Friday, November 1, 2019

Tips Tepat Menata Meja Kerja Agar Lebih Nyaman

Tips Tepat Menata Meja Kerja Agar Lebih Nyaman

Memiliki meja kerja yang tepat sangat penting untuk menunjang kenyamanan kita selama bekerja. Jika asal-asalan dalam menata meja untuk bekerja maka hal ini bisa berdampak terhadap kinerja yang menurun. Kita juga jadi malas untuk beraktivitas di tempat tersebut. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menata meja yang dibutuhkan untuk bekerja. Jika teman-teman masih cukup awam mengenai cara menata meja yang digunakan untuk bekerja, maka di bawah ini adalah panduan yang tepat untuk dipraktekkan.


1. Pastikan agar meja untuk bekerja tetap rapi dan bersih.

Pastikan meja kerja rapi dan bersih


Menjaga kerapian dan kebersihan merupakan hal yang umum diketahui banyak orang, namun seringkali luput dan tidak dilakukan. Padahal, membiarkan meja yang digunakan untuk bekerja berantakan dan tidak bersih dapat mempengaruhi mood dan fokus kita, baik secara langsung maupun tidak.

Sebaliknya, meja kerja yang rapi dan bersih akan membuat kita semakin semangat dan dapat lebih fokus untuk bekerja.

Sebaiknya segera singkirkan sampah mengganggu yang ada di meja, misalnya jika senang ngemil, maka segera singkirkan bekas bungkus cemilan dari atas meja. Selain itu, wadah tempat cemilan yang sudah kosong juga sebaiknya disingkirkan saja.


2. File dan alat tulis dirapikan.

Gunakan organizer untuk alat tulis agar meja rapi

Alat tulis dan file-file yang berantakan di atas meja terkadang dapat ikut membuat pekerjaan kita semakin terganggu baik kita sadari atau tidak.

Untuk menata meja kerja agar terhindar dari file maupun alat tulis yang berantakan, sebaiknya manfaatkan organizer agar tatanan meja kerja lebih baik.

Kita bisa memasukkan dokumen yang sedang tidak dikerjakan ke dalam map, kemudian dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk dokumen penting dapat dimasukkan ke dalam tempat yang aman. Kemudian berikan label di semua file map tersebut. Sementara untuk alat tulis kecil sebaiknya sediakan wadah kecil sendiri di atas meja.

3. Barang yang tidak diperlukan lebih baik disingkarkan saja.

Bersihkan clutter dari meja kerja

Seringkali meja kerja ini kita gunakan untuk menyimpan berbagai macam barang baik barang yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tidak.

Jika barang-barang yang disimpan di atas meja sudah terlalu banyak bahkan cenderung mengganggu pekerjaan, maka sebaiknya segera pilah mana barang yang memang diperlukan maupun barang yang seharusnya diletakkan di tempat lain.

Kita bisa meletakkan barang yang tidak terlalu diperlukan di laci meja, dibuang atau dibawa pulang saja.

4. Usahakan di dekat meja ada tempat sampah.

Siapkan tempat sampah di dekat meja kerja

Sangat penting untuk memastikan bahwa di samping meja kerja ada tempat sampah. Tempat sampah ini dapat digunakan sebagai tempat untuk membuang kotoran seperti bekas sampah cemilan maupun kertas tidak dipakai.

Jika mengandalkan tempat sampah utama yang disediakan di kantor, maka kita akan cenderung menunda-nunda membuang barang yang sudah tidak digunakan. Alhasil, meja akan semakin kotor akibat sampah yang ditumpuk di atas meja.

5. Berikan secukupnya dekorasi hiasan di atas meja.

Pasang hiasan dan dekorasi secukupnya


Adanya hiasan dan pajangan di atas meja kerja terkadang dapat meningkatkan mood dalam bekerja. Mood booster ini bisa bermacam-macam, misalnya dengan memajang foto bersama keluarga ataupun pot tanaman bunga mini di atas meja.

Pajangan-pajangan ringan seperti ini dapat membantu meningkatkan semangat dan kenyamanan. Namun, sebaiknya jangan terlalu berlebihan memasang pajangan karena khawatirnya justru dapat mengganggu konsentrasi.

6. Pastikan agar mendapat pencahayaan cukup.

Tips menata meja kerja : mendapat cukup pencahayaan

Lampu dengan pencahayaan yang mendukung merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika menata meja untuk bekerja.

Apabila kita bekerja di bawah pencahayaan yang tidak memadai, hal ini akan mengganggu penglihatan bahkan dikhawatirkan dapat merusak mata.

Oleh karena itu, jika diperlukan, kita bisa menggunakan lampu meja yang diletakkan mengarah ke keyboard agar lebih terang.

Jika Anda mencari meja untuk bekerja yang memiliki desain ergonomis dan menunjang kebutuhan Anda, maka Bhinneka adalah tempat mencari yang tepat.

Bhinneka.com merupakan toko online terpercaya yang telah berdiri sejak tahun 1993. Sehingga kehandalan dan profesionalitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bhinneka juga memberikan penawaran berupa gratis ongkir bagi barang yang dijual.

1 comment:

  1. tips yang sangat bermanfaat bro ^^
    ditunggu artikel berikutnya ya
    simak artikel terbaru kita juga ya
    BAYERN NAIK PERINGKAT?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...