Wednesday, November 1, 2017

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Body Rafting Di Sungai Citumang


Teman-teman, sudah pernah mendengar istilah rafting kan? Rafting atau arung jeram termasuk olahraga petualangan yang banyak diminati.

Biasanya rafting menggunakan rakit atau perahu karet sebagai sarana untuk mengarungi arus sungai. 

Nah, berbeda dengan body rafting, sarana yang digunakan untuk mengarungi arus sungai adalah dengan menggunakan tubuh kita sendiri yang dibalut pelampung. Menarik, menantang, atau malah bikin takut? 

Buat saya yang sudah pernah mencoba body rafting, justru bakal memberikan delapan alasan kenapa kalian mesti mencoba olahraga petualangan ini, tentu lokasinya di Sungai Citumang.  

Yuk, simak apa saja ke delapan alasannya. 

1. Body Rafting Sekaligus Trekking.



Kalau kalian tipe traveler petualang, pengin dong sebelum main-main air ada pemanasannya dulu. Jadi nggak langsung ada sungai di depan mata lalu langsung main nyebur saja. 

Nah, body rafting di area sungai Citumang ini bakal memberi kalian dua alternatif rute trekking. Satu yang tidak terlalu jauh, yaitu menembus ladang, hutan, dan pemukiman. Dan yang satu lagi menembus areal hutan yang cukup lebat, dengan bonus air terjun tersembunyi beserta sungainya yang sangat jernih. 

Dengan melakukan trekking sebelum body rafting, otot-otot tubuh seperti mendapat pemanasan terlebih dahulu. Jadi badan nggak kaku saat mulai bermain arus. 

2. Mendapatkan Manfaat Fish Spa di Kolam Ikan Nilam. 

Kalau kalian memilih rute pertama, dan bertemu dengan gerbang masuk ke area Green Valley, selamat! Karena petualangan main arus di Sungai Citumang akan diawali dengan pedicure terlebih dahulu. 

Yup, dengan bantuan ikan-ikan kecil yang menurut penduduk setempat bernama ikan nilam, kaki-kaki peserta body rafting akan dibersihkan terlebih dahulu dari tumpukan kulit mati. 

Tahapan ini juga membuat para peserta lebih relaks karena pasti bakalan tertawa geli saat ikan-ikan kecil mengkerikiti kulit mati kaki. Bonusnya kaki jadi terasa lebih halus, dan syaraf-syaraf halus di bagian bawah kaki seperti mendapat rangsangan sehingga lebih aktif mengedarkan darah. 

3. Menguji Keberanian Diri Dengan Merasakan Pengalaman Lompat Dari Ketinggian 7 Meter. 


Salah satu daya tarik melakukan body rafting di Sungai Citumang adalah tidak selamanya kita main-main air saja, tetapi akan ada beberapa spot dimana kita ditantang untuk menguji nyali. 

Titik itu antara lain saat tiba di dinding akar yang dekat dengan mulut gua, kemudian tangga tali gantung setinggi 12 meter di dekat sebuah pohon, dan di beberapa spot yang lebih tinggi dan memiliki arus seperti air terjun.

Apa perlunya sih, uji nyali itu? Buat saya yang menjajal lompat dari dinding akar, uji nyali ini mengasah kemampuan mengambil keputusan dan rasa percaya diri lho. Saat mau lompat banyak sekali pikiran buruk yang berkecamuk. Ini soal belajar mengalahkan rasa takut. Wisata yang menarik adalah yang mampu memberi kita pengalaman baru, serupa dalam keseharian tapi dalam bentuk yang fun

4. Membentuk Bonding Dengan Sesama Peserta Body Rafting


Kegiatan Body Rafting ini memang sangat cocok dilakukan sebagai salah satu alternatif kegiatan outbound yang bisa membangun team work sesama peserta. Selain itu juga menguatkan bonding antar peserta karena ada beberapa permainan air yang mengajak peserta untuk saling mengandalkan satu sama lainnya. 

5. Self Healing Dengan Menikmati Kejernihan Air Dan Hijaunya Pemandangan Sekitar.

Percaya nggak kalau bermain-main di alam itu bisa membuat perasaan dan kondisi emosional membaik. Apalagi dengan suguhan pemandangan alam dan kejernihan Sungai Citumang.

Body Rafting di Sungai Citumang, benar-benar bisa mengisi ulang baterai mental lho. Pertama, kita bisa melepaskan beban emosional dengan aktivitas body rafting itu sendiri. Kedua, semua yang kita lihat, sentuh, cium, dan rasakan di alam terbuka memberikan pengalaman terhubung dengan alam yang secara nggak langsung memperbaiki kondisi emosional kita. 

6. Mengasah Kepekaan Untuk Menjaga Dan Menghargai Alam Serta Lingkungan.  

Melihat komposisi alam yang begitu seimbang dan harmonis, membangunkan sisi welah asih kita kepada sesama. Ada perasaan sungkan dan segan untuk merusak atau menganggu keindahan alam yang ada.

Kenapa? Karena kita jadi menyadari tidak mampu membuat yang serupa dengan ciptaanNya. Mau tidak mau, tugas kita adalah menjaga.

Kalau kalian kebetulan datang ke Sungai Citumang, please be kind. Jangan membuang sampah sembarangan dan melakukan aktivitas yang merusak keseimbangan. 

7. Menikmati Kuliner Khas Warga Lokal. 

Ada banyak pilihan kuliner lokal yang bisa kalian cicipi ketika melakukan wisata body rafting di area Sungai Citumang.

Penduduk lokal, menjual makanan khas seperti lotek, karedok, rujak, dan aneka gorengan. Ada juga minuman dawet hitam yang dijajakan dengan mobil. 

8. Merasakan Sensasi Menginap Di 'Hotel' Berbentuk Kontainer. 



Kalau kalian punya waktu liburan agak panjang, tidak ada salahnya memilih HAU Citumang sebagai tempat menginap di dekat area body rafting Sungai Citumang.

Di HAU Citumang, kalian akan merasakan sensasi glamping dengan tenda berbentuk kontainer. Fasilitas glamping-nya pun setara hotel berbintang.

Di sini, kalian nggak perlu khawatir soal aktivitas selain bodyrafting. Di area HAU Citumang ada beberapa lokasi selfie dan leyeh-leyeh yang asyik untuk mengisi waktu liburan kalian.

Gimana, akhir pekan nanti agendakan untuk body rafting bersama keluarga, rekan kerja atau teman-teman, yuk. 







3 comments:

  1. Ikut body rafting bikin jadi lebih peka dengan alam dan memicu adrenalin ya, mb nia. Aku penasaran sama rujaknya. Belum cobain. XD klo yg dawet sukak bgt

    ReplyDelete
  2. Aiiihh, Niaaaa.... aku mupeng berat pengin ke HAU Citumang. Kesukaan akyu semua ituh mainan air. Sukaaaa....

    ReplyDelete
  3. Ya Allah serunya.... Mupeng teh mupeng

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...