Belajar Bisnis Kuliner Dari Chef Willgoz


Semua orang akan jualan makanan pada waktunya. Eh, tapi kalimat ini jangan dimaknai sinis lho ya. Justru seneng banget sekarang jadi banyak alternatif pilihan jajan makanan baik secara online maupun offline. Di masa-masa pandemi ini, memang banyak yang mulai menjajal usaha di bidang kuliner. Kira-kira kiat apa saja yang bakal diberikan oleh Chef Willgoz buat yang mau belajar bisnis kuliner.




Pada tau dong ya, Chef Willgoz ini siapa. Kalau suka nonton acara televisi, MasterChef, pasti tau dong, kalau Chef Willgoz ini pernah jadi juara pertama di session 3. Bisa dibilang itu tayangan MasterChef yang paling berkesan buat saya.

Makanya waktu diajakin sama @homecreditid buat ikutan Fun Talk Show dengan Live IG bertema "Makin Menjual Lewat Media Sosial." dengan narsum Chef Willgoz, lang sung tertarik buat ikutan.



Selain jadi juara MasterChef, Willgoz juga punya resto di Semarang, Rustico Kitchen and Bar. Ia juga mengelola Sunny Fatday, layanan makanan pesan-antar dengan spesialisasi salted egg. Katanya sih, salted egg yang lokasi gerai pesan-antarnya ada di Kebun Jeruk Jakarta ini, juara.

Selain soal makanan, karena Willgoz juga seorang celebrity chef yang termasuk selebgram dan punya channel Youtube juga maka bisa dibilang memiliki pengalaman tentang gimana mengulas makanan, motret sampe bikin copy writing yang asyik soal kuliner.

Nah, dengan pengalaman Willgoz mengelola resto dan layanan makanan pesan-antar pasti banyak dong, best practice yang bisa dicontoh dan dibagikan buat orang-orang yang saat ini sedang terjun ke bisnis kuliner.

Makanya, tanggal 30 September 2020 kemarin, tepat jam 19:00 saya langsung mantengin IGnya @homecreditid buat nonton IG Live-nya.



Apa saja sih, yang dibagikan Chef Willgoz untuk teman-teman yang mau belajar bisnis kuliner biar usahanya bisa makin menjual lewat media sosial?

Oh ya, Fun Talk kemarin juga di-host oleh Bernard dan ternyata sudah ada beberapa kali Fun Talk dengan tema yang berbeda-beda. Kalau sebelumnya sempat dibahas soal gimana memulai bisnis dengan biaya investasi yang ekonomis dengan cara observasi dulu market butuh apa, di Fun Talk kemarin lebih dibahas tentang memanfastkan media sosialnya.

Jadi, apa saja sih, kiat bisnis kuliner menurut Chef Willgoz yang harus diperhatikan saat mulai berjualan makanan?




1. Fokus Ke Produk. 

Kalau minggu sebelumnya dibahas bahwa produk kudu siap dulu. Artinya sebelum bener-bener siap kalian kudu melewati dulu tahap trial and error. Test food, kemasan, rasa juga nggak boleh inkonsisten. Nah, kalau itu udah baru tentukan produk terbaik yang akan dijual.

Kalau berjualan frozen food coba dulu nanti kalau setelah dibekukan di dalam kemasan memgubah rasa atau nggak.

Kita juga perlu coba, apakah nanti kemasan bakal memgubah tekstur atau rasa makanan. Kuat disimpan berapa lama, misalnya.

2. Tentukan Target Market agar Pemasaran Lebih Efisien.

Kalau produk sudah jadi, kita harus tahu mau buat siapa produknya? Pasarnya siapa? Kalau sudah tahu siapa konsumennya kita jadi bisa lebih efektif untuk melakukan Pemasaran.


3. Target Market Maunya Apa.

Coba lakukan survei untuk melihat kebutuhan, kesukaan, atau hal-hal yang jadi masalah target market. Nah, kita ciptakan solusi masalah tersebut atau berikan target market apa yang dibutuhkan.

4. Manfaatkan Media Sosial untuk menjangkau target market.

Chef Willgoz menyarankan untuk menggunakan IG Ads karena lumayan efektif untuk menjangkau target market.

Kalau mau memakai influencer pakailah yang sesuai dengan target marketnya. Kita juga bisa komen di akun public figure dengan akun jualan kita, komen sopan nyambung baruw sisipkan atau kenalkan jualan kita.

5. Visualisasi Produk.

Nah karena kita melakukan pemasaran lewat IG, maka foto produk harus bagus. Meski begitu, produk juga harus sesuai dengan harapan konsumen. Misalnya ukurannya, tampilannya harus sesuai dengan yang asli. Lalu berikan keterangan foto yang menarik.

Manfaatkan tools yang ada, nggak perlu kamera mahal. Makanan paling bagus difoto dengan cahaya alami, misalnya di dekat jendela yang ada sinarnya.

Itu tadi beberapa hal yang bisa saya rangkum dari IG Live bersama Chef Willgoz dan Bernard sebagai hostnya. Asyiknya materinya ngalir kayak ngobrol sama teman dan diselingi dengan TEKATEKIKUIS untuk nebak makanan hits dan kekinian.

Buat yang masih penasaran, tangggal 14 Oktober nanti ikut lagi yaa, bakal ada Fun Talk dengan tema lainnya yang juga bertabur hadiah.




No comments

Powered by Blogger.