Tuesday, January 14, 2020

Olahraga Rutin : Resolusi Sehat 2020

Olahraga Rutin : Resolusi Sehat 2020

Olahraga Rutin : Resolusi Sehat 2020

Awal tahun di bulan Januari 2020 ini sudah berjalan dua mingguan lebih, gimana dengan resolusi sehat yang sudah dicanangkan? Ngga cuma jadi wacana saja, kan?



Nah, dari akhir tahun kemarin sebenarnya saya sudah curi start dengan menjajal satu olahraga low impact, yaitu power swing.

Power swing di Grand Candi Semarang


Ya, olahraga dan menjalani pola makan yang lebih sehat adalah salah satu bagian dari resolusi sehat 2020 saya.

Asyiknya, Power Swing ini bikin saya langsung ngerasa kalau inilah olahraga yang pas banget buat saya. Bakar kalorinya ada, pembentukan otot ada, dan rileksnya juga dapet banget.

Power swing yoga di grand candi hotel


Power swing ini juga bikin saya bisa melatih otot-otot yang kaku dengan berbagai gerakan stretching-nya. Oya, ada juga pose-pose defying gravity dengan membalik posisi kepala di bawah yang menurut instrukturnya bisa bikin kulit muka lebih glowing dan awet muda.

Defying gravity with power swing


Kalau ditilik lagi, Power Swing memang jenis olahraga yang saya banget karena sejak awal meniatkan olahraga supaya stamina lebih fit, otot-otot (terutama perut dan paha) yang kendur bisa kenceng lagi, plus olahraga ini juga harus bikin saya happy dan bisa rileks.



Persiapan dan peralatan yang dibutuhkan juga simpel dan ngga ribet. Praktis, kalau saya pribadi cuma nyiapin baju nge-gym atau jenis baju yoga yang nyaman dikenakan. Sisanya, kayak tali dan hammock sudah disiapkan di tempat latihan. Nah, soal baju saya memang sengaja cari baju olahraga yang pas dan nyaman dikenakan. Kenapa? Karena pose-pose di latihan Power Swing ini butuh fleksibilitas pakaian karena bakal banyak gerakan stretching-nya.

Biar ngga saltum dan bikin ngga nyaman olahraga, saya suka buka-buka websitenya sfidn.com buat cari-cari aksesori fitness atau baju nge-gym yang cocok. Itu adalah website penyedia suplemen dan aksesoris fitness terpercaya yang didirikan sejak tahun 2008. Di website disediakan puluhan kategori dan ratusan produk suplemen juga aksesoris fitness. Website sfidn.com merupakan salah satu penyuplai produk fitness terlengkap di Indonesia.

Buat kalian yang penggemar fitness dan sedang meningkatkan massa otot atau meningkatkan berat badan misalnya dengan konsumsi Amino Acid, website ini rekomen banget buat dijelajahi untuk menemukan suplemen yang tepat.

Kalau pas membutuhkan suplemen fitness harus banget pilih supplier yang terpercaya kan. Di website tersebut kalian bisa mendapatkan produk yang original dengan harga yang sangat murah. Sebelum membeli, kalian juga bisa bandingkan produk yang diincar dengan produk toko yang lain. Biar yakin kalau harganya memang lebih murah.

Nggak perlu was-was juga kalau produknya import karena disertai stiker resmi yang membuktikan originalitas produk. Enaknya, CS sfidn.com tuh responsif 24 jam dalam sehari dan berkomitmen untuk membantu konsumen di seluruh wilayah Indonesia untuk mendapatkan produk secepatnya, melalui TIKI, JNE ataupun POS Indonesia.

Udah tahu website rekomen yang bisa menyuplai kebutuhan fitness atau olahraga dari mulai aksesori sampai suplemen artinya nggak ada alasan lagi buat mangkir olahraga karena ngga punya kostumnya, ya.

Tugas selanjutnya biar resolusi sehat 2020 benar-benar menghasilkan dampak yang baik, ya harus memutar kunci berikutnya, yaitu konsisten. Olahraga, apalagi fitness dan power swing memang kudu rutin dilakukan biar ada efek positifnya.

Memang sih, di awal saat otot pecah dan meregang itu sakitnya minta ampun tapi kalau sudah terbiasa malah jadi nagih kalau nggak olahraga. Kenapa bisa gitu?

Perubahan di otak saat kita olahraga


Ternyata pas kita berolahraga ada perubahan yang terjadi sama otak kita juga lho. Bersamaan dengan latihan atau gerakan olahraga yang menyiksa otot, endorphin dilepaskan, sementara serotonin juga dilepaskan untuk membuat mood jadi membaik dan bikin sensasi "feeling good". Aliran darah ke otak juga makin lancar sehingga meningkatkan pasokan oksigen serta nutrisi ke otak.

Hormon lain, domapin juga dilepaskan hingga membuat kita makin fokus, lebih termotivasi, dan juga mudah belajar.

Dengan semua sensasi baik tersebut, tubuh dan otak bakal 'nagih' kalau kita sudah terbiasa berolahraga rutin. Jadi perlu banget kita menyiapkan waktu khusus dan mengarahkan satu fokus untuk sebuah tujuan dan pergerakan.

Yang membedakan olahraga dengan bebersih rumah misalnya, adalah cara otak merespon aktivitas tersebut. Saat bebersih, otak mengirimkan sinyal bahwa goal yang akan dicapai adalah rumah yang bersih bukan tubuh yang sehat. Sebaliknya saat fokus berolahraga, otak kita akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk lebih relaks.

Pencitraan otak dari seseorang yang berolahraga berbeda dengan yang menganggap bebersih sebagai olahraga. Nah, semoga semakin semangat ya, menjalankan resolusi sehat 2020 dengan berolahraga rutin.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...