Thursday, October 11, 2018

Menjajal Tempat Wisata Keluarga Terbaru Di Semarang : D'Pongs


Saat akhir pekan tiba, kadang suka bingung mau menghabiskan waktu berkualitas sama keluarga di mana. Bosen kan, kalau mainnya ke mal lagi. Nah, beberapa waktu kemarin saya diajakin buat menjajal salah satu wisata keluarga yang terbilang baru di daerah Gunung Pati, tepatnya di Desa Pongangan. Nama tempat wisatanya : D'Pongs. Tempat ini oke juga buat menghabiskan waktu akhir pekan bareng keluarga karena pilihan aktivitasnya banyak. Apa saja?



Tempat wisata keluarga di Semarang yang tempatnya nggak jauh-jauh amat itu masih agak jarang. Makanya waktu diajakin untuk menjajal sebuah tempat wisata keluarga yang lokasinya nggak jauh dari kota, saya langsung bersemangat.

Kalau sudah kenal dengan Desa Wisata Kandri dan Goa Kreo, tempat wisata keluarga yang bernama d'Pongs ini nggak jauh dari sana.

Lokasinya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan, baik pribadi maupun jika harus mengandalkan aplikasi online untuk memesan transportasi. Salah satu  penyedia jasa transportasi online membandrol ongkos perjalanan dari area Sam Poo Kong sebesar 23.000,- saja. Sangat terjangkau kan.

Perjalanan yang nggak makan waktu lama dari area kota juga bakal jadi salah satu kelebihan d'Pongs. Selain juga karena konsep wisatanya yang mengusung bermain di alam terbuka masih jarang diadopsi oleh tempat-tempat wisata yang dekat di perkotaan.

Memasuki areanya, kita akan disambut sebuah gerbang dengan tulisan d'Pongs berwarna oranye. Cukup eye catching di tengah rimbunnya area hijau di sekitarnya.

Masuk semakin ke dalam, kita bakal menemukan sebuah rumah pohon yang masih dalam proses pembangunan. Menurut pemilik d'Pongs, area wisata tersebut memang dibangun bertahap sehingga setiap momen akan ada kejutan baru buat pengunjung.

Kalau diamat-amati, memang sih, cukup banyak kejutan yang saya dapatkan ketika pertama kali masuk. Apa saja?

Hammock Bertingkat

Waktu pertama masuk langsung tertarik dengan rentangan hammock bertingkat yang menggantung di bawah pohon durian. Wah, bisa leyeh-leyeh di situ tampaknya seru. Tapi nanti kalau pohon duriannya berbuah gimana? Hehehe, pasti itu sudah diperkirakan oleh pengelola, ya.


Yang belum terpikirkan saat itu adalah gimana ya, caranya naik hammock yang bertingkat macam itu tanpa tangga? Ternyata ada teknik khusus. Kita mesti memanjat dari hammock di tingkat paling bawah, lalu menaikkan kaki ke bagian bawah hammock di tingkat lanjutannya, sambil berusaha menggulung tubuh agar terangkat.

Selanjutnya kalau sudah berhasil, tinggal ongkang-ongkang kaki menikmati semilir angin sambil tidur-tidur ayam di atas hammock.

Wahana Memanah 

Leyeh-leyehnya jangan lama-lama yaah. Coba ajak anak-anak untuk menjajal olahraga ketangkasan yang disunahkan oleh nabi, yaitu memanah. Seru banget, deh. Peralatannya termasuk niat, pakai jenis busur yang juga biasa dipakai anak saya berlatih panahan juga. Panahnya juga cukup oke.


Berlatih untuk fokus dan mengasah keterampilan membidik buat anak-anak cukup bagus lhoo buat meningkatkan daya konsentrasi mereka. Kalau belum bisa sama sekali juga nggak perlu khawatir karena ada pembimbing yang mengarahkan.

Mini Trail & ATV.

Di seputaran area memanah dan hammock bertingkat tadi, kita juga bakal melihat ada banyak ban warna-warni yang dijadikan jalur untuk bermain mini trail dan ATV.


Sudah saatnya untuk menyalurkan hasrat main balap-balapan, nih. Eh tapi karena tracknya terbatas, nggak perlu ngebut-ngebut juga sih. Cukup mengelilingi area yang ada, sambil menikmati kontur tanah yang naik turun.

Sayangnya, karena sama-sama berada di lokasi tempat hammock berada, suara bising dan bau asap kendaraan juga bisa menganggu pengunjung yang lain. Tapi so far, wahana ini cukup menghibur buat pengunjung.

OutBond with High Rope

Kalau belum puas menguji adrenalin dengan mainan ATV dan mini trail, coba deh, jajal kemampuan otot tangan kalian bergelantungan di wahana high rope. Selain bermain dari ketinggian dan bikin deg-degan, wahana ini bakal melatih keterampilan motorik kasar anak-anak lho.

Jangan khawatir, ada instruktur yang mendampingi, dan peralatannya pun aman. Seru deh, berpindah dari satu pohon ke pohon yang lain dengan meniti tali, kayu, dan jembatan gantung.

Extreme Flying Fox.

Buat kamu yang adrenalin junkie dan nggak puas sama permainan receh, cobain flying fox di sini. Lihat tingginya aja udah bikin keder. Apalagi waktu kita berhasil meluncur dari tali dengan kecepatan yang lumayan dan track yang cukup curam. Panjangnya 40-50 meter dan tingginya 8 meter.

Flying fox ini jalurnya dimulai dari atas kandang kuda menyeberang hingga ke dekat kandang rusa. Lagi-lagi, nggak usah khawatir dengan safety. Semua dijamin aman.

Memberi Makan Rusa 

Habis flying fox, ademin dulu aktivitasnya dengan berjalan-jalan menuju ke kandang rusa. Ada cukup banyak rusa di dalam kandang yang juga cukup luas dan bersih. Rusa-rusanya pun terlihat sangat terawat. Selain karena memang pemberian dari Pak Jokowi, pengelola juga merawat rusa-rusa ini dengan baik.


Untuk memberi makan, kita bisa masuk ke kandangnya langsung. Biasanya mereka mengonsumsi ubi yang sudah dipotong-potong. Lahap banget makannya. Sampai pas kita masuk, rusa-rusa ini sudah langsung excited menyerbu pengunjung.

Berkuda.

Ini yang kenapa saya bilang, d'Pongs selalu punya kejutan di setiap wahananya. Mereka juga punya istal kuda yang berisi kuda-kuda impor yang tinggi besar dan gagah-gagah. Bukan nggak suka produk lokal, ya. Tapi kuda-kuda impor memang lebih banyak dijadikan kuda pacuan karena badannya tegap.

Salah satu yang bikin saya pengin menjajal naik kuda di d'Pongs salah satunya karena kuda-kudanya terlihat sangat terawat dan sehat-sehat. Ada juga kuda poni yang bisa dinaiki oleh anak-anak.

Paint Ball.

Aktivitas ini jadi semacam 'gong' kalau pas berkunjung ke d'Pongs. Lebih seru lagi kalau kita bisa mengajak teman-teman satu komunitas untuk menjajal permainan ini. Dibagi ke dalam dua grup: merah dan biru. Kedua kelompok kemudian akan dibagikan seragam paintball yang keren dan kualitasnya sangat oke.

Selain pakaiannya, peralatan safety dan juga senjatanya terbilang masih baru dan berkualitas baik. Selanjutnya, masing-masing kelompok bisa masuk ke arena 'perang' dan mulai menembakkan peluru untuk mengalahkan 'lawan' dan merebut benteng pertahanan.

Minuman Segar Pelepas Dahaga.

Pergi ke wahana wisata keluarga nggak lengkap kalau nggak sekalian mencicipi kuliner yang tersedia, ya kan? Nah, di dPong's ini sudah ada area food court yang khusus menyajikan makanan dan minuman yang bisa dipilih sesuai selera.


Namun kalau ke sini jangan sampai melewatkan minuman yang asli buatan dPong's sendiri.


Ada berbagai pilihan rasa yang bisa dicoba, mulai dari Green Tea, Chocolate Mint, Red Velvet, Vanilla, dll. Semua bisa dipilih sesuai selera.

Seru banget kan wahana wisata keluarga ini. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Ngga ada salahnya akhir pekan besok mengajak keluarga untuk main-main ke d'Pongs. Nanti ceritakan pengalaman kalian main ke sini, ya.

4 comments:

  1. wah seru sekali kayaknya, permainan nya banyak sekali. Boleh diagendakan lah kesana weekend ini.

    ReplyDelete
  2. Bisa buat yogaan kah mbak Nia?kayaknya asyik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba, ada kayak pendopo gitu. Kmrn malah kata ownernya mau dipakai untuk lomba senam juga.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...