Eksotis, 5 Wisata Air di Bandung Ini Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Eksotis, 5 Wisata Air di Bandung Ini Wajib Masuk Daftar Liburanmu


Siapa yang udah kangen buat jalan-jalan, liburan, atau bahkan piknik tipis-tipis. Nah, kalau udah ada kesempatan dan situasinya sudah lebih kondusif saya berencana untuk pulkam ke Bandung. Di sana nanti, udah ada inceran tempat yang pengin dikunjungi. Biar nggak lupa, saya bikin deh daftarnya. Ini nih,  5 Wisata Air di Bandung Ini Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Bandung adalah kota yang populer dengan berbagai objek wisatanya. Kota Kembang ini seolah tak pernah sepi dari pengunjung, terutama saat memasuki akhir pekan dan masa liburan.

Salah satu yang paling diminati adalah wisata air di Bandung yang menawarkan serunya aktivitas air.

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan, berwisata ke Bandung bisa menjadi alternatif terbaik saat akhir pekan tiba.

Nah, berikut ini adalah objek wisata air yang ada di Bandung yang bisa kamu kunjungi.

1. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi bebatuan di sekitarnya.

Pic by : travelingyuk

Objek wisata yang satu ini letaknya cukup tersembunyi sehingga keasrian alamnya masih terjaga. Struktur bebatuan yang berbukit menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat yang konon merupakan tempat pemandian bidadari ini.

Di tempat ini kamu bisa puas menikmati sejuk dan segarnya air atau sekadar berfoto ria.

Sanghyang Heuleut berlokasi di Cipatat, Bandung Barat. Perjalanan dari Kota Bandung bisa ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan roda empat.

2. Sendang Geulis Kahuripan

Pic by : bobobox

Terletak di Cilangkob, desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Sendang Geulis Kahuripan menjadi salah satu tempat wisata air di Bandung Barat yang semakin populer. 
Airnya yang sebening kristal berasal dari sumber mata air pegunungan. Selain segarnya air kolam, kamu juga bisa menikmati hijaunya pepohonan yang menyejukkan mata.

Adanya suara air dari curug akan menambah sensasi rileks sehingga cocok menjadi tempat untuk sejenak menenangkan diri dari rutinitas di perkotaan. Tempat ini juga ramah untuk anak-anak karena tersedia kolam dengan kedalaman 1-1,5 meter.

3. Pemandian Air Panas Cibolang

Pic by : infopromodiskon

Berendam di air panas menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin relaksasi dan menghilangkan kepenatan. Terletak di Desa Wanasuka, Pangalengan, Bandung, Cibolang Hot Springs memiliki fasilitas kolam air panas untuk para pengunjung.

Sepanjang perjalanan menuju ke tempat ini, kamu akan disuguhkan panorama yang memanjakan mata berupa hamparan kebun teh, perbukitan, hingga hutan pinus.

Fasilitas yang tersedia disini cukup lengkap, antara lain tempat makan, musholla, hingga spot foto menarik. Untuk menikmati wisata air panas Bandung ini, kamu cukup mengeluarkan biaya Rp 20.000-Rp 35.000 untuk tiket masuk dan Rp 3.500-Rp 35.000 untuk biaya parkir.

4. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata merupakan wisata alam Bandung Barat yang tak kalah menarik dibanding destinasi lainnya. Tempat ini menawarkan berbagai spot foto cantik yang banyak diburu traveller. Salah satu spot favorit wisatawan disini adalah dermaga di atas danau yang dikelilingi keindahan panorama alam.

Pic by : wisatangehits

Wisata ini terletak di Jalan Raya Tangkuban Perahu Km 3,7 Cibogo, Lembang, Bandung Barat. Dengan biaya Rp 10.000 saja kamu bisa mengabadikan momen terbaikmu di Taman Lembah Dewata.

5. Situ Cileunca

Wisata air Bandung selanjutnya yaitu Situ Cileunca yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Di objek wisata ini, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling mengitari situ. Selain itu tersedia pula fasilitas lain seperti outbond  dan juga arung jeram.

Pic by : ngetripkemana 

Dikelilingi pemandangan khas perbukitan, Situ Cileunca adalah pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga. Buat kamu yang ingin merasakan sensasi berkemah di tepi danau, pengelola Situ Cileunca juga menyediakan camping ground di sekitar danau.

Kota Bandung memiliki objek wisata yang tak ada habisnya. Untuk itu, diperlukan transportasi yang mendukung selama jalan-jalan di ibukota Jawa Barat ini. Rental mobil Bandung menjadi solusi tepat untuk menemanimu saat berlibur.

Berbagai wisata air di atas bisa kamu kunjungi dengan memanfaatkan layanan persewaan mobil TRAC yang mengutamakan kebersihan, keamanan, serta kenyamanan penumpang.

Setiap mobil dibersihkan dengan desinfektan sebelum dan sesudah disewa. Driver yang digunakan juga telah melalui tes kesehatan.

Dengan begitu, kamu bisa mengisi waktu liburan wisata air di Bandung bersama keluarga dengan nyaman dan menyenangkan.

Berwisata terasa kurang tanpa menikmati makanan tradisional khas Sunda. Ada beberapa makanan tradisional Sunda yang selalu saya rindukan saat pulang kampung. Karena rasanya yang otentik dan susah ditemukan di daerah lain, salah satunya adalah nasi tutug oncom. 

Nasi tutug oncom


Di Semarang, untuk mendapatkan oncom sebagai bahan bumbu untuk membuat nasi tutug oncom, relatif sulit. Kalau pun ada yang menjual sudah dalam bentuk jadi, rasanya tidak bisa menyamai yang biasa saya makan saat di Bandung. 

Sambal oncom yang khas, rupanya memiliki beberapa bumbu khusus sehingga bercita rasa unik, salah satunya kencur. 

Ya, kencur memang salah satu akar rempah yang banyak digunakan untuk masakan Sunda, contohnya seblak dan lotek. 

Lotek sekilas sama seperti pecel, namun yang membuat cita rasa dan aroma yang berbeda adalah pada bumbu kencurnya. Selain itu, kucuran jeruk purut dan kemangi juga menambah cita rasa yang semakin khas. 

Kalau melihat oncom, kita bakal terkagum-kagum dengan kekayaan kuliner Indonesia . Bayangkan, oncom sendiri sebenarnya terbuat dari tempe yang sudah berkapang. Bagian permukaannya ditutupi oleh kapang berwarna oranye kemerahan, namun dengan piawai, oncom diolah menjadi masakan khas yang lezat. 

Tidak semua bisa mengolah oncom dengan lezat. Pasalnya bahan baku oncom ini sangat spesifik. Oncom bukan dibuat dari tempe yang berbahan kedelai melainkan berasal dari bungkil kacang tanah. Oncom Bandung selalu khas, kapangnya oranye kemerahan. 


Cukup banyak makanan khas Bandung yang memakai oncom, selain nasi tutug oncom ada comro (oncom di jero) berupa gorengan dari bahan singkong yang diisi oncom, lalu ada oncom leunca, yaitu tumis leunca dan
oncom, hingga ulukutek leunca dan pepes 
oncom. 

Makanan yang barusan saya sebutkan tadi memang sangat khas dan sulit ditemukan di luar Jawa Barat. Jadi, kalau kalian penasaran sama olahan oncom, jangan lupa saat berkunjung ke Bandung, coba juga kuliner khas tersebut, ya. 




No comments

Powered by Blogger.