Monday, December 9, 2019

Pesona Tempat Wisata Bukittinggi Yang Tak Terlupakan


Indonesia merupakan negara kepulauan
yang memiliki berbagai destinasi wisata yang memesona. Seperti di Pulau Sumatera Barat yang dikenal memiliki pesona keindahan alam. Salah satunya adalah Kota Bukittinggi yang terletak di pegunungan Bukit Barisan dan berjarak 90 km dari Kota Padang. Bukittinggi sendiri memiliki beberapa destinasi wisata dengan keindahan alam yang wajib kamu kunjungi. Wisata Bukittinggi yang perlu dikunjungi tersebut akan diulas dalam penjelasan di bawah ini.



1. Jam Gadang

Jam Gadang


Jam Gadang merupakan menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi serta menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan.

Jam Gadang yang memiliki arti Jam Besar dibangun pada tahun 1926, yakni pada masa pemerintahan Hindia Belanda oleh Ratu Belanda.

Jam Gadang memiliki pesona keindahan alam yang indah. Kamu bisa melihat suasana kota dan wilayah Kota Padang dari atas menara Jam Gadang. Selain itu kamu bisa berswafoto ataupun menikmati berbagai kuliner yang ada di sekitarnya.

2. Janjang 40

Janjang 40


Janjang 40 atau yang disebut dengan Janjang Ampek Puluah dalam Bahasa Minangkabau merupakan tangga yang menjadi penghubung antara pasar atas dan pasar bawah. Tempat tersebut dibangun pada tahun 1908 dengan gapura yang berada di atas yang menambah keindahannya.

Tempat tersebut merupakan tempat yang instagramable untuk mengabadikan kunjungan wisata di Bukittinggi.

3. Wisata Lubang Jepang

Wisata Lubang Jepang


Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan yang berada di Bukittinggi sebagai terowongan perlindungan untuk pertahanan yang dibangun pada tahun 1942 oleh pemerintahan Jepang.

Wisata Lubang Jepang ini memiliki panjang 1,5 km yang bisa dijelajahi oleh para wisatawan. Terdapat dua pintu untuk masuk ke dalam Wisata Lubang Jepang. Pintu tersebut salah satunya berada di Taman Panorama dan yang lainnya dari pintu masuk di samping jalan raya yang mengarah ke Ngarai Sianok.

Salah satu wisata Bukittinggi ini memberikan pengalaman serta pengetahuan pada masa penjajahan Jepang.

4. Wisata Janjang Saribu Bukittinggi

Wisata Janjang Saribu Bukittinggi


Berbeda dengan Janjang 40 sebagai penghubung pasar atas dan pasar bawah, Janjang Saribu Bukittinggi merupakan salah satu objek wisata di Bukittinggi yang menyerupai tembok raksasa Cina.

Janjang Saribu merupakan deretan tangga dengan keindahan alam yang memesona. Selain itu terdapat sebuah aliran sungai yang membelah lembah tersebut.

Tempat wisata ini tidak memungut tiket alias gratis, kamu bisa datang kapan saja untuk menikmati pesona alam Bukittinggi disini. 

5. Lembah Ngarai Sianok.

Lembah Ngarai Sianok


Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang berada di perbatasan Bukittinggi. Lembah Ngarai Sianok merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang. Patahan tersebut membentuk lembah hijau yang asri dan menawan.

Kamu bisa menikmati pesona indahnya alam Bukittinggi dari sini. Lembah Ngarai Sianok menjadi salah satu destinasi Wisata Bukittinggi yang sempurna untuk menikmati keindahan alam.

6. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock


Benteng Fort de Kock adalah sebuah Benteng yang didirikan pada tahun 1826 dan merupakan saksi bisu kegigihan pasukan perang Paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol. Benteng ini merupakan salah satu tempat wisata di Bukittinggi yang menghadirkan wisata edukasi bagi anak-anak agar lebih mengenal sejarah para pahlawan.

Di Dalam Benteng kamu dapat menikmati pemandangan alam yang indah, mengamati aneka satwa, dan mendapatkan edukasi sejarah di museum.

7. Wisata Rumah Kelahiran Bung Hatta

Wisata Rumah Kelahiran Bung Hatta


Rumah sederhana yang berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 37, Bukittinggi, Sumatera Barat merupakan tempat di mana Bung Hatta dilahirkan.

Bung Hatta yang memiliki nama lengkap Mohammad Hatta merupakan Bapak Proklamator yang memiliki darah keturunan Minang. Bung Hatta telah mewariskan banyak hal penting serta membanggakan bagi bangsa Indonesia.

Para wisatawan dapat melihat kehidupan Bung Hatta serta silsilah keluarga sang Proklamator tersebut melalui dokumentasi dan informasi yang ada di rumah ini.

8. Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang


Museum Rumah Adat Baanjuang merupakan bangunan rumah tradisional yang memiliki anjuang kiri dan kanan. Museum ini didirikan untuk menghimpun benda-benda bersejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan budaya Minang.

Ada banyak koleksi Museum Rumah Adat Baanjuang yang sangat menarik. Oleh karena itu tidak sedikit wisatawan yang berkunjung kesana.

Demikianlah beberapa pesona tempat Wisata Bukittinggi yang wajib untuk dikunjungi dan tidak akan terlupakan sepanjang masa.

Kamu akan memiliki pengalaman yang selalu terkenang. Dan untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.cekaja.com/info/intip-5-wisata-kota-bukittinggi-yang-pernah-jadi-ibu-kota-negara/

Semoga pemaparan tersebut dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan liburan di Sumatera Barat khususnya di Kota Bukittinggi.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...