Tuesday, December 17, 2019

Cara Berhenti Merokok Yang Dijamin Efektif


Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan, yang dapat berakibat pada berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan, mulai dari penyakit paru-paru hingga kanker dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, banyak orang yang memutuskan untuk berhenti merokok dan mencari cara berhenti merokok yang efektif.


Para dokter sering menyarankan kepada perokok untuk berhenti merokok dan disertai solusi cara berhenti merokok.

Bukan bermaksud memasuki ranah privasi orang lain, akan tetapi mereka justru peduli. Tujuannya adalah untuk menjaga agar hidup dan sehat lebih lama hingga hari tua.

Akan tetapi, banyak orang sering mengalami kegagalan ketika mereka mencoba untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini.

Perlu diketahui bahwa cara berhenti merokok merupakan proses bertahap yang dalam menjalaninya membutuhkan komitmen dan kesabaran, hingga berhasil berhenti dari kebiasaan ini.

1. Temukan Alasanmu

Agar lebih memotivasi untuk stop kebiasaan rokok, maka dibutuhkan alasan yang kuat untuk meyakinkan diri sendiri ketika mulai ragu. Misalnya, kalian berhenti merokok untuk melindungi keluarga dari asap secondhand untuk menurunkan resiko terkena kanker paru-paru dan lain sebagainya.

2. Cari Nikotin Alternatif

Ketika berhenti dari kebiasaan merokok, maka kalian akan mengalami kondisi yang bisa membuat kepala terasa sakit. Hal ini juga akan mempengaruhi mood, bahkan juga dapat menyedot energi. Kondisi ini dinamakan dengan nicotine withdrawal.

Untuk menekan keinginan kembali merokok lagi saat terkena nicotine withdrawal, maka kalian bisa mencari alternatif pengganti nikotin, seperti permen karet nikotin atau patch nikotin.

Ketika keinginan untuk merokok datang lagi, maka kalian dapat mengunyah permen karet nikotin tersebut.

3. Relaksasi


Salah satu alasan seseorang merokok adalah untuk menghilangkan stres. Oleh karena itu, sebagai pengganti rokok ketika menenangkan diri, maka kalian dapat mencoba melakukan teknik relaksasi.

Caranya bisa dengan melakukan yoga, latihan pernapasan, pijat, dan mendengarkan lagu untuk menenangkan diri.

4. Hindari Alkohol dan Pemicu Lainnya

Banyak orang yang merokok sambil ditemani dengan minuman seperti kopi dan juga minuman beralkohol. Bagi kalian yang sedang dalam proses berhenti merokok, maka sebaiknya hindari menggunakan minuman ini karena dapat berpotensi sebaga pemicu keinginan untuk merokok kembali.

Sementara itu, bagi kalian yang sering merokok setelah makan, maka dapat mencoba melakukan hal yang lain seperti menjauhkan rokok dari kalian. Jadi setelah makan, dapat menggosok gigi, menggunyah permen karet, atau memakan camilan sehat yang lainnya.

5. Bersihkan Rumah

Bagi yang sudah memutuskan untuk stop kebiasaan rokok, kalian dapat membuang asbak, rokok, dan korek yang pernah dimiliki. Bersihkan furnitur dari bau asap rokok, seperti karpet, sofa, dan tirai. Kalian juga harus mencuci baju yang berbau asap rokok.

6. Olahraga



Olahraga juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok. Aktivitas fisik seperti olahraga menjadikan tubuh lebih sering bergerak, yang mana hal ini akan membantu untuk menekan rasa keinginan pada nikotin.

Ketika rasa ingin kembali merokok muncul, maka ambillah sepatu olahraga dan lakukan jogging atau sekedar jalan-jalan di taman. Kalian juga dapat melakukan olahraga yang lainnya seperti lari dan berenang. Pokoknya hal tersebut harus dapat mengalihkan pikiran dari rokok.

7. Kunyah Sesuatu

Cara berhenti merokok yang lainnya adalah dengan mengunyah sesuatu, seperti mengunyah permen karet ketika timbul keinginan untuk merokok. Sebenarnya tidak hanya permen karet, bisa juga mendapatkan alternatif yang lain seperti mengunyah wortel, seledri, kacang-kacangan, dan kuaci.

8. Gunakan Aplikasi Android

Saat ini sudah banyak muncul aplikasi mobile yang diciptakan khusus untuk membantu berhenti merokok. Agar upaya berhenti merokok yang dilakukan berjalan dengan lancar, maka dapat mecoba menggunakan aplikasi, seperti QuitNow!, Smoke Free, Kwit, MyQuit Coach, dan lain sebagainya.

9. Jangan Sambil Diet

Hindari menjalani proses diet saat sedang berusaha untuk berhenti merokok. Dikarenakan saat muncul keinginan yang berlebihan, maka justru akan menimbulkan masalah yang lain. Namun demikian, kalian dapat menjaga pola makan sehat, dengan memperbanyak mengkonsumsi buah, sayur, biji-bijian, protein, dan daging.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar berhasil untuk berhenti merokok. Memang cara berhenti merokok di atas sangat sederhana. Namun jangan salah, cara di atas ataupun di sini

https://www.cekaja.com/info/cara/-berhenti-merokok-dan-meningkatkan-stamina-untuk-perokok-aktif/ 

telah terbukti efektif. Satu hal yang harus diingat, pastikan kalian menjalaninya dengan baik dan didasari dengan niat yang kuat untuk berhenti merokok. Semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...