Monday, May 28, 2018

Resep Opor Ayam Vegetarian

resep opor vegetarian


Pola makan food combining yang saya terapkan, seringkali membikin putar otak untuk mencari alternatif pilihan menu makanan yang padu-padannya pas. Misalnya sedang pingin makan nasi, tapi kangen dengan masakan bersantan dan berkuah seperti opor atau gulai. Tentu kalau dimakan dengan nasi padanannya jadi nggak pas karena opor biasanya menggunakan protein hewani, yaitu daging ayam. Nah, kali ini saya akan berbagi resep opor ayam vegetarian. Opor ini bisa jadi alternatif teman makan nasi yang sedap saat kita menjalani pola makan food combing. Kalau belum tahu food combining itu apa, baca di sini ya. 


Ketika lebaran tiba, menu opor ayam pasti nggak bisa absen dari meja makan. Mau nggak ikut makan,  rasanya kok sayang juga, ya. Apalagi membayangkan ketupat sebagai teman makannya. Tapi rasanya sayang, satu bulan sudah menjaga pola makan dengan baik, masa bubar jalan pas lebaran?

Biasanya ada dua pilihan kalau sudah begitu; pertama makan opor tanpa nasi atau mencari alternatif opor yang tidak menggunakan daging ayam. 

Kali ini, untuk membuat opor saya mencoba mengeksplorasi bahan protein nabati berupa tahu dan jamur sebagai pengganti ayamnya. Ada dua alternatif cara memasak tahu dan jamur ini sebelum diolah menjadi opor. Pertama tahu digoreng terlebih dahulu, atau langsung dalam keadaan mentah. Jamur juga bisa digoreng crispy terlebih dahulu dengan Gluten Free Flour racikan sendiri. Biasanya pemilihan tepung tanpa gluten ini diperuntukkan bagi yang alergi gluten atau memang mengurangi asupan gluten. Kalau tidak mengalami intoleransi, masih bisa kok jamur dibalut dengan tepung biasa.

Jamur yang sudah digoreng dengan balutan tepung biasa atau GFF memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma langunya hilang. Jadi saat dibuat opor pun lebih enak.

Tetapi di sini saya memilih untuk menggunakan tahu putih dan jamur tiram yang tidak digoreng. Berikut ini adalah resep dan bahannya :

Bahan Utama : 

1. 5 buah tahu putih.
2. 500 gr jamur tiram disuwir-suwir.

Bumbu : 

1. 6 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 1 ruas jari kunyit, dibakar.
4. 1/2 ruas jahe.
5. ketumbar disangrai.
6. kemiri 3 butir.
7. daun kunyit.
8. 1/2 sendok makan merica bubuk.
9. gulgar


Bahan dan cara membuat opor ayam vegetarian. 


Saya menggunakan banyak rempah segar untuk menambah cita rasa opor ayam vegetarian ini. Eh, masih bisa disebut opor ayam lagi, nggak sih? 

Untuk menambah aroma, saya menambahkan irisan daun kunyit, daun jeruk, dan daun kari. Bumbu-bumbu lainnya hampir sama dengan membuat opor biasa pada umumnya. Kunci rasa opor yang lebih sedap, ada pada pembakaran kunyit, dan juga menyangrai biji ketumbar terlebih dahulu. 

Setelah bumbu dihaluskan baru ditumis, lalu masukkan jamur terlebih dahulu agar aroma langu jamur tertutup bumbu-bumbu. Baru kemudian memasukkan potongan tahunya. 

Oh ya, untuk opor ini saya menggunakan santan dari kelapa tua parut, tetapi santannya tidak ikut dimasak atau direbus. Saya memeras santan kelapanya menggunakan air matang. Santan bisa ditambahkan nanti ketika masakan sudah jadi dan dalam kondisi yang hangat, atau tidak dalam kondisi masih panas. Supaya kandungan gizi dalam santan kelapanya tidak rusak oleh panas. 

Seperti ini nih, tampilan opor vegetariannya. Ini belum dituangkan santan kelapanya. Rasanya lebih light dibandingkan opor ayam pada umumnya, tetapi cukup memuaskan lidah kita yang lagi kangen masakan berkuah seperti ini. Yang paling penting bisa dipadankan dengan nasi juga. 

Tampilan opor ayam vegetarian tanpa santan. 

Selamat mencoba resep ini. Boleh dong, dibagi-bagi hasil uji coba resep ini seperti apa. Siapa tahu ada yang membuat versi yang lebih enak juga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...