Monday, July 16, 2018

Tempat Belanja Bahan Pangan Organik Di Semarang

tempat belanja bahan pangan organik di semarang


Sebelum berbagi info tentang tempat belanja bahan pangan organik di Semarang, sudah pada tahu belum apa itu bahan pangan organik? Bahan pangan organik adalah bahan baku makanan yang diproduksi secara alamiah tanpa menggunakan zat-zat kimia sintetis. Misalnya, buah dan sayuran yang proses penanamannya tidak menggunakan pestisida sintetis. Selain buah dan sayur, kita juga sering menemukan bahan pangan hewani yang berlabel organik. Kira-kira, apa bedanya? 

Alasan memilih bahan pangan organik


Kalau petani organik biasanya menggunakan predator alami untuk memberantas serangga dan hama, peternak ayam atau sapi dapat menghasilkan daging dengan label organik apabila hewan ternaknya diberi pakan organik dan tidak diberi antibiotik serta hormon pertumbuhan.

Kenapa sih, saat ini banyak orang yang beralih memilih bahan pangan organik? Alasannya, sayuran dan buah yang diberi pestisida akan meninggalkan residu yang menempel pada sayuran dan buah. Residu ini bisa ikut masuk terkonsumsi oleh kita, dan dikhawatirkan dapat membahayakan tubuh. 

Jika pada saat pengolahan kita cenderung abai, misalnya tidak mencuci dengan air mengalir, merendam buah dengan larutan ACV, maka residu tersebut bisa ikut masuk ke tubuh. Niatnya mau makan sehat, namun zat-zat kimiawi sintetis justru turut memberati sistem cerna tubuh kita. 

Alasan lainnya, produk-produk organik dianggap lebih ramah lingkungan karena dalam proses bertanam, petani sangat memperhatikan kelestarian air dan tanah. Pupuk kimia sintetis misalnya, bisa menyebabkan kondisi tanah menjadi jenuh, dan tidak lagi 'hidup'. Pertanian organik juga bertujuan untuk mengurangi polusi dari bahan pestisida sintetik.

syarat bahan pangan organik

Sebenarnya tidak serta-merta bahan pangan bisa langsung dikategorikan organik, setahu saya ada beberapa syaratnya, misalnya kalau tanaman tidak ditumbuhkembangkan dengan pestisida termasuk herbisida, pupuk sintetis, limbah lumpur, bioteknologi, atau radiasi ion. 

Daging dari hewan ternak dapat diberi label organik jika hewan-hewan ternak ini selain memiliki kandang juga bisa hidup di tempat terbuka seperti padang rumput dan tanah lapang. Selain juga pakannya yang didapat langsung dari alam. 

Bagaimana dengan produk-produk olahan seperti beras dan biji-bijian? Di mana sajakah kita bisa mendapat bahan pangan organik di Semarang? 

Beras, biji-bijian, dan produk kering lainnya bisa dikategorikan sebagai bahan makanan organik jika tidak mengandung bahan tambahan seperti zat pengawet, perisa makanan, penguat rasa, pewarna sintetik, dan pemanis buatan. 

Bahan makanan kering tersebut, biasanya menjadi salah satu bahan pendamping selain sayuran, buah-buahan, dan protein hewani, khususnya juga untuk penganut pola makan clean eating

Ini beberapa toko di Semarang yang menyediakan bahan pangan organik selain buah-buahan dan sayuran : 

1. Mau sayuran dan buah segar organik? Datang saja ke Pasar Sehat Semarang yang diadakan setiap hari Minggu, minggu pertama dan ketiga di halaman parkir Basilia Cafe & Dine, di Jl. Menteri Supeno. Di Pasar Sehat Semarang ini, kita bukan cuma bisa mendapatkan aneka bahan pangan organik seperti sayuran dan buah, tetapi juga produk-produk olahan organik, seperti tempe, pempek, serta aneka makanan dan minuman sehat lainnya. 

hasil belanjaan di pasar sehat semarang

2. Gelael Supermarket yang ada di dalam Mal Ciputra ini ternyata punya berbagai pilihan produk organik, baik yang khas nusantara maupun produk impor yang bisa menunjang pola makan clean eating. Misalnya saja, kalau kalian membutuhkan Apple Cider Vinegar yang organik, ada dua pilihan yaitu Bragg untuk merek impor, dan Verdure Bali untuk produk lokalnya. Selain itu, berbagai macam beras organik, dari beras coklat sampai beras hitam juga tersedia. Di supermarket ini juga tersedia berbagai jenis sayuran organik lokal yang bisa dipilih.

gelael supermarket citraland

supermarket gelael semarang

3. Club Sehat Store di Pamularsih. Kalau biasanya kita mengenal Club Sehat sebagai toko online maka sekarang, di Semarang, kita sudah bisa membeli secara langsung produk atau bahan pangan organik yang biasa dijual di Club Sehat. Meskipun perbandingan antara produk impornya masih lebih banyak, misalnya Chia Seed, Rolled Oat, Granola, dan lain-lain, namun tidak jarang juga di sini bisa ditemukan gula kelapa bubuk yang organik dan buatan lokal, atau agar-agar batangan, mie letek, dan aneka biji-bijian. 

club sehat store semarang

club sehat store pamularsih

4. Supermarket bahan-bahan makanan Jepang bernama Takashiemura yang ada di Jalan Dr.Cipto ini juga menjadi salah satu tempat tujuan kalau sedang membutuhkan bahan-bahan makanan organik. Meskipun memang toko ini lebih banyak menjual bahan makanan Jepang dan Korea, namun ada juga beberapa bahan pangan organik yang bisa ditemui di tempat ini. Beberapa merek beras organik lokal bisa didapatkan di sini, juga aneka bahan kering lainnya. 

supermarket takashiemura

takashiemura dokter cipto

5. Toko Buah Hermon yang ada di Jalan Ahmad Yani ini selain menjual aneka buah-buahan juga menyediakan bahan pangan yang mendukung pola makan clean eating, misalnya saja rolled oat, muesli, dan berbagai produk kering organik dari salah satu produsen lokal. Meski tidak selengkap ketiga toko sebelumnya, namun toko ini juga bisa menjadi pilihan. 

toko buah hermon

hermon semarang

produk trio natural

Jadi, itu tadi lima tempat belanja bahan pangan organik di Semarang. Ohya, tentunya jangan lupakan juga pasar tradisional, ya. Nanti akan saya buatkan postingan khusus tentang pasar-pasar tradisional di Semarang. 

6 comments:

  1. Aku malah baru tahu kalau ada toko atau supermarket di semarang yang menjual makanan organik

    ReplyDelete
  2. Soal harga piye? Biasanya lbh mahal ya dr banyak beredar di pasaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal harga relatif kok Mba. Nggak semuanya mahal seperti yg disangka. Tapi memang produk bersertifikat jadi lebih mahal karena untuk dpt sertifikat organik juga mahal prosesnya

      Delete
  3. Yang udah pernah sih ke GELALEL Mall Ciputra aja aku mbak. Btw, pengen deh pankapan ke Pasar Sehat Semarang.

    ReplyDelete
  4. Gelael yg di deket akpol ada khusus bahan organiknya jg ga ya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...