Tuesday, May 29, 2018

5 Pilihan Tempat Makan Sehat Di Semarang




Pelaku pola makan sehat seperti food combining, clean eating, mindfulness eating, atau bahkan vegetarian biasanya gemar menyiapkan dan memasak makanannya sendiri. Salah satu alasan memasak makanan sendiri adalah agar dapat mengontrol bahan-bahan makanan yang digunakan untuk masakan. Namun, ada kalanya pelaku makan sehat juga ingin sesekali makan di luar, misalnya saat sedang sangat sibuk sehingga tidak bisa meluangkan waktu untuk memasak. Ini lima daftar tempat makan sehat di Semarang yang berhasil saya ulas. Siapa tahu bisa menjadi pilihan saat ingin jajan di luar. 


Berikut ini adalah beberapa tempat yang pernah saya datangi dan coba. Tempat-tempat tersebut termasuk tempat makan yang memiliki pilihan menu makanan sehat yang bisa kalian pesan saat jajan di luar : 

1. Basilia Group. 

Resto yang menjadi pioner makanan bebas MSG di Semarang ini sudah ada sejak tahun 2006-an--kalau tidak salah. Awalnya Basilia Cafe & Dine bertempat di Java Mall, kemudian pindah ke Citraland. saya termasuk yang mengikuti perkembangan resto ini dari tahun ke tahun. Bisa dibilang, ini merupakan resto yang cukup konsisten mempertahankan ciri khas masakan sehat  tanpa tambahan MSG. 

basilia cafe and dine

naturalia bread basilia

meeting room basilia


salad buah basilia

big magic book and healthy food

kafe sehat di semarang

Saat ini, Basilia Cafe & Dine berlokasi di Jl. Menteri Supeno, Semarang, dan juga sudah memiliki beberapa cabang atau grup yang menjual menu makanan yang berbeda, misalnya Massimo untuk Pizza & Pasta ala Italia, Talisman untuk Rotisserie-nya, dan Naturalia khusus untuk roti-roti sehat yang menggunakan ragi alami, atau roti sourdough. Selain itu, ada juga Pecel Oeleg Ning Halimah yang khusus menjajakan pecel dan makanan tradisional. 

Basilia Cafe & Dine adalah salah satu tempat makan sehat favorit saya, selain karena mereka juga buka dari jam sarapan pagi, cukup bantam varian menu sehat yang bisa dicicipi, mulai dari Salad hingga Steak-nya. 

2. Karuna Vegetarian Resto 

Tahun 2009 adalah awal mula saya berkenalan dengan resto ini gara-gara iseng pingin mengubah pola makan jadi vegetarian. Resto yang berada di Jl. Depok, dekat dengan Pasar Prembaen ini menyajikan menu-menu masakan vegetarian yang cukup beragam. Tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif saat saya sedang nggak masak, dan butuh masakan yang dijamin bersih dan tidak ada unsur hewaninya. 

karuna vegetarian resto

resto vegetarian di semarang

masakan vegetarian semarang

menu vegetarian

kafe vegetarian

bahan-bahan masakan vegetarian

Pilihan menunya beragam, bukan hanya sayur yang ditumis saja, tetapi juga aneka lauk yang tetap menggunakan nama-nama umum, seperti sate ayam, ayam kungpao, dsb. Unsur hewani digantikan dengan berbagai bahan, misalnya kedelai dan rumput laut. 

Selain makanan jadi, Karuna juga menyediakan bahan-bahan masakan, bumbu-bumbu, dan biji-bijian. di hari tertentu, Karuna juga mengadakan promo All You Can Eat, lho. 


3. Ha Ha Vegetarian Resto. 

Hampir sama dengan Karuna, ini merupakan salah satu pilihan bagi para pelaku vegetarian yang ingin menikmati menu masakan yang tidak menggunakan unsur hewani. Resto yang berada di Jalan Seteran Serut ini, menyajikan aneka menu masakan berbahan dasar sayur. 

Kalau membandingkan antara Karuna dan Ha Ha vegetarian Resto, lidah saya memang lebih bisa merasakan masakan yang disajikan di Ha Ha karena tidak terlalu hambar. Tapi ini kembali ke masalah selera, ya. 

Meski nama-namanya mengandung unsur hewani, misalnya Gurami Asam Manis, Cumi Ca Brokoli, namun sebenarnya bahan yang digunakan 100 % nabati. Pilihan yang disajikan di resto ini yang juga cukup menarik adalah, sambal terasinya. Sambal terasi tapi tidak menggunakan terasi berbahan udang. Penasaran? Datang saja ke daerah Miroto, Semarang Tengah. 


4. Yeah. id. 

Nah, ini terbilang kedai sehat yang paling baru. Lokasinya lumayan dekat dengan daerah tempat saya tinggal, yaitu di Jalan Imam Bonjol. Yeah. Id belakangan jadi andalan kalau saya sedang butuh Cold Press Juice atau Almond Mylk, sementara saya lagi nggak sempat bikin. 

yeahid imam bonjol






Kedai berwarna biru ini memang mungil, interiornya ditata dengan begitu cantik. Sebenarnya, kedai kecil tersebut dimaksudkan sebagai tempat pick up point pengambilan pesanan, namun seiring waktu banyak juga kurir yang datang memesankan Cold Press Juice lewat aplikasi online. 

Selain Cold Press Juice dan Almond Mylk, ada juga aneka Smoothies Bowl, dan makanan sehat lainnya yang bisa dijajal di kedai ini. 

5. Covencove. 

Sedikit melipir dari Semarang bawah menuju ke daerah Semarang atas, tepatnya di Jalan Durian Banyumanik, ada sebuah kedai yang dikenal sebagi kedai eklektik. Mungkin maksudnya eklektik adalah karena menunya yang beraneka ragam, plus juga sebenarnya jadi sebuah kafe buku karena banyaknya koleksi buku yang bisa memberi 'makan' otak kalian saat ke sini. 

Yang membuat kafe ini sehat adalah karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan segar berkualitas, dalam proses pemasakannya tidak menggunakan minyak kelapa sawit, dan bumbunya tidak diberi tambahan MSG. Selain ada Taco, ada juga Cold Press Juice. Teman-teman yang sudah mengenal Juice Head sebelumnya, pasti nggak asing dengan Covencove karena pemiliknya pun sama. 

Nah, itu tadi lima tempat makan sehat di Semarang yang bisa menjadi pilihan para pelaku makan sehat. Kalau kebetulan kalian sudah menjajal tempat yang lain, boleh dong, dibagi-bagi info dan rekomendasinya. Kelima tempat tadi juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk tempat berbuka puasa sehat, lho. 




6 comments:

  1. Wah..aku baru nyobain yg Basilia, itupun mb Nia yg ajak..hehe.. Trmksh mba..

    ReplyDelete
  2. Baru nyoba covencove dan baru tau juga kalo termasuk makanan sehat disituu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, masaknya tanpa MSG dan minyak kelapa sawit, jadi sehat.

      Delete
  3. Basilia salah satu favoritku...pernah nyobain karuna sama haha resto juga :D

    ReplyDelete
  4. Udah jadi pelanggan setia Basilia, Karuna, dan Haha sejak lama karena keluarga ada yang vegan. Kalo ke Covencove suka karena rekomendasi temen tentang tempat makan enak dengan interior lucu di Semarang atas, sayangnya jauh dari rumah di Semarang bawah. Kalo Yeah belum pernah nyoba,, kapan-kapan mampir ah.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...