Monday, November 26, 2018

Antarkan Kebaikan Bersama Paxel


Berkembangnya ekonomi kreatif yang ditunjang oleh teknologi digital di tahun-tahun belakangan ini memunculkan banyak entrepreneur baruBaik yang bergerak sebagai produsen suatu produk, maupun di bidang jasa. Tidak sedikit pula entrepreneur yang membutuhkan bantuan jasa logistik untuk mengembangkan usahanya. Sewaktu masih fokus berjualan di Little Oranic Kitchen, saya termasuk yang sangat membutuhkan bantuan dari jasa pengiriman untuk bisa menjangkau konsumen. Baru pada tahun ini saya mengenal Paxel, sebuah jasa logistik yang berbasis teknologi. Tagline: 'Antarkan Kebaikan Bersama Paxel' membuat saya tertarik dengan jasa pengiriman ini. Kira-kira apa saja kelebihannya.

Ini Perbedaan Mendasar Paxel dengan Jasa Pengiriman Lainnya. 


Pertama, karena berbasis aplikasi di ponsel pintar membuat setiap pelanggan bisa menentukan sendiri kapan barang ingin diambil untuk diantar oleh kurir, yang di Paxel disebut dengan "Hero". Pelanggan dapat dengan leluasa memilih jam bahkan hari pengiriman.

Kedua, pelanggan tidak perlu repot menanyakan status pengiriman karena dengan teknologi yang digunakan, statusnya terlacak real time dalam aplikasi. Jika pengiriman mengalami keterlambatan, Paxel akan mengembalikan kredit senilai tarif yang telah dibayarkan tanpa merugikan kurir.

Ketiga, model bisnis Paxel adalah sistem estafet. Pelanggan yang ingin mengirim barang akan didatangi oleh kurir. Lalu, kurir akan mengantarkan barang ke smart locker terdekat di lokasi tujuan pengiriman. Kemudian, barang tersebut akan dikirimkan oleh kurir yang berada di wilayah itu ke penerima. Maksimal 8 jam, barang akan sampai di tempat tujuan.

Nah, dari ketiga hal tersebut sudah jelas kan, apa perbedaan Paxel dengan jasa pengiriman lainnya. Sebentar, saya juga bakal cerita nih, kenapa kemudian Paxel punya tagline #AntarkanKebaikan

Di Balik Tagline #AntarkanKebaikan



Pada kesempatan Blogger Gathering di Hans Coffee Veteran yang saya hadiri, saya mendapatkan kesempatan untuk menyimak kisah Bapak Djohari Zein (Pendiri Company Group Global Basket Mulia Investama) tentang latar belakang didirikannya Paxel.

Beliau berpesan untuk selalu menebar kebaikan, karena beliau percaya bahwa “Hanya dengan satu kebaikan niscaya balasan yang didapat sebesar 700 kali lipat dari Tuhan”. Maka tidak heran jasa ekspedisi satu ini memilki tagline “Take the First Move” dengan niat #antarkankebaikan agar mendapatkan keberkahan.

Paxel sendiri merupakan singkatan dari PAX : Package or People, EL : Accelerate yang artinya bergerak. Filosofi dari Paxel adalah bergerak ke mana saja agar bisa #AntarkanKebaikan sehingga simbol yang dipakai adalah dua panah dengan arah berlawanan.

Hal ini pula yang membuat Paxel banyak terlibat dalam kegiatan sosial, sesuai dengan tagline brand Paxel yaitu #AntarkanKebaikan. Pada acara Blogger gathering tersebut juga diperkenalkan salah satu program yang diberi dukungan penuh oleh Paxel yaitu Rumah Harapan Indonesia.

Jadi visi Paxel tuh, ngga cuma berbisnis. Perusahaan dengan motto "Antarkan Kebaikan" itu juga menjalin kerjasama dengan beberapa yayasan di Jakarta yang bergerak pada bidang kesehatan, kemanusiaan (khususnya anak-anak), dan pendidikan. Beberapa yayasan yang menjadi mitra Paxel adalah Gerakan Indonesia Mengajar dan Yayasan Pita Kuning di Jakarta Selatan, Indonesia Street Children Organization (ISCO) di Jakarta Barat, Yayasan Nara Kreatif dan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) di Jakarta Timur.

Lalu, Apa Kelebihan Paxel Dibandingkan Jasa Pengiriman Lainnya.


  1. Sameday Delivery Service. Keunggulan Paxel diantara kompetitor lainnya adalah jaminan paket diterima pada hari yang sama (sameday delivery service). Untuk waktu pengiriman juga dapat diatur sesuai keinginan. Nah, ini pas banget untuk pengusaha makanan seperti saya. Kue-kue yang frozen bisa sampai tepat waktu tanpa kuatir meleleh. 
  2. Set Own Schedule. Paxel menawarkan kemudahan, selain jadwal penerimaan yang dapat diatur juga dapat melihat status keberadaan barang (shipment tracking), seperti jam berapa barang di pick up, posisi barang sudah sampai mana lengkap dengan waktu estimasi barang sampai ditempat penerima. 
  3. No Pick Up Cancellation. Kelebihan Paxel lainnya dapat dilihat dari para kurir (Heros) yang tersebar di beberapa titik pelayanan coverage area Paxel. Tidak ada istilah cancel lho jika sudah dibooking untuk melakukan pengiriman. 
  4. Money Back Guarantee. Paxel memberikan garansi uang kembali jika kurir melakukan pick up datang terlambat. 
  5. Insurance Until 10 million. Paxel memberikan asuransi jika terjadi kehilangan atau kerusakan paket hingga total nilai barang hingga Rp. 10 juta. 
  6. Flat Price. Keunggulan yang ditawarkan oleh Paxel adalah tarifnya yang flat dengan kategori berdasarkan ukuran paket.
  7. Good Packaging. 
Langkah-Langkah Menggunakan Paxel 



  • Download aplikasi Paxel di playstore, lalu Create Account
  • Akun kita langsung mendapat saldo Rp.100.000 
  • Buat pengiriman, lalu tulis alamat lokasi pengambilan dan tujuan. 
  • Ketik lanjut, lalu 
  • Pilih berat paket; Small, Medium, Large atau Custom. Maksimal berat 10 Kg. 
  • Isikan nama pengirim, penerima dan jenis barang 
  • Buat pengiriman. 
Dari pengalaman pertama menggunakan Paxel dan menerima paket dari orang yang mengirim dengan Paxel, saya cukup puas dengan layanan tersebut. Pangsa Paxel masih terbuka luas, apalagi dengan menambahkan satu kelebihan, yaitu memiliki misi sosial maka sangat mungkin ke depannya Paxel akan digemari oleh para wirausaha yang bergerak di bidang e-commerce

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...