Tanya Dokter Kulit: Masih Muda Namun Berkeriput? Berikut Ini Kemungkinan Penyebabnya!

Tanya Dokter Kulit: Masih Muda Namun Berkeriput? Berikut Ini Kemungkinan Penyebabnya!

Mengalami penuaan memang tidak bisa terhindarkan, dan akan terjadi pada setiap manusia. Salah satu tanda-tanda penuaan seiring dengan bertambahnya usia adalah munculnya keriput pada kulit. Biasanya kerutan-kerutan kecil pada kulit ini akan muncul saat menginjak usia 30-an. Hal inilah yang sering menjadi problem bagi kebanyakan wanita karena cukup mengganggu penampilan.




Pada beberapa kasus, bahkan kerutan ini sudah muncul pada mereka yang bahkan masih berusia 25-an. Sehingga tak jarang perlu berkonsultasi atau tanya dokter kulit )untuk menemukan solusi permasalahannya.

Bagi yang juga mengalami kondisi demikian, dimana masih muda namun sudah timbul kerutan-kerutan kulit, bisa jadi hal ini lantaran melakukan berbagai kebiasaan yang tanpa disadari menjadi pemicunya.

Lantas kebiasaan seperti apakah yang menjadi pemicunya, berikut ini di antaranya:


1. Tidak menggunakan tabir surya atau sunblock setiap harinya. 



Beberapa orang ada yang menganggap penggunaan sunblock pada kulit wajah tidak terlalu penting dan hanya menggunakannya ketika beraktivitas di luar ruangan saja. Padahal pengaruh sinar UV bagi kulit sangatlah berbahaya. Selain bisa merusak kualitas sel-sel kulit, juga bisa mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, selalu gunakan tabir surya atau sunblock saat beraktivitas sehari-hari.


2. Konsumsi gula dan makanan manis secara berlebihan. 

Konsumsi gula dan makanan manis secara berlebihan.


Makanan yang terlalu banyak mengandung gula atau manis tidak bagus untuk kulit karena bisa memecah kolagen, menyebabkan garis-garis halus, dan timbulnya kerutan-kerutan pada wajah.

Maka dari itu, sebaiknya kurangi asupan gula atau makanan dan makanan manis terlalu berlebihan. Selain itu, minuman bersoda dan beralkohol sebaiknya juga dihindari karena tidak bagus bagi kulit.


3. Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. 

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.


Penyebab lainnya kenapa kulit menjadi lebih kering dan timbul kerutan-kerutan adalah dehidrasi. Kebiasaan jarang minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya tanpa sadar bisa menjadi penyebab tubuh mengalami dehidrasi.

Selain itu juga konsumsi minuman beralkohol juga bisa menjadi salah satu penyebab lainnya mengalami dehidrasi.


4. Kebiasaan merokok. 

Kebiasaan merokok.

Merokok memang tidak disarankan karena kurang bagus untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Pengaruh kebiasaan merokok bagi kulit terancam bisa menyebabkan timbulnya kerutan dan keriput pada wajah.

Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga jika ingin mendapatkan kulit yang sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.


5. Pengaruh polusi dan radikal bebas. 

Pengaruh polusi dan radikal bebas.

Untuk pengaruh polusi udara dan radikal bebas memang terkadang tidak bisa terelakkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghadapi kondisi kulit mengalami kerutan-kerutan akibat pengaruh polusi dan radikal bebas, teman-teman harus rajin menjalani hidup sehat dan melakukan perawatan pada kulit secara telaten.

Bagi kalian  yang sedang mengalami kondisi kulit berkeriput di usia yang masih muda, tentu menjadi salah satu problem yang ingin segera dituntaskan.

Selain mengetahui beberapa penyebab kulit berkeriput yang sudah disebutkan di atas, berikut juga dengan cara penanggulangannya, ada baiknya melakukan perawatan kulit untuk mengembalikan kondisi kulit kembali elastis dan kerutan menjadi lebih berkurang.

Berkonsultasi atau tanya dokter kulit yang sudah berkompeten bisa menjadi salah satu langkah awal yang bisa dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar mendapatkan solusi dari ahlinya.

aplikasi kesehatan Halodoc


Nah, untuk tempat konsultasi terpercaya dan mudah dilakukan karena bisa secara online, aplikasi kesehatan Halodoc bisa menjadi salah satu rujukan terbaik. Selain bisa dilakukan secara online, Halodoc sudah dikelola oleh dokter-dokter dengan spesialisasi di bidangnya masing-masing dengan kompeten.

1 comment:

  1. Aku nggak bisa rutin pakai tabir surya ataupun Sunscreen. Soalnya kadang aku lupa. Terima kasih sudah mengingatkan aku tentang manfaat tabir Surya untuk kulit ya, Mbak.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.