Monday, November 12, 2018

Belajar Personal Branding Dan Menjadi Influencer Di Purbasari Influencer Academy Semarang 2018.


Bulan Oktober lalu, saya bersama beberapa teman-teman blogger mengikuti Purbasari Influencer Academy (PIA) yang berlangsung di Hotel Gets, Semarang (20-10-2018) banyak ilmu keren yang saya dapatkan di acara tersebut, salah satunya bisa belajar soal personal branding, bagaimana merias wajah dengan produk-produknya Purbasari, sampai membuat foto produk yang oke. Meski bukan seorang beauty blogger, acara ini cukup menambah wawasan dan semangat saya buat terus profesional di ranah dunia per-blogging-an.



Hotel Gets pagi itu dibanjiri para perempuan cantik yang mengenakan kombinasi pakaian berwarna putih dan merah jambu. Saya sendiri mengenakan setelan hitam-hitam dengan aksen atasan berlengan garis-garis. Bukan karena ingin tampil beda, tapi hari itu saya dan Ira Sulistiana didapuk untuk menjadi seksi rempongnya PIA di Kota Semarang, hehehe. Jadi supaya membedakan dengan peserta lainnya.

Pukul sembilan pagi para peserta sudah berbaris untuk melakukan daftar ulang. Area bagian depan yang mengarah ke ballroom tempat PIA berlangsung sudah disulap menjadi konter Purbasari dan photobooth yang didesain meriah. Warna hitam dan emas mendominasi dekorasinya, juga tambahan pernak-pernik girly seperti bebungaan dan balon, menandakan acara ini memang diperuntukkan bagi perempuan.

Acara dihadiri oleh peserta yang terdiri dari blogger, influencer, MUA, dan beauty enthusiast yang sudah sejak lama akrab dengan produk-produk Purbasari. “Dulu banget, kita mengenal Purbasari itu cuma sebagai lulur mandi saja,” ujar salah satu Beauty Consultant yang juga ikut mengawangi acara sebagai MC pagi itu, “sekarang produknya sudah lengkap. Mulai dari matte lipstick yang nge-hits sampai alas bedak, eyeliner, dan mascara, juga compact powder sekarang sudah ada.”

Saya pribadi mengenal Purbasari untuk pertama kalinya juga karena produk lulurnya, kemudian ketika Purbasari mengeluarkan lip matte-nya, saya termasuk penggemar lipstik matte No. 51 yang bikin warna wajah jadi kelihatan seger.

Tahun ini, giliran Semarang yang mendapatkan kesempatan istimewa dari Purbasari. Didatangi oleh figur-figur yang cukup terkenal di bidangnya untuk berbagi ilmu terkait menjadi seorang influencer. Ada Anunk Aqeela, seorang desainer muda asal Jogja yang berbagi ilmu tentang Personal Branding. Kemudian ada juga Selebgram dan MUA IniVindy dari Malang yang membagikan ilmu merias wajahnya, dan terakhir ada Natasha Estelle yang mengajari peserta ilmu fotografi menggunakan kamera DSLR.

Tiga Ilmu Penting Menjadi Seorang Influencer : 


Personal Branding.


Kalau dipikir-pikir, ketiga ilmu tadi memang cukup penting bagi seorang Influencer. Apalagi di era digital dan sosial media seperti sekarang ini. Dari Anunk Aqeela ada beberapa ilmu personal branding yang bisa kita pelajari antara lain :


  1. Kiat yang pertama adalah untuk selalu menggunakan nama panggung yang sama. 
  2. Buat story telling yang menarik tentang dirimu. 
  3. Perluas jejaring. 
  4. Buat goal yang terukur. 
  5. Selalu melakukan pengembangan diri. 
  6. Uang bukan satu-satunya indikasi kesuksesan. 
  7. Pilih persona 
  8. Pilih platform yang sesuai dengan karyamu. 


Tata Rias Diri Sendiri. 

Dari IniVindy, saya mencuri beberapa kiat merias diri yang cukup praktis dilakukan sehari-hari, terutama karena saya termasuk orang yang males berlama-lama dandan. Eh, udah pada tahu IniVindy kan tapinya. Kalau belum kepoin dulu ya, Instagramnya.

Dia ini adalah seorang selebgram sekaligus MUA yang cukup terkenal, lho. Kiat-kita dari IniVindy antara lain :


  1. Nggak usah terlalu melakukan penekanan pada alis. Iya bikin alis memang bikin stres, makanya lakukan ini belakangan. Mulai dari yang mudah dulu. 
  2. Jangan lupa pakai tabir surya dan pelembab wajah biar pas mengenakan riasan hasilnya halus dan nggak pecah-pecah. 
  3. Kalau malas bikin kontur atau shading, pakai blush-on dari bagian tengah hidung ke arah luar kemudian ke bagian atas pipi kiri dan kanan sudah bisa mengatasi agar wajah kita nggak terlihat flat. 


Fotografi. 

Keterampilan memotret memang nggak kalah penting bagi seorang influencer, bahkan bisa dibilang krusial sih, kalau menurut saya. Seringkali bahkan kita harus bisa memotret produk sendiri dan nggak bisa mengandalkan orang lain. Dari Natasha, yang bisa dipelajari adalah gimana caranya mengoptimalkan perangkat kamera yang kita miliki. Misalnya nih, kita harus tahu tentang shutter speed, ISO, dan aperture.

Tiga hal sederhana ini harus diketahui oleh pengguna kamera DSLR, lho.

Selain mendapatkan ketiga ilmu di atas, pulang dari PIA ini saya juga dapet hadiah lhoo, yaitu 7 macam Lipstick Purbasari Hi-Matte Lip Cream, Purbasari Lipstick Color Matte No. 91, Oil Control Matte Powder Hydra Series, lotion, sabunsirih, dan lulur mandi. Tunggu ulasan untuk shades Lipstick Purbasari Hi-Matte Lip Cream yang terbaru, ya. Yang pasti sih, sekarang saya punya warna favorit terbaru selain Lantana.

1 comment:

  1. Paling seru bagian Ini Vindy. Rempong sendiri malah kelewatan materinya. Hehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...