Saturday, December 28, 2019

5 Peralatan Dapur Ini Bakal Bikin Kamu Makin Semangat Masak!

5 Peralatan Dapur Ini Bakal Bikin Kamu Makin Semangat Masak!

Peralatan dapur merupakan alat yang selalu digunakan untuk pengolahan bahan makanan sampai menjadi makanan yang lezat. Agar dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga, para ibu wajib menyajikan masakan bergizi, sehat dan nikmat.



Sebagai ibu rumah tangga, pastinya sangat membutuhkan peralatan yang lengkap. Apalagi untuk yang suka memasak, peralatan dapur wajib lengkap agar menghasilkan masakan yang enak.

Adapun kriteria peralatan yang harus kamu ketahui yaitu tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh, memakai peralatan yang bisa berfungsi maksimal, tidak mudah rusak, memberikan tingkat kematangan yang sempurna, peralatan yang tidak berubah warna dalam memasak sehingga tidak mempengaruhi kualitas makanan.

Berikut adalah peralatan yang harus kamu miliki.

1. Pisau

Pisau memiliki berbagai macam fungsi. Menggunakan pisau yang tepat akan melancarkan semua pekerjaan di dapur.

Misalnya pisau roti yang bergelombang digunakan untuk memotong roti secara rapi dan tidak berantakan.

Alat satu ini mempunyai fungsi berbeda-beda dalam bentuk dan setiap jenisnya.

Ternyata pada satu set pisau ini terdapat sebuah gunting yang memiliki pegangan kokoh agar tidak cepat rusak dan kuat saat digunakan untuk memotong tulang seperti ikan atau daging ayam.

2. Talenan


Kamu juga harus memiliki peralatan dapur ini. Talenan terbuat dari bahan kayu dan plastik. Talenan plastik tidak mudah menyimpan bakteri dan lebih tahan lama dibandingkan dengan kayu.

Kamu harus bisa membedakan talenan dari bahannya agar mencegah terjadinya perpindahan bakteri. Kamu juga harus mempunyai talenan lebih dari dua, karena harus memisahkan berdasarkan bahan makanan seperti daging, ayam mentah, dan ikan yang menggunakan talenan berbahan kayu sedangkan untuk memotong buah dan sayuran menggunakan talenan berbahan plastik.

3. Panci


Ada berbagai macam bahan panci seperti, stainless steel, lapisan enamel, aluminium, hingga kaca tahan panas. Kamu harus memiliki alat masak ini dalam beberapa ukuran, mulai dari yang besar untuk memasak dalam jumlah yang banyak atau masakan berkuah seperti tekwan, sup, serta soto.

Untuk ukuran yang kecil hanya digunakan memasak porsi kecil. Tidak harus menggunakan alat masak yang besar, jika porsi masakan mu sedikit. Pelajarilah kekurangan dan kelebihan dari bahan panci tersebut. Pilihlah yang sangat pas untuk menjadi kebutuhan.

4. Spatula



Spatula memiliki bentuk dan banyak macam sesuai kegunaannya. Ada yang untuk mengangkat pasta, menumis, masakan berkuah dan menggoreng. Bahan pembuat spatula memang berbeda-beda. Mulai dari bahan silikon yang lentur, kayu yang ringan serta murah, nylon yang tahan panas, dan stainless steel yang kokoh. Apapun yang kamu pilih, perhatikan jangan sampai spatula berbahan stainless steel digunakan untuk wajan atau panci anti lengket karena dapat merusak dan menggores lapisannya.

5. Blender

Yang terakhir, alat masak ini memiliki banyak sekali fungsi yang bisa membantu pekerjaanmu jadi lebih praktis dan mudah. Mulai dari membuat saus buah, menghaluskan bumbu dan menghaluskan bahan sup krim. Selain itu, kamu bisa memilih blender modern yang sudah dilengkapi dengan grinder untuk menghaluskan bumbu kering. Yuk, lengkapi peralatan dapur kamu agar lebih senang memasak!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...