Friday, August 30, 2019

Cara Membangun Kreativitas Anak

Cara Membangun Kreativitas Anak



Kreativitas merupakan salah satu elemen penting dalam mendukung anak untuk mengembangkan dirinya. Anak bisa melatih kreativitasnya saat sedang belajar di sekolah atau berinteraksi dengan lingkungan. Ada banyak manfaat bagi anak yang memiliki kreativitas. Mulai dari kemampuan menyelesaikan masalah, baik sendiri maupun berkelompok, memiliki variasi solusi, kritis, lebih percaya diri, dan bisa melihat suatu masalah dari berbagai macam sudut pandang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membangun kreativitas anak.



1. Ajak mereka membaca dan bermain.


Permainan sebenarnya sebuah cara problem solving

Permainan sebenarnya sebuah cara problem solving yang dibuat menyenangkan. Anak akan diperintahkan untuk mengikuti sebuah aturan dalam permainan, sehingga mereka juga perlu berpikir. Masalah bisa diselesaikan bila anak mempunyai berbagai macam sudut pandang, oleh karena itu permainan yang menyenangkan bisa menjadi sarana pengembangan kreativitas anak.

Ajak anak untuk bermain permainan yang komplit, sehingga pikiran dan tenaga bisa digunakan secara seimbang. Misalnya main tebak gambar, tebak angka, tebak kata, atau beberapa permainan lain yang bisa divariasikan. Jangan sampai anak hanya bermain kejar-kejaran saja atau olahraga. Walau bisa melatih fisik, permainan tersebut masih belum cukup dalam memicu kreativitas anak.

2. Ajak mereka membaca buku. 


 ajak anak untuk berimajinasi bersama buku

Untuk melihat berbagai sudut pandang dalam sebuah masalah, maka anak juga memerlukan wawasan yang lebih luas. Oleh karena itu, ajak anak untuk berimajinasi bersama buku yang bisa kita ceritakan. Bacakan buku yang sekiranya mampu mengajak anak untuk ikut berpikir dan menyelesaikan masalah. Ajak juga mereka untuk mengira bagaimana penggambaran seorang tokoh. Mulai dari suaranya, gerakannya, hingga warna pakaiannya.

Imajinasi anak akan semakin luas jika ia memiliki bacaan yang tepat. Membiarkan anak membaca komik tidak menjadi masalah, asalkan kita sedikit demi sedikit mengajak anak untuk mempelajari buku yang lain. Manfaat lain dari membaca buku adalah, perbendaharaan kata anak akan bertambah, sehingga kemampuan linguistik mereka juga turut berkembang.

3. Seni dan kerajinan. 



Agar bisa berinteraksi dengan lingkungan sosial dan mendapat pendidikan yang baik, anak juga harus memiliki bekal keterampilan yang baik. Salah satu cara yang bisa kita gunakan agar anak menjadi terampil adalah dengan mengajak mereka membuat kerajinan tangan. 

Cara ini mungkin sudah umum dilakukan oleh para orang tua. Namun hasil akhir yang diinginkan bukanlah bagus atau tidaknya kerajinan yang mereka buat. Tetapi lebih kepada proses belajar aktif yang telah mereka jalani. Walau hasilnya kurang bagus tentu kita bisa melihat ide-ide yang ingin mereka kembangkan, inovasi yang berbeda dengan anak lainnya, atau metode yang berbeda namun menghasilkan kesenian yang sama.

Hal tersebut tentu lebih penting dari hanya sekedar menghasilkan barang bagus saja.

4. Eksplorasi lingkungan sekitar.



Mengajak anak untuk keluar rumah bukan hanya untuk melepas penat dan menghirup udara segar saja. Akan tetapi, hal ini dilakukan agar otak anak bisa lebih peka dan melakukan observasi pada sesuatu yang baru mereka lihat.

Ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari oleh anak di lingkungan luar rumah mereka. Mulai dari tanaman, hewan, sungai, kebun, sawah, dan banyak lagi lainnya. Semakin banyak yang mereka eksplore tentu wawasan mereka juga akan semakin bertambah.

5. Biarkan anak bermain bersama teman sebaya mereka. 




Berkumpul secara berkelompok merupakan hal yang terpenting bagi mereka. Keterampilan sosial anak akan terlatih sehingga ia memiliki keberanian untuk tampil di depan umum. Selain itu kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah juga akan terlatih.

Kita juga bisa melihat karakter anak ketika mereka berkumpul secara kelompok. Apakah anak kita anak yang aktif dan dominan, atau cenderung pasif dan penyendiri. Dari situ kita bisa mengetahui metode belajar mana yang paling cocok untuk anak kita.

Memastikan pendidikan anak terjamin di masa depan merupakan salah satu alasan mengapa kreativitas anak perlu dibangun. Namun, kita juga harus memikirkan perencanaan yang lebih jauh lagi. Terutama dalam memastikan kita memiliki dana yang cukup untuk membiayai pendidikan anak.

Oleh karena itu kita bisa mempertimbangkan untuk mengambil asuransi pendidikan bagi anak. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari asuransi ini, salah satunya menjamin anak mendapatkan pendidikan terbaik di masa depan. Nah, untuk tahu banyak informasi asuransi, tak ada salahnya untuk selalu update. Salah satunya melalui blog asuransi seperti Lifepal.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...