yatim piatu, yatim, dhuafa.

4.Di Bidang Kepemudaan atau SABAB (SATUAN PEMBINA UMAT LAZISBA). 

Program tersebut menciptakan pemuda muslim yang sempurna iman dan ilmu yang siap menegakkan Islam, berkarakter Islami, mandiri dan berjiwa sosial tinggi, sumber dai–dai dalam pembinaan, sebagai sarana pengembangan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda, dan yang lainnya.

Semua program di atas, bisa berjalan berkat tiga sumber dana, yaitu infaq dan zakat serta shodaqoh, dana CSR perusahaan, hingga dana program dari donatur tertentu dengan rentang waktu tertentu pula.

Artinya, setiap orang bisa menjadi donatur dengan memberikan zakat, infaq, dan shodaqoh di Lazis Baiturrahman.

Berapapun nominalnya, tentu menjadi kontribusi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di sekitar Semarang.

Bagi yang merasa belum memiliki materi untuk disalurkan, bisa menjadi Duta Zakat yaitu relawan yang membantu mereka memberi informasi kepada masyarakat luas mengenai Lazis Baiturrahman.

Nah, nggak susah kan berbagi kebahagiaan bersama Lazizba ini.

Untuk informasi silakan hubungi: Sobat Zakat Lazis Baiturrahman FB / Fanspage : Lazis Baiturrahman
IG: @lazisbaiturrahman
Twitter: @lazisbaiturrahm
Call center : 085100999774

1 comment:

  1. Segala bidang udah di cover ama lazizba, moga menjadi pahala buat pengurusnya dan berdampak baik buat penenrimannya. Kunbal ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...