Tuesday, March 10, 2020

Hobi Renang? Ternyata Ini 7 Manfaat yang Didapat oleh Tubuh!


Untuk memiliki gaya hidup yang sehat sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan berolahraga. Dipadukan juga dengan pola makan yang baik sehingga kesehatan tubuh pun bisa lebih terjaga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan pola hidup yang sehat.



Kalau kamu ingin olahraga yang simple, murah sekaligus menyenangkan. Kamu bisa memilih olahraga renang! Berenang menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari oleh keluarga, terutama anak-anak. Karena selain untuk berolahraga kegiatan ini juga bisa dilakukan sambil bermain yang disenangi anak-anak.

Tentunya tidak mengurangi sedikitpun manfaat sehatnya untuk tubuh. Memang apa saja sih manfaat renang bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.


1. Mengurangi Risiko Diabetes



Risiko diabetes bisa berkurang karena olahraga renang dapat membakar lemak, gula dan kalori di dalam tubuh. Dengan berenang tiga kali seminggu dalam waktu 30 menit saja bisa membakar kalori hingga 900 kalori. Dengan begitu, hal ini memungkinkan kamu terbebas dari masalah diabetes.

2. Menyehatkan Paru-Paru dan Jantung


Saat berenang biasanya kita melakukan banyak gerakan badan dan ini bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar serta membantu melatih pernafasan jadi lebih kuat dan panjang.

Ada sebuah studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology yang mengungkapkan bahwa perenang mempunyai jumlah udara masuk dan keluar paru-paru yang jauh lebih baik ketika pernapasan rileks ketimbang pelari.

3. Meningkatkan Tinggi Badan



Melakukan olahraga renang secara rutin saat masa pertumbuhan bisa membantu meningkatkan tinggi badan, lho.

Berenang tentunya sangat membantu pertumbuhan tulang dan pembentukan otot dengan baik.

4. Menghilangkan Stres


Mungkin masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa dengan menyentuh air bisa membuat hati seseorang merasa lebih tenang dan rileks. Selain itu, berenang juga bisa meningkatkan mood seseorang jadi lebih baik. Saat berenang, otot-otot kamu akan mengalami relaksasi dan peregangan, ditambah dengan teknik pernapasan yang beriringan. Nah, begitulah kenapa berenang bisa menghilangkan stres pada seseorang.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Otot 


Bagi kamu yang melakukan rutinitas kebanyakan duduk tegak di kantor atau di sekolah, berenang bisa kamu jadikan pilihan olahraga rutin, lho. Dengan melakukan olahraga renang, tulang dan otot jadi semakin kuat sebab seluruh otot kamu akan bergerak serta terbentuk dengan baik.

6. Membuat Awet Muda


Berenang bisa membuat seseorang tetap bugar meski di usia senja, bahkan bisa memperpanjang usia. Menurut riset Indiana University, olahraga renang bisa mempengaruhi kadar kolesterol, tekanan darah, pembuluh darah, kesehatan jantung serta massa otot, fungsi kognitif, kesehatan pada sistem saraf pusat dan kimiawi darah yang lebih identik dijumpai pada orang yang lebih muda.

Kalau kamu berenang secara rutin, maka di usia senja nanti kamu bakal terlihat 20 tahun lebih muda. 

7. Mencerdaskan Otak


Menurut riset dari Journal of Physiology, saat pria menceburkan diri ke dalam air sampai jantungnya bisa meningkatkan aliran darah ke otak hingga 14 persen.

Mereka mengungkapkan bahwa tekanan air di rongga dada berkaitan dengan hal itu.

Berbagai dampak positif berenang di atas pastinya bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, kamu juga harus melakukan olahraga ini dengan maksimal sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Nah, supaya aktivitas olahraga kamu jadi lebih maksimal, gunakan Xiaomi Mi Band 4 untuk mendukung kegiatan renang jadi makin berkualitas. Dibekali oleh fitur sensor 6 axis high-precision yang dapat merekam aktivitas si pengguna saat berenang. Gelang pintar ini didesain dengan bahan yang tahan benturan dan berbagai fitur pendukung olahraga lainnya. Untuk harga, Xiaomi menawarkan harga kisaran Rp 300 ribuan pada produknya ini. Cocok banget buat kantong anak pelajar!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...