Friday, May 18, 2018

Hotel Reviews : Pengalaman Menginap Di AiryRooms Sisingamangaraja Semarang

pengalaman menginap di airyrooms semarang



Berpergian dan mengunjungi tempat-tempat wisata belakangan ini menjadi sebuah tren yang berkembang cukup pesat. Berbagai kemudahan terkait aktivitas tersebut pun bermunculan, mulai dari aplikasi pemesanan tiket perjalanan, sampai yang berhubungan dengan pemesanan akomodasi hotel. Salah satunya adalah Airy Rooms. Sudah sering melihat logo berupa grafis berbentuk awan warna putih dengan latar biru muda, yang ada di plang bagian depan hotel kan? 

Apa sebenarnya Airy Rooms itu? 


AiryRooms merupakan Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, AiryRooms merupakan pengelola bagi ribuan kamar dan ratusan hotel yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari Kota Medan yang ada di bagian barat, sampai Ambon yang ada di bagian Selatan. Semuanya ada sekitar 2000an mitra.  

AiryRooms lahir untuk menangkap potensi bisnis yang sedang marak di Indonesia, salah satunya yang paling terlihat adalah 2 dari 3 pemesanan hotel dilakukan secara online. 

Lalu apa bedanya dengan kita memesan kamar atau hotel yang tidak bermitra dengan AiryRooms? 

Jaminan Standar Dari AiryRooms

Jadi, dengan memesan melalui AiryRooms, konsumen mendapatkan beberapa jaminan yang bisa membuat hati merasa tenang saat memilih sebuah penginapan. Untuk jaminan yang standar, AiryRooms menjamin konsumen akan mendapatkan fasilitas penginapan  berupa : 

  1. Tempat tidur yang bersih 
  2. WiFi Gratis 
  3. TV Layar Datar 
  4. AC (*tersedia hanya untuk daerah panas)
  5. Air Hangat 
  6. Perlengkapan Mandi
  7. Air Minum Gratis
Sementara itu, untuk Jaminan Eco, yang didapatkan konsumen adalah : 
  1. TV 
  2. Tempat Tidur Bersih 
  3. Wifi Gratis
  4. Perlengkapan Mandi
  5. Air Minum Gratis
  6. AC (*tersedia hanya untuk daerah panas)
AiryRooms Di Semarang.

destinasi wisata di semarang
image from : website airyrooms

AiryRooms ini memiliki mitra yang tersebar di berbagai daerah. Di Semarang, beberapa hotel yang bermitra dengan AiryRooms juga tersebar, baik di daerah Semarang Atas maupun Semarang Bawah. Ada beberapa Airy yang termasuk oke dan layak coba. Misalnya saja : Airy Gajahmungkur Rinjani 12, Airy Kranggan Wahid Hasyim, Airy Kranggan Gang Pinggir, Airy Sisingamangaraja, Airy Eco Banyumanik, Airy Tugurejo, dan Airy Hanoman. 

Menginap Di AiryRooms Yang Memiliki Kolam Renang. 
Saya belum menjajal semua daftar AiryRooms yang direkomendasikan di atas, sih. Tapi beberapa waktu lalu kebetulan karena mendapatkan voucher menginap, iseng-iseng membuka website Airy dan mencari-cari hotel yang pas untuk staycation bersama anak-anak. 

Nah, ada salah satu Airy yang lumayan juga di daerah Sisingamangarja. Penginapan ini termasuk kategori Guest House. Kalau tidak memesan lewat Airy, menurut saya pribadi kurang worthed karena harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan hotel budget, dan bisa juga dipakai untuk menginap di hotel bintang tiga. Namun karena Airy Sisingamangaraja ini memiliki kolam renang, dan itu merupakan salah satu daya tarik staycation bagi anak-anak, maka saya pun memutuskan untuk menjajal penginapan ini.

Setelah memesan kamar melalui aplikasi, dan memilih metode pembayaran (bisa lewat ATM maupun Indomaret), voucher Airy akan dikirimkan ke email kita. Di voucher juga sudah terdapat panduan untuk bisa sampai ke lokasi. 

Kebetulan, waktu menginap di Airy Sisingamangaraja saya memilih hari Minggu. Sampai di lokasi langsung menunjukkan voucher yang ada di ponsel, lalu petugas pun akan meminta deposit sebesar Rp. 100.000,- sebagai jaminan untuk kartu kamar apabila hilang. 

AiryRooms Sisingamangaraja. 

Secara keseluruhan penginapan yang ada di dekat Akpol dan kawasan bisnis ekspatriat ini cukup bersih dan nyaman. Bangunan bagian depan bergaya klasik, memiliki halaman parkir yang cukup luas, dan kolam renang di area belakang. Ukurannya tidak terlalu besar. Begitu memasuki lobby, kita langsung bisa melihat kolam renang yang ada di halaman belakang.



Waktu itu, saya memilih kamar deluxe dengan sarapan pagi. Setelah mendapatkan kartu elektronik, kami masuk ke kamar yang jendelanya langsung menghadap ke area parkiran. Kesan pertama, seperti kamar tidur biasa. Namanya juga cuma pindah tidur, begitu balas saya pada Si Sulung saat nyeletuk kamarnya biasa saja. 

Ketika lampu dinyalakan, beberapa nyamuk sempat berterbangan ke arah muka. Duh, semoga nggak menganggu kenyamanan tidur nanti malam, begitu pikir saya. Karena ini adalah pertama kalinya menginap di kamar dengan label Airy, langsung dong mengecek apakah sesuai dengan standar yang dijanjikan.




Tempat tidurnya termasuk bersih, kasurnya nyaman, namun sayang bantalnya sudah agak kempes. AC bekerja dengan baik, TV termasuk layar datar, disiapkan dua botol air mineral dan snacks di dalam kotak yang langsung mengundang perhatian anak-anak. Beranjak ke area kamar mandi, ada perlengkapan mandi yang cukup lengkap, tapi sayangnya air hangatnya nggak begitu maksimal, kadang panas kadang dingin.



Jadi secara keseluruhan penilaian saya untuk kamarnya tiga dari lima. Nggak tahu dengan kamar yang lainnya, ya. Tapi kalau menginap di Airy nggak pas juga kalau sampai membahas soal interior. Apalagi tingkat kenyamanan setiap orang beda-beda juga, kan. 

"Yang penting kita berenang, " begitu ujar Si Sulung yang langsung nggak sabar untuk menjajal kolam renang yang ada di halaman belakang.


Baiklah. Mari kita coba. Setelah anak-anak berganti pakaian, kami pun berjalan ke halaman belakang, dan anak-anak mulai nyemplung ke kolam yang bentuknya memanjang. Belum ada penanda yang jelas soal kedalaman, jadi anak-anak harus benar-benar diawasi. Kolam renang tidak terlalu rampai sore itu. Airnya cukup bersih, dan taman di sekitarnya pun cukup terawat. 

Penilaian lain ketika melakukan staycation adalah soal sarapan pagi. Nah, di sini terletak perbedaan bagi pengguna yang memesan via Airy atau bukan. Bagi yang memesan via Airy, sarapan untuk dua orang diantarkan ke kamar, bukan tipe All You Can Eat. Tapi karena pagi itu anak-anak ingin mengulang berenang lagi maka petugas menyarankan saya untuk mengambil sendiri dua porsi nasi goreng, pelengkap, serta minumannya.


Makanan yang dihidangkan termasuk enak. Nasi gorengnya berbumbu, bukan seperti nasi goreng hotel pada umumnya, lalu sambal dan pelengkapnya juga terhitung enak. 

Nah, itu tadi pengalaman menginap di Airy Sisingamangaraja, kapan-kapan saya akan coba beberapa Airy lainnya supaya bisa membandingkan. 





4 comments:

  1. Standard hotelnya bikin nyaman, tidak diragukan lagi, kunbal ya

    ReplyDelete
  2. Aku nginap di Airy room Jogja, ada kolam renangnya juga. Sayang abak2 gak ikut karena waktu itu hari sekolah dan nemeni suami kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah mana tuuh Mba jogjanya. kayaknya yang Jogja pilihannya lebih banyak yaa

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...