Thursday, February 1, 2018

Ngopi Bareng KAI Di Stasiun Semarang Tawang



Tanggal 30-31 Januari 2018 kemarin, beberapa stasiun kereta di 11 kota di Indonesia disemarakkan oleh pembagian kopi gratis bagi para penumpang PT.KAI. 

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk ungkapan terima kasih bagi para pelanggan setia PT. KAI sekaligus juga sebagai sebuah ajang untuk mendukung rekan-rekan pelaku UKM, terutama yang membidangi usaha di bidang kopi.






Kegiatan yang bertajuk #NgopiBarengKAI ini menggandeng Komunitas Kopi Nusantara karena PT. Kereta Api Indonesia sendiri memiliki kepedulian yang tinggi untuk turut mengangkat keberadaan kopi nusantara.

Bekerjasama dengan Komunitas Kopi Nusantara-Yogyakarta, PT KAI melalui anak perusahaannya, PT Reska Multi Usaha (RMU) membagikan kopi gratis kepada para pengguna jasa PT. KAI dan publik selama kurun waktu 30-31 Januari 2018, melalui 40 pemberangkatan kereta di 13 stasiun yang berada di 11 kota, yaitu Jakarta Gambir dan Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang, Tegal,  Surabaya Gubeng dan Pasar Turi, Malang, dan Jember


Dalam kurun waktu tersebut telah berhasil dibagikan 53.518 cup kopi, melebihi rencana awal yaitu 50.000 cup kopi. Di 13 stasiun dan Reska telah diturunkan setidaknya lebih dari 200 barista/penyeduh.





Cukup banyak merek-merek kopi lokal yang ikut terlibat dalam acara pembagian kopi gratis tersebut. Di Semarang sendiri, Komunitas Pecinta Kopi Semarang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

Acara ngopi bareng KAI juga sekaligus menjadi ajang kumpul para barista lokal, penggemar kopi, maupun pelaku usaha di bidang kopi. 

Brand lokal yang hadir di Stasiun Tawang berasal dari Wonosobo, Jogja, Temanggung, dan Kota Semarang sendiri. Peserta didominasi oleh coffee shop, dengan beberapa petani dan pegiat kopi lainnya, termasuk dari pihak roastery. Jenis-jenis kopi yang akan diperkenalkan kepada khalayak. 

Mereka berpartisipasi dalam acara ini juga turut mendukung kegiatan amal karena 10% dari hasil penjualan akan disumbangkan sebagai bentuk kepedulian pada kampanye Hari Gizi Nasional. 

Selain dari brand lokal, ada juga brand/produk dari luar wilayah Jawa, termasuk dari Papua, Flores, Bali, Lampung, hingga Aceh. Sementara itu, kopi dari Jawa Tengah rata-rata berasal dari Wonosobo, Temanggung, Candiroto, Jolotigo Pekalongan, Muria, Menoreh Kulonprogo, dan Turgo Merapi Yogyakarta. 

Acara “Ngopi Bareng KAI” ini, menurut Direktur Utama PT RMU, Muh. Sahli memiliki tujuan yang luas, utamanya adalah sebagai bentuk ungkapan terimakasih atas kepercayaan masyarakat menggunakan jasa layanan kereta api serta RMU, pada khususnya. “Reska identik dengan kuliner, termasuk kopi. Karenanya event pembagian kopi gratis ini menurut saya memang sangat efektif,” jelas Muh Sahli. Melalui acara ini pula, PT. KAI dan PT. RMU juga membuka kesempatan para pelaku bisnis kopi yang berpartisipasi dalam event ini untuk mempromosikan produk mereka di stasiun terdekat dengan tempat usaha mereka. 

Dengan tujuan itu maka kopi yang akan dibagikan di setiap stasiun akan berbeda jenisnya. Misalnya; untuk stasiun di Kota di Surabaya, Malang dan Jember, barista akan membagikan kopi-kopi andalan daerah Timur, termasuk dari Pasuruan, Bondowoso, Malang, Bali, Madura, Flores serta Papua. 

Event kali ini juga memiliki tujuan charity. Selama pembagian kopi gratis, para barista juga diberi kesempatan menjual produk kemasan mereka yang berupa green bean, roast bean, house-blend, kopi bubuk serta cold brew. “Dari hasil penjualan itulah, peserta menumbangkan 10%-nya untuk charity. Rencananya hasil yang terkumpul dari event itu akan disumbangkan untuk perbaikan gizi di daerah-daerah sekitar stasiun tempat penyelenggaraan acara,” papar Sahli.



Khusus untuk pembagian kopi di kereta api, Komunitas Kopi akan menugaskan dua barista yang akan naik di kereta dan membagikan kopi gratis kepada penumpang sepanjang perjalanan. Pembagian kopi gratis hanya akan dilakukan di KA restorasi. “Khusus pembagian kopi di kereta, untuk mendapatkan kopi gratis, penumpang cukup menunjukkan HP-nya yang telah terinstall aplikasi KAI Access,” tambah Sahli. Sedangkan untuk pembagian kopi di stasiun, tak ada persyaratan khusus. Kecuali untuk penumpang yang menginginkan hadiah/gimmick yang disediakan panitia (aneka produk RMU, optional setiap stasiun berbeda) mereka bisa melakukan download aplikasi KAI Access di lokasi selama berlangsungnya acara. 

Menurut Mba Arya selaku Humas PT.KAI Daop 4, Semarang penggunaan aplikasi KAI Access meningkat cukup signifikan selama acara ini berlangsung. Meskipun pada dasarnya aplikasi ini sudah diluncurkan beberapa waktu silam, namun dengan acara Ngopi Bareng KAI ini, jadi tersosialisasikan kembali. Banyak pengguna KAI yang akhirnya mengunduh dan menggunakan aplikasi ini. Secara umum aplikasi KAI Access memberikan kemudahan bagi pelanggan sehingga mereka tidak perlu antri, berlari-lari saat boarding, intinya memudahkan perjalanan mereka dengan KAI. 

Acara Ngopi Bareng KAI ini juga memberikan saya pengalaman tentang betapa kayanya Nusantara ini dengan aneka ragam jenis kopi. Saya juga banyak belajar dari para barista soal menyeduh kopi, filosofinya, kaidah-kaidahnya, dan tentu saja kebersamaannya. 

9 comments:

  1. wow mantaaabbb acara yang sungguh keren dan sudah kangen dibuatnya!

    ReplyDelete
  2. Kereeen nih acaranya. Bisa tahu deh saya jenis-jenis kopi. Daaan rasanya enaaak enaaak semua. Plusnya jadi banyak teman Dari berbagai daerah. Sedaaap bener Pokoknya.

    ReplyDelete
  3. Kudu sering ngadain acara begini nih KAI.

    ReplyDelete
  4. Aku sebagai orang yg awam kopi jadi tau kalo Indonesia punya buanyak banget jenis kopi lokal pas ngopi bareng KAI kmrn. Semoga ada acara kayak gini lagi

    ReplyDelete
  5. Festival Kopi banyak macam, tapi yang 'bergerak' dan 'berpindah rempat' ya baru ini.

    ReplyDelete
  6. Seru bangeet mestinya sekalian didaftarin MURI yaaa...

    ReplyDelete
  7. Gak sia sia standing party di hall KAI smg.....
    Salut dan begitulah nusantara dengan kopinya. Explorasi melalui E media memang ruar biasa pa lagi didukung pengeksplornya yang smart..
    Thx Nia..

    ReplyDelete
  8. Seruuu nih suasana pembagian kopi gratisnya di Stasiun Semarang Tawang. Ngopi didukung bangunan stasiun tua berarsitektur kolonial yang cantik. Ah jadi kangen acara Ngopi Bareng KAI. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...