Monday, June 4, 2018

5 Rahasia Bumbu Sayur Asem Yang Mantap


Sebenarnya sudah banyak yang berbagi resep Sayur Asem. Kalau kalian meng-klik 'resep sayur asem' di Google pasti akan banyak sekali yang sudah pernah mengunggahnya di internet. Sayur Asem merupakan salah satu masakan favorit saya sejak dulu kala. Sebagai anak yang dibesarkan di kultur Sunda, saya lebih sering makan Sayur Asem dengan kuah bening dan menggunakan taburan kacang tanah. Barulah setelah kuliah saya menemukan Sayur Asem dengan kuah kecoklatan yang rasanya jauh lebih mantap. Entah dimana mencicipinya waktu itu, yang jelas sih, di salah satu restoran di Semarang. Sejak itu, standar lidah saya soal Sayur Asem bergeser. Menurut saya inilah rahasia bumbu sayur asem yang mantap. 



Setelah terbiasa dengan Sayur Asem yang kuahnya bening selama bertahun-tahun, saya baru sadar kalau saat makan Sayur Asem bareng nasi hangat dan kuahnya kecoklatan dengan cita rasa; manis-asem-pedes itu jauh lebih enak ketimbang makan yang versi Sayur Asem bening. 

Sejak itu beberapa kali mencoba membuat Sayur Asem ala saya sendiri, tapi beberapa kali nggak berhasil menemukan komposisi yang pas di lidah. Akhirnya, setelah beberapa tahun barulah berhasil membuat Sayur Asem yang sesuai dengan selera saya.

Ternyata ada lima kunci untuk membuat Sayur Asem dengan kuah kecoklatan seperti yang saya harapkan. 

Di bawah ini adalah beberapa bahan dan bumbu yang saya gunakan. Yang tidak ada di gambar adalah daun salamnya karena sudah direbus bersama air. 


Sayuran untuk isian yang saya gunakan : 
1. Jagung Muda
2. Terung Hijau
3. Labu Siam.
4. Kacang Panjang.
5. Kol.

Bumbu yang saya pakai : 
1. Bawang Merah
2. Bawang Putih
3. Kemiri
4. Cabe marah.
5. Asam Jawa.
6. Lengkuas, daun salam.
7. Terasi
8. Gula merah, dan garam secukupnya. 

Rahasia Resep Sayur Asem yang Mantap. 

Pertama, 
Pakai buah Asam Jawa asli. Iya, ternyata beda banget kalau kita menggunakan buah asam pabrikan dengan buah Asam Jawa yang masih ada bijinya itu. Rasa kuahnya jadi lebih segar, tetapi warnanya tidak terlalu gelap. 

Kedua, 
Rebus air bersama daun salam dan lengkuas hingga mendidih, baru masukkan sayurannya. Sayuran yang dimasukkan pertama kali adalah yang paling keras. Memasukkan sayuran dalam kondisi air sudah mendidih juga mempercepat proses pemasakan sayur. Ketika sayur sudah direbus barulah bumbu bisa terserap.

Ketiga, 
Tumis terlebih dahulu semua bumbu halus hingga aromanya keluar. Masukkan bumbu halus ketika sayuran sudah masuk semua ke dalam panci, dan air dalam kondisi mendidih. 

Keempat, 
Tambahkan irisan tomat hijau dan cabe hijau segar ketika bumbu dan sayuran sudah dimasukkan. Tutup panci ketika semua bahan sudah masuk. Diamkan selama beberapa saat dalam keadaan api sudah dimatikan. 

Kelima, 
Dalam pembuatan bumbu halus, tambahkan terasi masak ke dalam ulekan bumbu untuk memberi rasa sedap pada masakan. Gunakan irisan gula merah sebagai pengganti gula pasir. 

Nah, ternyata itu tadi resep rahasia sayur asem yang mantap ala saya. Waktu saya coba bandingkan dengan sayur asem yang pernah saya cicipi di salah satu resto di Semarang, rasanya nyaris sama. 

Begini nih, tampilan Sayur Asem favorit saya. 



Dimakan dengan nasi hangat dan tahu isi, rasanya mantap. Kalau kalian, lebih suka sayur asem yang bening atau yang kecoklatan seperti ini? 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...