Tuesday, April 16, 2019

Staycation di Grand Candi : Hotel Bernuansa Galeri Seni Di Semarang

Staycation di Grand Candi : Hotel Bernuansa Galeri Seni Di Semarang

Ingin melepas penat sambil mengagumi keindahan karya seni di sebuah galeri, sekaligus bermalam di dalamnya? Cobalah pengalaman staycation di Grand Candi, sebuah hotel dengan nuansa galeri seni di Semarang. Hotel yang berada di kawasan ekspatriat yang juga terkenal sebagai lokasi dengan kafe-kafe instagramable ini menjadi salah satu hotel yang direkomendasikan untuk melakukan staycation. Ini dia beberapa alasannya.

Jika berkunjung ke Kota Semarang, kebanyakan orang sudah hapal dengan pembagian kota atas dan kota bawah. Pusat ekonomi, pemerintahan, dan hiburan memang berada di daerah Semarang bawah, sementara daerah atas bisa dibilang sebagai kawasan pemukiman dan pendidikan.

Cuaca di kota bawah dan kota atas juga relatif berbeda. Beberapa orang yang lama tinggal di daerah atas pasti akan bilang kalau daerah bawah itu sumuk. Ada benarnya juga sih, karena daerah atas memiliki kontur berbukit dan relatif masih lebih hijau. Nah, Grand Candi Hotel ini bisa dibilang terletak di tengah-tengah antara daerah atas dan bawah.

Dari jendela kamarnya, kita masih bisa melihat pemandangan hijaunya Bukit Sari, plus juga cuaca yang relatif lebih sejuk. Kawasan hotel juga terbilang bersih, nyaman, dan tidak seramai serta sepadat di daerah bawah. Lokasi inilah yang membuat Grand Candi Hotel terbilang strategis. Kalau mau jalan-jalan ke daerah atas nggak terlampau jauh, mau ke daerah bawah juga cukup dekat.

Alasan lainnya adalah lokasinya yang berada di antara kafe-kafe instagramable. Ada My Kopi O yang terkenal dengan sajian makanan dengan porsi relatif besar, ada S2 yang memiliki beberapa resto dan kafe andalan, salah satunya yang menyajikan makanan peranakan, yaitu Seruni. Juga ada Ohana yang secara arsitektural tampak minimalis, clean, namun instagramable.

Berbagai sajian kuliner lokal hingga mancanegara juga ada di kawasan Sisingamangaraja, mulai dari seafood hingga makanan Korea. Staycation di Grand Candi akan membawa kita pada sebuah atmosfer menginap di kawasan ekspatriat yang hidup sekaligus hip. Meski begitu, kawasan ini juga relatif tenang.

Jika ingin kabur sejenak dari rutinitas yang padat di daerah bawah maka hotel bintang lima ini bisa menjadi pilihan. Di Grand Candi Hotel, kita juga bisa mencoba olahraga Power Swing. Jadi, sambil melepas penat dengan menikmati berbagai instalasi seni yang ada di setiap sudut hotel, kita juga bisa melakukan olahraga yang cukup digemari ini.

Area Lobby Grand Candi Hotel Dan Karya Seni di Sudut-Sudutnya. 

karya seni di lobby hotel grand candi semarang

hotel dengan konsep gallery di Semarang

Grand Candi Hotel memiliki 10 lantai dan termasuk salah satu deretan hotel mewah di Kota Semarang. Salah satu yang membuat hotel ini terlihat stand out dibandingkan hotel berbintang lima lainnya di Semarang adalah karena di setiap sudut hotel bahkan di area kamar kita dapat menemukan berbagai jenis karya seni yang dipajang. Mulai dari patung, instalasi, hingga lukisan.

Kesan artsy, unik, dan berbau komedi bisa kita temukan ketika memasuki area lobby. Berbagai instalasi seni berupa patung menyambut pengunjung hotel. Ada manusia yang dikekang oleh seekor anjing Dalmatian, bocah cilik dengan tubuh berwarna merah, hingga mobil VW Beetle yang seolah digulung hingga berbentuk bola.

Tidak ada pakem pasti mengenai jenis instalasi seninya, apakah berbau etnik dan tradisional, ataukah penggabungan yang ekletik dalam bentuk modern art. Hanya saja semua instalasi seni tersebut berpadu cukup apik dan dapat berbaur dengan interior yang bergaya klasik.

Lantai marmer, pencahayaan yang pas di mata, langit-langit yang tinggi, serta tangga semi ulir semakin menonjolkan kesan mewah dari hotel ini. Di berbagai sudut kita juga bisa menemukan pajangan berupa patung dari tembaga yang berbentuk manusia, atau aneka lukisan yang juga menceritakan kisah-kisah legenda asal nusantara.

Satu yang menjadi sedikit catatan adalah penataan tempat duduk di area lobby. Meski terlihat nyaman, namun area merokok dan area tidak merokok tidak memiliki batasan yang jelas. Terkadang suasana ini cukup menganggu, misalnya ketika sedang asyik menikmati aromaterapi yang menguar di udara, kemudian diadu dengan bau asap rokok dari area tempat duduk lobby yang tersembunyi.

Pelayanan Yang Ramah dan Informatif. 

Ketika kita menginap di sebuah hotel, salah satu yang menjadi pertimbangan terutama bagi wisatawan luar kota adalah seberapa ramah dan informatifnya staf hotel. Beberapa kali menginap di suatu hotel, saya selalu mendapatkan rekomendasi tempat wisata atau tempat makan dari staf hotelnya. 

Selain tentunya ramah dalam menyambut tamu yang menginap, staf yang ada di Grand Candi Hotel juga cukup informatif dalam memberikan informasi, baik seputar kegiatan yang berlangsung di hotel, maupun ketika meminta rekomendasi tempat wisata. Sesuai dengan motto mereka, yaitu ‘We Care and Smile’ Grand Candi Hotel Semarang cukup menjaga komitmen untuk memberikan pelayanan yang ramah dan cekatan.

Kamar Junior Suite Tempat Staycation

Saat staycation kali ini, saya beruntung bisa menempati kamar junior suite yang cukup lapang dan memiliki pemandangan ke arah area perbukitan di daerah atas. Grand Candi Hotel sendiri memiliki 198 kamar, termasuk di dalamnya  suite mewah dengan desain kontemporer, mulai dari tipe deluxe, grand deluxe, executive club, junior suite, executive suite, royal suite hingga presidential suite.

junior suite room grand candi hotel

living room junir suite grand candi hotel

amenities bathroom grand candi hotel

Semua kamar dilengkapi dengan akses gratis internet berkecepatan tinggi baik broadband maupun WiFi serta fasilitas lainnya seperti LCD TV dengan lebih dari 50 saluran, mini bar, pembuat teh atau kopi, telepon dan IDD, safe deposit sampai dry cleaning.

Hotel Grand Candi sendiri termasuk yang memiliki kamar executive suite terbanyak di antara hotel berbintang lima lain di Semarang, yaitu 24 kamar. Kamar yang saya dan keluarga tempati pada saat staycation adalah kamar bertipe Junior Suite yang berada di Lantai 3. Lokasi kamarnya berada di sudut yang terpisah dari kamar-kamar lainnya.

Posisi inilah yang membuat kamar Junior Suite memiliki pemandangan keluar yang cukup breathtaking. Lokasi ini juga membuat pencahayaan ruang ketika pagi dan siang hari terasa nyaman di mata, dan semakin menonjolkan nuansa yang fresh. Terutama karena penempatan sofa panjang berwarna orange di area living room. 

Secara keseluruhan, kamar junior suite ini sangat nyaman untuk dihuni. Kamar mandi dilengkapi dengan bathtub dan tempat shower yang terpisah. Living room dan meja kerja berada di area dekat pintu masuk, kabinet TV memisahkan area tidur. Untuk kamar tidurnya, saya memberikan penilaian 4,5 untuk lima bintang. Kasurnya nyaman, bantal dan guling juga empuk dan wangi.

Sarapan Dan Hidangan Di Grand Candi Hotel Semarang.

barbeque di grand candi hotel

chef di grand candi hotel

Salah satu hal yang selalu ditunggu-tunggu dan dijadikan andalan ketika melakukan staycation bersama keluarga adalah saat menikmati hidangan sarapan pagi di hotel, juga mencicipi sajian kuliner yang khas hotel tersebut. 

Grand Candi Hotel memiliki satu signature restaurant yang mengusung kuliner khas Chinese, yaitu Xiang Yuen yang menyajikan masakan tradisional Kanton. Selama periode bulan April ini juga sedang ada promo All You Can Eat Dimsum dan Steamboat. Sementara itu sarapan dan makan malam berlangsung di Kafe Flamboyan yang menyajikan masakan Eropa, Indonesia, dan Asia.

Saat menginap di Grand Candi Hotel, malam harinya, saya dan keluarga juga mencicipi sajian Barbeque di Kafe Flamboyan. Berbagai jenis seafood seperti kerang dan ikan disajikan segar, kemudian siap diolah oleh chef ketika sudah kita pilih, dengan tambahan berbagi bumbu sesuai selera, hidangan barbequenya menjadi terasa istimewa.

Pagi harinya, sarapan ala hotel bintang lima menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Ada beberapa hidangan yang menurut saya menjadi andalan, selain sarapan ala baratnya, yaitu berbagai hidangan tradisional yang merepresentasikan kuliner khas Semarang. Meski tidak begitu banyak, namun hidangan berupa bubur ayam khas pecinan dan nasi gurih cukup mengobati kerinduan akan hidangan tradisonal ala hotel berbintang.

Dari semua pengalaman menikmati hidangan di Grand Candi Hotel, saya bisa memberikan nilai 3,5 dari lima bintang untuk sarapan pagi dan 4 dari lima bintang untuk hidangan makan malam dan barbeque-nya. 

Kegiatan Ramah Anak & Keluarga. 

salah satu sudut dengan akuarium di grand candi hotel

Staycation sambil mengajak keluarga dan anak-anak membuat sebuah hotel wajib memiliki setidaknya kids corner dan swimming pool. Anak-anak selalu menantikan momen ketika mereka bisa berenang di hotel. 

Untuk bagian ini, bisa dikatakan Grand Candi Hotel dapat memenuhi ekspektasi pengunjung keluarga yang membawa anak-anak. Kolam renang yang bersih dan area sekitarnya yang tertata apik, juga adanya Grand Sport untuk ngegym, juga lapangan tenis. Sayangnya, saya belum menemukan info adanya kids corner. Mungkin karena sebagian besar pengunjung Grand Candi Hotel adalah pebisnis. 

Beberapa fasilitas tambahan lainnya, misalnya Chillout Sky Lounge yang menampilkan pemandangan perbukitan dan Gunung Ungaran, pemandangan kota hingga laut dari kejauhan, cukup menjadi sarana hiburan jika ingin menghabiskan malam hari di Grand Candi Hotel. 

Beberapa fasilitas lain yang juga bisa dinikmati pengunjung Grand Candi Hotel, misalnya baru-baru ini GCH sudah menjalin kerjasama dengan maskapai penerbangan Citilink Indonesia. Dengan menunjukan Boarding Pass Citilink, tamu Grand Candi Hotel secara otomatis akan mendapatkan harga menginap spesial di kamar Deluxe. Harga bagi pelanggan Citilink tersebut sudah termasuk sarapan untuk dua orang.


Dari semua pengalaman di atas, secara keseluruhan pengalaman menginap di hotel berkonsep galeri ini termasuk memuaskan, baik dari segi pelayanan, kamar, hingga hidangannya. Saya merekomendasikan hotel ini bagi pebisnis yang ingin merasakan ketenangan dan ingin beristirahat dengan nyaman. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat keramaian di daerah bawah, maupun daerah atas yang terdiri dari pemukiman dan tempat wisata alam cukup ideal jika ingin sekaligus berwisata alam atau kulineran di daerah atas.

Jadi, sudah kepikiran mau staycation di mana saat berkunjung ke Semarang?

2 comments:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...